VIRUS COVID19 YANG MERESAHKAN MASYARAKAT INDONESIA

#imerssaid

#globalbusinessmarketingbinus

#marketingisntallaboutselling

Saat ini dunia sedang digemparkan oleh sebuah virus yang bernama COVID19. Virus ini berasal dari Wuha, China dan menyebar keseluruh dunia. Dampak dari virus ini sangatlah besar. Tidak hanya terjadi di Indonesia, namun negara-negara besar seperti Amerika dan Eropa pun tidak luput dari wabah ini.

Adapun gejala yang dialami oleh penderita Covid19 ini mirip dengan penyakit flu. Seperti demam, batuk, pilek, sesak nafas, dan sakit tenggorokan. Karena gejala-gejala tersebut adalah gejala umum yang sering dialami banyak orang ketika sedang flu, banyak dari kita tidak dapat membedakan gejala Covid19 dengan flu biasa.

Awalnya masyarakat menganggap remeh gejala tersebut, namun karena semakin banyak yang terinfeksi virus tersebut, masyarakat sudah semakin sadar akan bahaya dari virus ini jika terus dibiarkan. Dari yang awalnya hanya ada 2 pasien positif, hingga per 25 April 2020 tercatat 8.607 pasien positif corona di Indonesia. Terdapat 1042 pasien sembuh, dan 720 meninggal.

Tentunya pemerintah tidak tinggal diam lantaran lonjakan pasien yang begitu signifikan. Banyak yang sudah pemerintah lakukan demi mencegah penyebaran virus.
Seperti melakukan himbauan untuk self isolation dirumah masing-masing, tidak keluar rumah untuk kepentingan yang tidak mendesak, hingga memberlakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).

Upaya-upaya tersebut juga didukung oleh berbagai institusi pendidikan seperti sekolah dan universitas yang mewajibkan siswa/mahasiswa nya belajar dirumah secara online. Juga perusahaan-perusahaan negeri dan swasta yang memberlakukan aturan work from home bagi karyawannya. Tidak lupa juga peran aparat negara yang senantiasa memantau orang-orang yang masih berkumpul dijalanan, di café, mall, dll.

Memang hal ini sangat menghambat aktifitas yang sehari-hari kita lakukan, bahkan banyak dari kita yang harus rela untuk kehilangan pekerjaan nya baik untuk sementara waktu seperti dirumahkan dan tidak mendapat gaji, atau permanent seperti diberhentikan atau di PHK. Namun agar cepat usai dan dapat beraktifitas kembali, kita harus bahu membahu untuk memerangi wabah ini dengan mematuhi aturan pemerintah seperti melakukan self quarantine, social distancing, tidak mudik atau pergi keluar kota, tidak bepergian keluar rumah jika tidak mendesak, rajin cuci tangan, dan memakai masker jika harus keluar rumah.

#marketingisntallaboutselling

#imarkethink

 

Dara Virginia Valdarama (2101681391)