Tips Menghemat Listrik Saat WFH

#imerssaid

#globalbusinessmarketingbinus

#marketingisntallaboutselling

 

WFH (Work From Home) yang dilakukan di rumah ternyata berpengaruh pada penggunaan listrik bulanan. Yang biasanya bekerja di kantor kini harus bekerja di rumah. Dan juga bisanya tidak memerlukan laptop atau komputer sepanjang hari, kini membutuhkannya. Belum lagi kebutuhan lainnya, seperti penggunaan AC yang lebih banyak, dan TV serta gadget yang terus menyla seharian. Tak heran jika tagihan listrik bulanan jadi membengkak.

Jadi untuk tips untuk menghemat listrik saat WFH ini adalah

  1. Buka jendela saat pagi dan siang hari untuk meminimalisir penggunaan lampu dan AC

Saat pagi hari, seringnya AC dan lampu masih menyala. Jangan biasakan hal ini jika ingin menghemat biaya listrik. Setelah matahari terbit, biasakan untuk langsung mematikan AC dan membuka jendela.

Matahari pagi yang cerah bisa menggantikan penggunaan lampu. Selain itu, matahari pagi juga baik untuk kesehatan. Sedangkan udara pagi yang segar bisa menggantikan AC. Jendela yang dibuka lebar saat pagi hari bisa membuat sirkulasi udara di rumah lebih baik dan sehat.

Saat siang hari, gunakan tirai tipis agar tidak terlalu panas. Sedangkan dengan menggunakan tirai tipis, cahaya masih bisa masuk untuk menerangi rumah.

  1. Cabut colokan yang tidak terpakai

Mungkin ini terdengar sepele namun perhatikan lagi berapa banyak colokan tidak terpakai yang menempel di stop kontak. Mulai dari charger ponsel sampai charger laptop.

Mencabut colokan setelah selesai digunakan bisa membantu menurunkan tagihan listrik bulanan. Asal disiplin, pasti bisa lebih hemat.

  1. Matikan alat elektronik saat tidur

Saat tidak digunakan, segera matikan TV. Hindari menyalakannya sampai kamu ketiduran. Begitu juga dengan laptop. Saat sudah selesai bekerja, usahakan untuk mematikannya, bukan hanya hibernate saja.

Sama juga dengan penggunaan ponsel. Sebelum tidur usahakan untuk mematikannya agar baterai bisa lebih hemat. Hindari mengisi baterai sebelum tidur karena bisa membuat ponsel cepat rusak.

Jika tak ingin mematikan ponsel, kamu bisa mengubahnya ke mode terbang atau airplane agar lebih hemat baterai.

  1. Mematikan lampu di malam hari

Sebelum tidur, perhatikan lagi lampu mana saja yang tidak terlalu perlu dinyalakan. Dengan mematikan beberapa lampu saat malam hari, kamu sudah bisa mengurangi penggunaan listrik.

Usahakan hanya menyalakan lampu luar rumah saja. Sedangkan di dalam, lampu bisa dimatikan. Ini tak hanya bisa membantu menghemat listrik saja, namun juga meningkatkan kualitas tidur. Dan ternyata, otak tidak bisa berhenti bekerja jika masih ada cahaya yang menyala. Mematikan lampu membantu menambah kualitas istirahat malam kamu.

Itulah beberapa tips untuk mengurangi penggunaan listrik dirumah kita. Jika tips tersebut rutin dilakukan maka tagihan listrik kita tidak akan membengkak perbulannya.

#marketingisntallaboutselling

#imarkethink

Baca juga: http://iesr.or.id/galeri/tips-hemat-listrik-workfromhome/