Cara Efektif Belajar Menjelang Ujian

#imerssaid

#globalbusinessmarketingbinus

#marketingisntallaboutselling

Di tengah pandemic yang sedang berlangsung saat ini, anak sekolah mulai dari TK sampai Kuliah diharuskan belajar di rumah oleh Pemerintah. Kegiatan belajar mengajar dilakukan dengan melakukan conference call melalui Zoom atau Teams.

Dikarenakan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di rumah, maka kegiatan ujian tengah semester dan akhir semester juga diharuskan dikerjakan di rumah. Nah, biasanya dengan kegiatan belahar mengajar di rumah bisa menyebabkan seseorang stress dan tidak focus.

Nah, ada beberapa tips untuk belajar dengan efektif menjelang ujian:

  1. Memahami bukan menghafal

Seringkali kita sebagai pelajar ingin mengambil jalan pintas agar ujian yang dikerjakan cepat selesai. Tetapi, jangan pernah menghafal suatu materi yang tidak kamu kuasai karena kamu perlu memahaminya terlebih dahulu. Take notes dan cari artinya melalui banyak sumber seperti buku dan google. Jangan terpaku akan satu sumber karena hasilnya tidak akan memuaskan dan tidak akurat. Berusahalah mencari tahu lebih mengenai apa yang kamu pelajari.

 

  1. Buatlah to-do list

Biasanya sebelum ujian kita akan diberikan jadwal ujian mengenai hari-hari ujiannya. Buatlah to-do list dan prioritas materi apa saja yang harus dipelajari terlebih dahulu dan jangan belajar dengan sistem kebut semalam karena itu akan membuat kamu tidak bisa memahami dengan betul mengenai materi yang akan kamu ujikan.

 

  1. Diskusi bersama teman

Biasanya untuk memahami sesuatu kita memerlukan bantuan dari orang lain, contohnya dosen atau teman. Jika kamu merasa kesulitan mengenai apa yang kamu pelajari, jangan sungkan untuk menanyakan kepada teman tentang apa yang kamu tidak ketahui. Dengan keadaan yang tidak ingin tahu lebih banyak akan membuat kamu tertinggal.

 

  1. Istirahat

Nah, yang satu ini sangat penting kamu lakukan, karena kamu akan kelelahan dan tidak bisa focus mengenai materi yang kamu pelajari. Ambillah beberapa jeda di setiap jamnya dan lakukan olahraga kecil atau snacking untuk membuat kamu lebih produktif untuk memahami materi apa yang kamu pelajari.