Pengalaman Internship di PT Uni-Charm Indonesia

Oleh: Irene Girvin (Mahasiswa Global Business Marketing)

Perkenalkan nama saya Irene Girvin dari jurusan international marketing. Untuk program internship ini saya memilih PT Uni-Charm Indonesia sebagai perusahaan tempat saya melakukan magang. Selama hampir sebulan ini saya mempelajari banyak hal dimulai dari hari pertama dan kedua dimana setiap karyawan PT Uni-Charm Indonesia yang baru diberikan pelatihan/ training terlebih dahulu mengenai peraturan, legal, finansial, product knowledge hingga factory tour di pabrik Uni- Charm yang berada di Karawang. Hari ketiga saya diperkenalkan di kantor Jakarta dimana tempat saya bekerja  dan ditempatkan sebagai marketing support di divisi Feminine Care khusunya Charm Safe Night. Kemudian saya diberikan tugas untuk memegang project mengenai digital campaign untuk Charm Safe Night.

Secara umum digital marketing adalah suatu usaha untuk melakukan pemasaran sebuah brand atau produk melalui dunia digital atau internet, bisa melalui iklan di internet, facebook, youtube, ataupun media sosial lainnya. Tujuannya adalah untuk menjangkau konsumen maupun calon konsumen secara cepat dan tepat waktu. Dalam Project digital campaign saya kali ini tujuannya adalah untuk meningkatkan trial dari produk charm safe night ukuran 35cm. Sehingga saya harus memikirkan ide dari digital campaign yang saya ingin lakukan, seperti: Quis, kompetisi, campaign,dll, kemudian mereview KOL yang dapat membantu untuk mempromosikan produk,dll. Menurut saya, dari project digital campaign ini saya dapat mempelajari banyak hal – hal baru, seperti mengetahui istilah – istilah dalam marketing, mengetahui cara – cara dalam melakukan digital campaign, dll.

Hal – hal yang saya dapatkan setelah saya bekerja di PT Uni- Charm Indonesia adalah selain saya mendapatkan pengetahuan baru dalam membuat suatu digital campaign, saya juga diberikan pelatihan untuk mengolah data – data penjualan, seperti penggunaan aplikasi Nielsen, WRS, dll. Dari aplikasi – aplikasi tersebut saya dapat mengetahui strategi marketing yang tepat untuk dijalankan ditempat – tempat tertentu, daerah yang memiliki potensi penjualan yang bagus, segmentasi yang memiliki minat pembelian yang tinggi, dan diajarkan untuk menganalisa perbandingan penjualan antara produk kompetitor dengan produk kita berdasarkan data dari Nielsen. Selain itu, saya juga terlibat dalam pembuatan design kemasan/polybag untuk produk baru dari Charm Safe Night.

Kemasan secara sederhana dapat diartikan suatu benda yang digunakan untuk membungkus atau untuk melindungi suatu barang agar rapi atau bersih. Kemasan memiliki banyak manfaat salah satu manfaatnya adalah dalam bidang marketing ,yaitu sebagai branding atau pencitraan suatu merek dari produk dan perusahaan, selain sebagai sarana promosi, kemasan juga bentuk dari profesionalitas suatu merek atau perusahaan yang mengeluarkan produk tersebut. Design dari kemasan juga harus dibuat semenarik mungkin atau “eye catching” karena calon konsumen hanya melihatnya sekilas sehingga jika design kemasan produk menarik maka akan membuat pandangan dari konsumen teralihkan ke produk kita dan meningkatkan minat membeli calon konsumen. Selain memiliki design yang menarik, kemasan juga harus memudahkan konsumen untuk mendapatkan informasi produk, sehingga perlu diperhatikan tata cara penulisannya, letak tulisannya,dll. Karena tidak semua informasi dapat tersampaikan dengan baik walaupun dengan cara direct selling.