Bingung Mau Kuliah Jurusan Apa? Yuk Simak Kenapa Kamu Harus Belajar Ilmu Marketing!

By: Tamara Salsabila Dwihani (Student of Global Business Marketing)

Buat kamu yang ingin berkarir pada bidang yang akan memungkinkanmu untuk membangun kesuksesan suatu bisnis dalam mengembangkan brand mereka, mempelajari Ilmu Marketing merupakan sebuah pilihan yang sangat tepat! Marketing sendiri adalah sebuah proses sosial-ekonomi yang terkait dengan penciptaan value dari suatu produk. Proses tersebut meliputi perencanaan strategi, analisa pasar dan segmentasi, pemilihan metode promosi, serta memahami perilaku para konsumen (consumer behavior).

Para marketer– sebutan untuk seseorang yang menekuni bidang/urusan pemasaran, merupakan ujung tombak sebuah perusahaan karena mereka-lah yang akan memiliki hubungan langsung dengan para konsumen karena tujuan utama dari marketing adalah untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan masyarakat. Tak dapat dipungkiri, bidang yang sangat menarik ini memiliki potensi pekerjaan yang besar. Dilansir dari entrepreneur.com/, lowongan pekerjaan yang bergerak di bidang marketing meningkat 9% lebih cepat dari rata–rata nasional dengan fee sekitar $125 per tahun untuk manajer marketing dengan tingkatan mid-level.

Persaingan kompetitif yang dihadapi oleh suatu perusahaan menyebabkan setiap bisnis diharuskan untuk memasarkan produknya secara efektif. At some point, sebagian besar bisnis membutuhkan bantuan untuk mengidentifikasi target pasar mereka agar dapat mengembangkan produk, penjualan, atau periklanannya. Ilmu Marketing akan memberi kamu keterampilan berharga yang dapat diterapkan dalam semua jenis instansi. Maraknya internet sebagai marketing tools juga akan menjadi nilai lebih untuk kamu yang keahlian dalam digital marketing.

Dengan mendalami Ilmu Marketing kamu juga akan mengembangkan keterampilan komunikasimu. Sebagian besar bidang pemasaran memerlukan keterampilan komunikasi yang kuat dan tentunya hal tersebut akan diasah lebih lanjut dalam ilmu ini. Berbagai mata kuliah siap mengajari kamu beberapa elemen presentasi yang persuasif dan akan membantu kamu untuk menguasai cara membuat penyampaian menjadi efektif yang beresonansi dengan basis pelanggan (costumer-base). Para profesional dalam bidang riset pasar akan mempelajari dasar–dasar untuk mempersiapkan presentasi: baik secara tertulis maupun verbal. Dan nantinya, jika kamu memilih untuk tidak mengejar karir di bidang marketing setelah menyelesaikan studimu, keterampilan komunikasi ini tetap sangat membantu dalam profesi lain.

Bagaimana? Sekarang sudah paham kan mengapa Ilmu Marketing sangat penting untuk untuk dipelajari? Banyaknya keuntungan memahami tentang seluk beluk pemasaran menjadikan marketer dicap sebagai Universal Need, lho. Pssst, perlu ditekankan bahwa marketing itu tidak selalu hanya mengenai penjualan ya! Dengan begitu banyak pilihan yang bisa kamu tentukan, a degree in marketing? Is a great idea!

 

References

Joseph, C. (n.d.). The Advantages of Majoring in Marketing. Retrieved from Chron: https://work.chron.com/advantages-majoring-marketing-6191.html

Kuliah Jurusan Pemasaran (Marketing) di Indonesia. (n.d.). Retrieved from easyuni: https://www.easyuni.co.id/indonesia-marketing/