Hubungan Timbal Balik Antara Gaya Hidup Fashion Konsumen Sosial-Lokal-Mobile (SoLoMo) Dan Niat Belanja Omnichannel Sebagai Perilaku Pembelian (1)

Oleh: Arbi Siti Rabiah, SE, MM (Faculty Member of International Marketing)

 

Ritel Omnichannel adalah saat pelanggan bisa menggunakan lebih dari satu channel penjualan seperti toko fisik, e-Commerce/internet, mobile (m-Commerce), social Commerce, dan lain lain untuk melakukan riset, membeli, mendapatkan dan mengembalikan atau menukar barang dari peritel, terlepas dari channel penjualan yang digunakan.

Omni Channel berfokus pada customer journey yang menyeluruh, dan ini sudah sangat tepat untuk diadaptasi oleh pelanggan zaman now, karena semua channel seperti mobile, web, tablet, smartwatch, ERP, AI serta komponen online dan offline dalam bisnis akan terintegrasi secara menyeluruh, sehingga pelanggan akan mendapatkan kepuasan belanja secara maksimal (Achmad Rouzni Noor II – detikInet- Minggu, 28 Jan 2018 20:20 WIB).

Pada suatu penelitian yang dilakukan oleh Ju-Young M. Kang, Department of Family and Consumer Sciences, University of Hawaii at Manoa, Honolulu, Hawaii, USA, ditemukan bahwa persepsi konsumen SoLoMo tentang nilai showrooming dan webrooming merupakan anteseden dari niat belanja omnichannel mereka, yang memiliki pengaruh pada niat mereka untuk berbagi ulasan produk. Gaya hidup fashion brand-based SoLoMo konsumen tidak mempengaruhi nilai yang dirasakan dari webrooming dan memiliki pengaruh negatif pada nilai yang dirasakan dari showrooming. Gaya hidup fashion yang berdasarkan informasi dan kepraktisan konsumen SoLoMo memengaruhi nilai yang dirasakan dari ruang pamer dan ruang web. Menariknya, gaya hidup fashion yang berbasis kepribadian konsumen SoLoMo tidak memiliki pengaruh pada nilai yang dirasakan dari showrooming dan webrooming.

Penelitian tersebut memberikan pemahaman teoretis tentang keterkaitan antara gaya hidup fashion konsumen SoLoMo, nilai yang dirasakan, niat belanja omnichannel dan niat berbagi ulasan produk. Model yang diusulkan ini menawarkan wawasan yang berguna bagi peritel mode mengenai pengembangan strategi omnichannel efisien berdasarkan karakteristik dan persepsi individu konsumen SoLoMo. Akhirnya, hasil penelitian tersebut menghasilkan literatur dan pengetahuan penting yang terkait dengan ritel dan pemasaran omnichannel.

Sumber: Marketing Emerald Insight 2019, What drivers omnichannels shopping behaviors?: Fashion Lifestyle of Social – Local Mobile Consumers