Segmentation in Millennial Generation

Oleh: Aldo Joshua (Student of Global Business Marketing Program)

Millennials, generasi yang lahir pada tahun 1980 hingga 1995, mulai memasuki mayoritas dunia kerja dan perusahaan perlu bersiap-bersiap dalam menghadapi mereka (Thompson & Gregory, 2012). Millennial memiliki karakteristik yang unik dibandingnkan dengan generasi sebelum-sebelumnya.salah satu karakteristik yang paling umum dan unik dimiliki oleh millennials adalah self confindence mereka (Fritsch, Rasmussen, and Chazdon 2019). Mereka hidup dan dibesarkan disaat teknologi terus berkembang pesat pada saat masa-masa dimulainya millennium (Ng & Gossett, 2013), sehingga mereka memiliki kemudahan dalam mengakses informasi untuk membantu mereka menambah wawasan mereka. Terdapat penelitian sebelumnya yang membandingkan generasi millennials dengan generasi sebelumnya, pertama mereka lebih narsis mengenai karakteristik mereka dibandingkan generasi sebelumnya (Twenge et al., 2012a) dan Kedua mereka memiliki tingkat harga diri lebih tinggi dan sifat ekstrovert dibandingkan generasi sebelumnya (Twenge, 2009). Dapat disimpulkan generasi millennials memiliki sifat yang akan merubah preferensi baik dari lingkungan sehari-hari mereka hingga lingkungan dunia kerja.

Millenial juga merupakan generasi yang memiliki variasi atau segmen yang luas (millennial Segmentaion, 2020). Terdapat penelitian dengan menggunakan survey, 4000 partisipan millennial dengan pertanyaan berkaitan dengan teknologi, pemasaran, media habits dan kehidupan umum sehari-harinya yang menciptakan 6 segmen yang berbeda yaitu; Hip-ennial, Millennial Mom, Anti-Millennial, Gadget Guru, Clean and Green Millennial, and Old-School Millennial. Untuk masing-masing karakteristiknya dapat dilihat dari gambar diatas. Sumber gambar dan penelitian tersebut di ambil dari BCG dan Barkley US.

Pentingnya kita memahami millennial adalah ketika generasi baby boomer mulai pensiun, generasi ini akan mendominasi lingkungan dunia kerja sehingga kesalahpahaman antara generasi ini dengan generasi sebelumnya akan mempengaruhi performa dan kepuasan baik dari lingkungan kerja hingga lingkungan sehari-hari (DeVaney 2015). Sehingga manajer harus mengerti betapa pentingnya mengolah karyawan berbeda generasi. Manajer harus dapat mengetahui apa yang memotivasi generasi millennial dan memberikan kepuasan dilingkungan kerja. Konsep diatas juga penting karena dapat menghindari konflik di lingkungan kerja (DeVaney 2015).

Millenial memiliki banyak karakteristik yang positif dan juga negatif. Karakteristik negatif dapat diambil dari cepatnya mereka berganti perkejaan, sulitnya untuk memotivasi mereka dan menahan mereka untuk terus berkerja diperusahaan tersebut (Russell Calk and Patrick 2017). Dengan karakteristik positif seperti tingginya tingkat kepercayaan diri mereka yang membuat mereka memiliki jiwa kepimpinan yang kuat dan mereka yang memiliki sifat fleksibilitas untuk bekerja dilingkungan yang lain. Dengan menjadi kesimpulan bahwa generasi millennial akan memiliki potensi yang tinggi jika superior mereka dapat mengolah mereka dengan efektif.

 

 

SUMBER

DeVaney, Sharon A. 2015. “Understanding the Millennial Generation.” Journal of Financial Service Professionals 69(6): 11–14. http://eds.a.ebscohost.com.laureatech.idm.oclc.org/eds/pdfviewer/pdfviewer?sid=0a0336d0-b8da-410d-a5b3-7e42fa4cbe86@sessionmgr4004&vid=1&hid=4210.

Fritsch, Aimee, Catherine Rasmussen, and Scott Chazdon. 2019. “Old Concept, New Generation: Millennials and Community Leadership Programs.” Journal of Leadership Education 17(4): 93–109.

Russell Calk, By, and Angela Patrick. 2017. “Millennials Through The Looking Glass: Workplace Motivating Factors.” The Journal of Business Inquiry 16(2): 131–39. http:www.uvu.edu/woodbury/jbi/volume16.

Thompson, C., & Gregory, J. B. (2012). Managing Millennials: A framework for improving attraction, motivation, and retention. The Psychologist-Manager Journal, 15(4), 237-24•6. doi:10.1080/10887156.2012.730444

N g, E. S. W., 8, Gossett, C. W. (2013). Career choice in canaclian public service: A n exploration of fi t with the millennial generation. Public Personnel lvfonagement, 42(3), 337-358.

Twenge, J. M., Campbell, W. K., & Freeman, E. C. (2012a). Generational differences in young adults’ life goals, concern for others, and civic orientation, 1966-2009. Journal of Personality and Social Psychology, 102, 1045.

Millenial Segmentation (2020) http://www.millennialmarketing.com/2012/04/at-last-a-millennial-segmentation/