Tips Agar Tetap Produktif Walaupun #dirumahaja

#imerssaid

#globalbusinessmarketingbinus

#marketingisntallaboutselling

 

Tidak semua orang terbiasa bekerja dari rumah, tentu ada beberapa dari kamu yang baru pertama kali bekerja dari rumah bukan? Hal ini tentunya mengharuskan kamu untuk menyesuaikan kondisi terbaru agar kamu tetap produktif bekerja meskipun dari rumah. Berikut ada beberapa cara untuk meningkatkan produktivitas agar hasil kerja maksimal meskipun sedang work from home (WFH):

  1. Sesuaikan jam WFH dengan jam kantor.

Jika kamu berada di kantor, sangat mudah untuk membuatmu fokus terhadap apa yang kamu kerjakan. Karena, suasana begitu mendukung untukmu bekerja secara serius dan fokus. Namun, kamu bisa memulai untuk membuat jadwal sehingga kamu memiliki pengaturan waktu bekerja. Misalnya, dengan menyamakan jadwalmu di kantor dengan di rumah. Jika kamu biasanya mulai bekerja pukul 08.00 pagi, bekerjalah di rumah pada jam yang sama, dan terapkan juga manajamen waktu di rumah seperti di kantor.

  1. Menentukan waktu untuk beristirahat.

Bekerja dari rumah tentunya akan membuat kamu lupa akan waktu karena waktu akan berjalan begitu cepat, berbeda ketika kamu sedang berada di kantor. Untuk itu, jangan biarkan dirimu tenggelam dalam pekerjaan dan lupa akan waktu untuk beristirahat. Tentukan waktu untuk makan siang dan istirahat sejenak dari laptop atau gadget.

  1. Komunikasi yang sehat.

Meski kamu berada jauh dari atasan atau juga rekan kerja lainnya, bukan berarti kamu bebas untuk leha-leha di rumah dan menunda pekerjaan. Tapi, bukan berarti kamu harus berada di depan komputer atau laptop tanpa henti. Jika ingin beristirahat atau pergi dari depan laptop atau komputer, utarakan niatmu dan izinlah kepada rekan kerja. Meski bekerja di rumah, komunikasi dalam satu tim harus tetap sehat.

  1. Menjaga Kesehatan

Jangan lupa mengkonsumsi banyak air mineral agar membuat kondisi tubuh kamu tetap fit. Karena asupan air mineral pun dapat membantu meningkatkan fokusmu terhadap pekerjaan.

  1. Jauhkan diri dari distraksi.

Salah satu hal yang paling rentan terjadi saat WFH adalah banyaknya distraksi. Seperti televisi dan obrolan dengan orang rumah. Luangkanlah sedikit waktu saja untuk mengobrol atau menonton televisi saat beristirahat.

  1. Tetap semangat.

Solusi untuk menyelesaikan pekerjaan dari rumah adalah sebanyak mungkin interaksi tatap muka online melalui panggilan video, memberi kabar kepada atasan secara reguler, terutama untuk karyawan yang hidup sendirian dan mungkin merasa lebih terisolasi dan pertemuan rutin tanpa agenda, seperti meraih kopi atau minuman. Jika kamu adalah seorang atasan, maka kamu harus memberikan komunikasi yang jelas dan juga penting untuk menjaga moral. Tugas kamu adalah menjadi pemandu sorak untuk tim. Hal ini sangat penting dilakukan jika kalian nantinya harus bekerja dari rumah dalam jangka waktu yang panjang.

 

#marketingisntallaboutselling

#imarkethink

Baca juga: https://mamikos.com/info/mengenal-apa-itu-work-from-home-wfh/