Now, Past and Future: Marketing Concept Point of View (Part 2)

Oleh: Aryo Bismo, SE, MM (Faculty Member of Global Business Marketing

Mengacu pada situasi yang dijelaskan pada part 1 perkembangan pemasaran pada era ini juga mengalami peningkatan yang signifikan, teknologi dan internet juga dapat digunakan oleh pemasar pada era 4.0 ini sebagai alat pemasaran yang dapat diandalkan untuk mempromosikan sebuah produk. Contoh perusahaan yang dapat mengintegrasikan teknologi dan internet untuk mengembangkan bisnis nya adalah GOJEK, perusahaan ini merupakan contoh konkret dari adaptasi sebuah bisnis terhadap era 4.0, aplikasi yang dimiliki oleh GOJEK merupakan sebuah terobosan baru dimana perusahaan tersebut mencoba untuk selalu berada dekat dengan konsumen nya.

Hal ini mengacu pada salah satu konsep dari marketing manajemen yaitu konsep pemasaran, menurut Kotler (2000), konsep pemasaran adalah sebuah pandangan bisnis yang berfokus pada konsumen, pada konsep ini dijelaskan bahwa untuk mencapai suatu tujuan sebuah bisnis harus dapat berkompetisi dengan kompetitor lainnya dalam menciptakan, menyampaikan dan mengkomunikasikan sebuah nilai kepada target pasar yang telah ditentukan.

Gambar 1. Antarmuka aplikasi GOJEK

Source: https://inet.detik.com/mobile-apps/d-3868304/tampilan-baru-aplikasi-go-jek-makin-segar

Terkait dengan konsep tersebut, GOJEK sebagai perusahaan baru di Indonesia telah membawa bisnis kepada persaingan pada level yang berbeda dari sebelumnya, hal ini menunjukan bahwa GOJEK telah mengembangkan konsep pemasaran dengan baik sehingga dapat di aplikasikan pada era 4.0 saat ini. GOJEK merupakan sebuah perusahaan yang dapat memberi gambaran tentang perubahan manajemen pada masa sekarang dimana perusahaan ini dapat beradaptasi dengan baik dengan lingkungan (teknologi dan internet) dan memanfaatkan hal tersebut menjadi sebuah keunggulan dalam berkompetisi dengan kompetitor lainnya (Competitive advantage) dengan mengadaptasi dan menerapkan konsep pemasaran.

Konsep pemasaran merupakan sebuah konsep manajemen pemasaran yang timbul dari pengembangan konsep – konsep sebelumnya, konsep sebelumnya dalam manajemen pemasaran merupakan konsep yang berfokus pada bebrapa hal selain konsumen diantaranya produksi, produk dan penjualan semata, tanpa memikirkan tentang apa yang menjadi kebutuhan utama dari konsumen. Beberapa sudut pandang tentang konsep pemasaran telah dikembangkan oleh para peneliti sebelumnya, sebelum terbentuknya konspe pemasaran terlebih dulu hadir konsep – konsep seperti konsep produk, produksi, penjualan, apa yang menjadikan perbedaan konsep tersebut dengan konsep pemasaran?

References

Kotler, P. (2000) Marketing Management. Upper Saddle River, New Jersey: Prentice Hall