Pentingnya Olahraga Pada Situasi WFH

#Imerssaid

#Globalbusinessmarketingbinus

#Marketingisntallaboutselling

 

            Apakah kalian tahu selain pola makan sehat, kalian juga membutuhkan olahraga pada kondisi Covid-19 ini. Justru olahraga dapat meningkatkan imunitas tubuh dan mencegah penularan virus corona loh (Putri, 2020). Melansir (HaloSehat, n.d.), Berikut ini ada beberapa dampak negatif apabila kita tidak memprioritas kegiatan olahraga:

  1. Badan menjadi kurang fit

Ketika badan kita terasa kurang fit dan juga kurang segar, maka tentu saja hal ini akan membuat setiap aktivitas yang kita jalan tiap harinya akan menjadi sangat membosankan dan juga tidak menarik. Hal ini berdampak pada :

  • Menurunnya produktivitas kerja
  • Sulit mengerjakan segala sesuatu secara optimal
  • Menjadi tidak bersemangat dalam melakukan berbagai macam aktivitas.
  1. Daya tahan tubuh menurun

ketika kita melakukan olahraga secara rutin dan juga teratur, maka hal ini akan membuat metabolise tubuh kita akan menjadi terjaga dengan baik. ketika kita jarang melakukan gerakan olahraga, maka hal ini akan membaut daya tahan tubuh kita pun menjadi menurun, dan menyebabkan banyak gangguan kesehatan.

  1. Berat badan tidak terkontrol

Berat badan yang tidak terkontrol ini tidak hanya terpaku pada berat badan yang overweight dan obesitas. Maka hal ini akan menyebabkan berat badan anda akan menjadi tidak terkontrol, dan tentunya memberikan dampak bagi tubuh anda seperti :

  • Tubuh menjadi lemas
  • Obesitas
  • Kekurangan berat badan
  • Nafsu makan yang tidak normal
  • Stroke
  • Diabetes
  1. Tenaga dan juga kekuatan tubuh berkurang

Berolahraga juga sangat membantu dalam meningkatkan kekuatan dan juga vitalitas tubuh . Ketika anda kurang melakukan olahraga, maka yang terjadi adalah tubuh anda akan mengalami deficit dalam hal vitalitas dan juga kekuatannya. Anda akan menjadi sangat lemah dalam melakukan sesuatu hal. Otot – otot yang kurang terlath dengan baik ini akan semakin menyebabkan tubuh adna terasa tidak berdaya, dan juga kekuatan dari tubuh anda menjadi berkurang drastis.

  1. Insomnia dan juga gangguan tidur

Banyak sekali penelitian yang mengatakan bahwa salah satu hal yang paling sering menyebabkan insomnia, selain kondisi psikologis seseorang adalah karena orang tersebut kurang melakukan olahraga. Ada dua manfaat olahraga dalam membantu mencegah insomnia, yaitu :

  • Olahraga membantu tubuh menjadi lebih lelah, sehingga tubuh akan menjadi tidur lebih nyenyak
  • Olahraga akan membantu meningkatkan metabolise tubuh, yang menyebabkan kondisi fisik menjadi optimal, sehingga tubuh akan mudah untuk tidur.

Ketika anda kurang melakukan olahraga, Hal ini lah yang kemudian mengantar anda menuju kondisi insomnia, alias tidak bisa tidur sepanjang malam. Insomnia sendiri diketahui memiliki dampak yang negatif bagi manusia ketika dijadikan sebuah kebiasaan yang rutin, seperti :

  • Bangun pagi menjadi tidak segar
  • Mudah mengantuk
  • Menurunnya konsentrasi dan fokus
  • Metabolism tubuh menurun
  • Nafsu makan berkurang
  • Daya tahan tubuh menurun
  • Mudah terserang penyakit
  • Performa, baik bidang pekerjaan ataupun akademik, serta kegiatan yang dilakukan sehari – hari akan berkurang dan menurun drastis
  • Tidak produktif.

Nah aku ingin berbagi tentang  beberapa tips supaya bisa olahraga dengan gampang dan tidak kompleks. Dilansir dari (Putri, 2020), berikut olahraga yang bisa dilakukan di rumah:

  1. Yoga

Melakukan yoga sederhana bisa dilakukan di rumah. Beberapa gerakan sederhana di rumah seperti, tree pose, cat-cow, dan mountain pose.Peneliti dari Texas State University, Stacy Hunter, juga mengatakan bahwa kita setidaknya bisa melakukan pranayama atau teknik pernapasan yoga simpel. Olahraga ini dapat meregangkan otot dan membakar kalori untuk mengurangi berat tubuhmu.

  1. Zumba

Gerakan zumba bisa dilakukan di rumah. Sahabat Fimela hanya perlu putar lagu atau melihat gerakan zumba di Youtube. Lakukan setidaknya 30 menit sehari untuk mengurangi berat badanmu.

  1. Skipping atau lompat lari

Olahraga skipping bisa dilakukan di dalam rumah. Lakukan olahraga ini setelah melakukan peregangan. Jika kuat, Anda bisa melakukannya 15 sampai 20 menit per hari.

  1. Push up dan Squat

Tak perlu lahan yang luas untuk melakukan olahraga Push up dan Squat. Sahabat Fimela bisa melakukan olahraga ini di dalam rumah. Luangkan waktu untuk melakukan Push up dan Squat.

  1. Wall Sit

Cara untuk melakukan wall sit juga terbilang sangat gampang. Posisi awal berdiri tegak dengan menempelkan punggungmu tepat pada tembok/dinding. Lalu perlahan langkah kaki satu persatu ke depan, tekuk lutut kedua kaki seperti memposisikan tubuh seperti saat duduk di atas kursi. Atau dapat juga setelah melangkahkan satu persatu kaki kemudian turunkan perlahan tubuh atas sehingga posisi lutut dan bokong sejajar. Tahan dengan sekuat tenaga dan akan merasakan sakit pada bagian betis dan paha. Setelah itu tarik perlahan kaki satu persatu ke posisi semula (berdiri tegak).

Sekian sharing dari saya, saya ucapkan semoga teman teman sekalian bisa sehat walafiat. Jangan lupa berolahraga yah.

 

 

#Marketingisntallaboutselling

#Imarkethink

 

 

Daftar Pustaka

HaloSehat, R. (n.d.). 25 Akibat Kurang Olahraga pada Tubuh dan Kesehatan. Retrieved from Halo Sehat: https://halosehat.com/diet-fitness/tips-olahraga/kurang-olahraga

Putri, S. A. (2020, Maret 24). 5 Olahraga yang Bisa Dilakukan saat WFH, agar Berat Badan Tak Bertambah. Retrieved from Line Today: https://today.line.me/id/pc/article/5+Olahraga+yang+Bisa+Dilakukan+saat+WFH+agar+Berat+Badan+Tak+Bertambah-ojDxZ6