PENTINGNYA BRAND PERSONALITY

Oleh: Putra Pratama (Student of Global Business Marketing)

Banyak sekali owner dari sebuah brand diluar sana yang membangun brandnya agar brandnya berusaha untuk selalu diingat oleh konsumen. Tetapi banyak owner brand melupakan satu unsur yang tidak kalah penting, yaitu brand personality. Brand Personality merupakan salah satu cara brand untuk memperkuat komunikasi dan koneksinya dengan konsumen, kenapa bisa begitu? Ya, karena dengan personality brand yang kuat maka customer akan merasa bahwa brand tersebut sesuai dengan karakter atau kepribadiannya dirinya yang mana customer akan merasa nyaman ketika menggunakan, berinteraksi secara emosional dengan brand tersebut. Hal tersebut senada seperti dikutip dari International Journal of Sports Marketing and Sponsorship bahwa “Consumer associate human personality traits to brands and create emotional connection to them” (Aaker et al.,2004; Fournier, 1998).

Brand Personality dapat tercermin dari logo yang kita buat, nama brand yang kita buat, tagline brand, dan juga interaksi seperti apa yang kita bangun pada setiap channel yang kita miliki. Aaker (1997) mengusulkan 5 dimensi dari brand personality, yaitu:

  1. Sincerity
  2. Excitement
  3. Competence
  4. Sophistication
  5. Ruggedness

Dari kelima dimensi diatas kita ambil salah satu contoh satu-satunya brand teknologi di dunia yang pertama kali memiliki nilai valuasi mencapai US$1 triliun atau sekitar Rp. 14.400 triliun. Ya, itulah brand Apple.

Brand Personality yang dibangun oleh Apple.Inc adalah Sophistication. Personality tersebut dapat terlihat dari logo, tagline, desain produk yang sangat futuristik dan elegant. Bahkan Steve Jobs sebagai Foundernya pernah mengatakan “Simplicity is the ultimate sophistication”. Akhirnya kita menyadari bahwa Brand Personolity sangat penting bagi sebuah brand. Dengan adanya Brand Personality inilah mengharkan banyaknya brand-brand didunia menjadi populer sampai saat ini.

DAFTAR REFERENSI

Arek Dvornechuck. 2019. “Brand Personality: Traits of Brands”, https://medium.com/@ebaqdesign/brand-personality-traits-of-top-brands-19c58890770f, diakses pada 8 Mei 2020 pukul 20.00 WIB

Giroux, M., Pons, F., Maltese,L. 2016. The role of perceived brand personality in promotion effectiveness and brand equity development of proffesional sports team. International Journal of Sports Marketing and Sponsorship. Vol .18 No,2 pp.180-196

Hassey, V, R. 2018. How Brand Personality and Failure-type shape consumer forgiveness. Journal of Product & Brand Management.

Pingit Aria. 2018. “Apple jadi perusahaan Teknologi Pertama dengan Valuasi US$1 Triliun”, https://katadata.co.id/berita/2018/08/03/apple-jadi-perusahaan-teknologi-pertama-dengan-valuasi-us-1-triliun, diakses pada 8 Mei pukul 20.35 WIB