Hubungan Timbal Balik Antara Gaya Hidup Fashion Konsumen Sosial-Lokal-Mobile (SoLoMo) Dan Niat Belanja Omnichannel Sebagai Perilaku Pembelian (2)

Oleh: Arbi Siti Rabiah, SE, MM (Faculty Member of International Marketing)

Munculnya teknologi seluler menawarkan semua saluran yang tersebar luas (yaitu toko batu bata, katalog, online toko, aplikasi seluler, dan media sosial) telah mengubah model bisnis ritel, penerapan bauran ritel, dan perilaku belanja konsumen (Beck dan Rygl, 2015; Grewal et al., 2017; Verhoef et al., 2015). Peralihan konsumen lintas saluran dan perangkat termasuk desktop, laptop, perangkat seluler, dan media sosial mewakili berbagai pengalaman omnichannel yang sempurna dari pembeli; konsumen dapat menghasilkan interaksi penuh (Beck dan Rygl, 2015; Grewal et al., 2017; Verhoef et al., 2015).

Seperti pengalaman omnichannel, ruang pamer dan ruang web adalah yang paling umum (Verhoef et al., 2015). Showrooming mengacu pada praktik meneliti produk offline tetapi akhirnya membeli produk secara online atau pada perangkat seluler di pengecer online yang bersaing (Flavián et al., 2016; Gensler et al., 2017; Mehra et al., 2018; Rapp et al. , 2015; Richter, 2013). Webrooming, mengacu pada praktik meneliti produk online.

Menurut Sopadjieva et al. (2017), sekitar 73% ditemukan sebagai pembeli omnichannel, sementara 20% ditemukan sebagai pembeli yang hanya membeli di toko dan 7% lainnya ditemukan menjadi pembeli yang hanya online. Konsumen yang menggunakan lebih dari empat saluran mengkonsumsi rata-rata 9% lebih banyak di toko bata daripada mereka yang menggunakan saluran tunggal (Sopadjieva et al., 2017). Selain itu, konsumen omnichannel cenderung merekomendasikan produk dan merek tertentu untuk dan berbagi ulasan dengan orang lain daripada mereka yang menggunakan saluran tunggal (Sopadjieva et al., 2017). Lebih 86% pembeli menunjukkan bahwa ulasan produk adalah sumber daya penting bagi mereka sebelum membeli (PowerReviews, 2016). Dengan demikian, memahami faktor penentu persepsi konsumen terkait showrooming dan webrooming dan niat mereka terhadap belanja omnichannel dan berbagi ulasan produk sangat penting bagi pengecer untuk melakukan dalam rangka mengembangkan strategi omnichannel yang sukses.

Sumber : Marketing Emerald Insight 2019, What drivers omnichannels shopping behaviors?: Fashion Lifestyle of Social – Local Mobile Consumers