Apa Sih Keuntungan Digital Marketing 4.0?

By: Tamara Salsabila Dwihani (Student of Global Business Marketing)

Marketing 4.0 adalah suatu strategi pemasaran yang didasari oleh penelitian Profesor Phillip Kotler. Siapa yang tidak kenal dia? Philip Kotler adalah seorang penulis hal–hal mengenai pemasaran (marketing) asal Amerika, konsultan, dan profesor International Marketing di Kellogg School of Management pada Northwestern University. Dia memberi definisi marketing mix yang sekarang menjadi penunjang pemahaman mengenai pemasaran. Kotler membantu menciptakan bidang pemasaran sosial yang berfokus pada membantu individu dan kelompok mengubah perilaku mereka menuju gaya hidup yang lebih sehat dan lebih aman. Kotler menggambarkan pemasaran strategis sebagai “penghubung antara kebutuhan masyarakat dan pola respons industrinya”. Itulah mengapa dia dianggap sebagai “The Father of Modern Marketing” oleh para ahli.

Dalam bukunya, Kotler menyatakan bahwa Marketing 4.0 merupakan suatu bentuk pendekatan pemasaran yang menggabungkan interaksi online serta offline antara perusahaan dan pelanggannya. Dalam ekonomi digital, interaksi digital saja tidak cukup. Faktanya, di dunia yang semakin canggih ini, sentuhan offline akan mewakili diferensiasi yang sangat kuat. Meskipun suatu brand harus lebih fleksibel dan adaptif karena trend teknologi yang pesat, karakter asli mereka menjadi lebih penting daripada sebelumnya.

Keuntungan utama pemasaran digital atau digital marketing adalah bahwa audiens yang ditargetkan dapat dijangkau dengan cara yang lebih hemat dalam segi biaya serta terukur.

Meningkatkan loyalitas brand juga merupakan kelebihan yang sangat terasa dari digital marketing ini. Beberapa keuntungan lain dari diterapkannya digital marketing 4.0 pada suatu usaha yaitu,

1. Jangkauan Global – pemasaran secara online memungkinkan suatu brand untuk menemukan pasar baru dan memperkenalkannya secara global hanya dengan investasi kecil.

2. Keterbukaan – dengan terlibat melalui media sosial dan mengelolanya secara hati–hati, suatu brand dapat membangun loyalitas dan menciptakan reputasi mudah untuk diajak berinteraksi langsung oleh para pelanggan.

3. Mengikuti Trend Saat Ini – digital marketing memungkinkan para pemilik usaha untuk membuat campaign yang menarik menggunakan taktik pemasaran konten. Konten ini dapat memperoleh social currency yang diteruskan dari pengguna ke pengguna dan menjadi viral.

Nah, bagaimana marketers? Sekarang sudah paham kan mengapa digital marketing 4.0 sangat mendunia? Tentunya karena hal tersebut memiliki keuntungan yang melimpah. Seorang pemilik usaha harus mempunyai strategi bisnis yang mengikuti keadaan terkini.

 

References

Why Digital Marketing 4.0 is Important for Your Brand. (2020). Retrieved from EWISE: https://ewisecommunications.com/digital-marketing-4-0-important-brand/

Advantages and Disadvantages Digital Marketing. (n.d.). Retrieved from NI Business Info: https://www.nibusinessinfo.co.uk/content/advantages-and-disadvantages-digital-marketing

Philip Kotler. (n.d.). Retrieved from Wikipedia: https://en.wikipedia.org/wiki/Philip_Kotler