Now, Past and Future: Marketing Concept Point of View (Part 1)

Oleh: Aryo Bismo, SE, MM (Faculty Member of Global Business Marketing

Istilah manajemen telah banyak digunakan dalam berbagai cabang keilmuan, manajemen memiliki cakupan pengertian dan fungsi yang luas, diantaranya manajemen dapat diartikan sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, kepegawaian dan kegiatan mengarahkan didalam sebuah organisasi, termasuk proses untuk mencapai efektifitas dan efisiensi dalam sebuah organisasi. Manajemen merupakan proses dalam rangka mencapai tujuan dengan bekerja bersama, melalui orang-orang dan sumber daya dan organisasi lainnya (Sarinah, 2017).

Manajemen memiliki beberapa cabang yang meliputi aktivitas dan fungsi manajemen pada sebuah organisasi, cabang – cabang manajemen tersebut adalah manajemen produksi. manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajemen sumber daya dan manajemen kantor. Artikel ini akan membahas tentang manajemen pemasaran secara luas terutama perubahan konsep manajemen pemasaran yang dapat menggambarkan secara jelas tentang perubahan manajemen dari masa lalu, masa sekarang dan masa yang akan datang dalam konteks pemasaran secara khusus.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa terdapat beberapa cabang dari manajemen dan salah satunya adalah manajemen pemasaran. Manajemen pemasaran adalah keinginan perusahaan untuk membentuk atau mendesain strategi yang dapat meningkatkan keuntungan dan hubungan perusahaan dengan pelanggan dengan menciptakan sebuah nilai yang sesuai untuk pelanggan tersebut (Kotler & Armstrong, 2012).  Saat ini dunia telah berada pada era 4.0, dimana aktivitas bisnis telah menggunakan teknologi dan internet sebagai alat untuk mengembangkan sistem pada sebuah bisnis. Era 4.0 merupakan era yang menekankan pada pola digital economyartificial intelligencebig datarobotic, dan lain sebagainya atau dikenal dengan fenomena disruptive innovation (Wurinanda, 2018). Kemudian bagaiamana hal ini dapat mengubah gameplan dari seorang marketers?

References

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing (ed.). New Jersey.

Sarinah, M. (2017). Pengantar Manajemen. Deepublish. Yogyakarta.

Wurinanda, I. (2018, January 30). Era Revolusi Industri 4.0, Saatnya Generasi Millennial Menjadi Dosen Masa Depan. Retrieved February 23, 2020, from http://sumberdaya.ristekdikti.go.id/index.php/2018/01/30/era-revolusi-industri-4-0-saatnya-generasi-millennial-menjadi-dosen-masa-depan/