Online Impulse Shopper in Indonesia E-Commerce
Oleh: Pinkan Olivia (Student of Global Business Marketing)
“Impulsive personas are the apple of the eye of marketers and business owners. 84% of all shoppers have made impulse purchases. Impulse purchases represent almost 40% of all the money spent on e-commerce. 52% of millennials were more likely to make impulse purchases than any other generation. With advances in information technology and the tremendous growth of e-commerce, online impulse buying has become an epidemic.” Chan et al (2017) Perilaku impulsif konsumen di Indonesia merupakan salah satu faktor yang menarik hati para perusahaan e-commerce di Indonesia. Artikel ini akan membahas karakteristik segmentasi impulsif shopper berdasarkan Rook & Fisher.
Impulse shopper dengan jumlah responden 73/300 memiliki tingkat impulsivitas yang tinggi dalam pembelian daring. Segmentasi ini sering melakukan pembelian secara spontan, cenderung tidak memiliki rencana terlebih dahulu akan produk yang akan dibeli. Dalam hal pertimbangan, mereka tidak terlalu mempertimbangkan barang yang akan dibeli. Dalam hal pembelian daring yang irasional, segmentasi ini memiliki perilaku belanja yang tanpa berpikir matang, hal kognitif tidak terlalu diperhatikan oleh mereka. Selanjutnya, dari segi reaktivitas, segmentasi ini memiliki perilaku yang dapat digambarkan dengan kalimat “I see it, I buy it”, segmentasi ini lebih terbuka terhadap rangsangan di sekitarnya. Mereka sering melakukan pembelian daring impulsif yang mendadak atau secara tiba-tiba, hal ini konsisten dengan indikator spontaneous dengan kurangnya perencanaan atau kecenderungan memilih produk dengan sesegara mungkin tanpa memerhatikan konsekuensi atau jangka panjang. Dalam hal emosional, segmentasi ini menunjukkan bahwa mereka didorong oleh keinginan untuk membeli apa yang mereka sukai daripada apa yang sedang dibutuhkan, selain itu segmentasi ini juga sering melakukan pembelian daring impulsif yang gegabah tanpa perencanaan atau memikirkan konsekuensi sebelumnya. “I buy things, according to what I feel, and like. Well, mostly spontaneous.”
#binusuniversity #marketingisntallaboutselling #imers #binusian