Why is Omnichannel Marketing a Big Deal in Retail?

Oleh: Christopher Sean (Mahasiswa Global Business Marketing Program)

Saat ini Omnichannel Marketing sedang banyak meningkat dan digunakan oleh banyak bisnis retail, dari yang sebelumnya menggunakan Multichannel Marketing, kemudian beralih kepada pendekatan Omnichannel Marketing yang lebih terintegrasi ke berbagai arah. Namun, sangat penting untuk membedakan pengalaman omnichannel dari pengalaman multichannel karena meskipun sebagian besar perusahaan memberikan pengalaman multichannel saat ini, mereka tidak memahami  esensi dari pengalaman omnichannel yang melebihi multichannel. Omnichannel Marketing sendiri adalah pendekatan dimana Omnichannel menekankan tindakan yang sama di berbagai saluran akses sehingga pengalaman yang terintegrasi dan konsisten tersedia melalui retailers yang beroperasi dengan integrasi penuh secara luas mewakili berbagai pembelian omnichannel, hal ini membuat konsumen mulai untuk tidak hanya menggunkan satu saluran yang tersedia, namun semua saluran interaksi secara bersamaan. (Lazaris and Vrechopoulos, 2014).

Secara general Omnichannel marketing kontras dengan Multichannel Marketing dimana Multichannel adalah pendekatan yang hanya memfokuskan untuk mengembangkan setiap channel dengan karakter individu masing-masing dengan pengalaman konsumen yang berbeda. Omnichannel marketing tidak mengubah sifat dasar teknologi atau pendekatan apapun yang disebut multichannel, tetapi justru memurnikannya dengan mengintegrasikan segala pesan dan pengalaman dalam saluran/channel yang ada. Pada dasarnya, semua pengalaman saluran omnichannel akan menggunakan banyak saluran/saluran berganda, tetapi tidak semua pengalaman saluran multichannel adalah saluran omnichannel. Misalnya, konsumen mungkin memiliki pengalaman multichannel yang baik dengan mobile marketing, melihat platform social media yang menarik, dan situs web yang dirancang dengan baik. Tetapi, jika mereka tidak bekerja bersama (terintegrasi) dengan baik, itu tidak menambah nilai bagi pengalaman pelanggan. Itu sebabnya kosumne akan memerlukan pengalaman saluran omnichannel.

Omnichannel marketing menggunakan perspektif pelanggan dan minatnya untuk menyampaikan pesan dan pengalaman merek yang menarik dan efektif. Untuk menyakinkan perusahaan retail dalam menggunakan Omnichannel, berikut adalah benefit yang dapat diperoleh dengen menggunakan pendekatan omnichannel:

  • Better data collection and analysis

Omnichannel marketing memampukan untuk dapat mengumpulkan dan menyatukan data pelanggan dari saluran yang berbeda-beda. E.g: Cookies & Social Media

  • Better customer segmentation, better campaign designs and targeting

Seperti dasarnya marketing yang harus dilakukan, Omnichannel marketing membantu dalam menemukan pelanggan ideal dengan pengkelompokkan segmentasi yang lebih baik gitu

  • Greater synergy across all departments and channels

Omnichannel marketing menciptakan sinergi yang lebih baik di semua saluran dengan melibatkan konsumen melalui saluran yang mereka inginkan, serta menghubungkan percakapan-percakapan itu di seluruh saluran tanpa kehilangan data.

  • Better brand visibility

Omnichannel marketing membantu menempatkan pesan konsumen di semua saluran secara konsisten dan tepat waktu baik itu di ponsel, online, atau di dalam toko.Ini mengarah pada visibility brand yang lebih baik, yang berarti loyalitas pelanggan yang lebih besar. Omnichannel menekankan pada penegakan citra merek yang konsisten dan menciptakan rasa familiarity pelanggan untuk menjalin ikatan yang lebih kuat.

Daftar Pusaka :

International Journal of Bank Marketing, Omnichannel strategy and customer loyalty in banking, Emerson Wagner Mainardes, Carlos Anderson de Moura Rosa, Silvania Neris Nossa

https://www.stirista.com/blogs/omnichannel-marketing-six-benefits-brand-can-achieve