New Era, New Marketing

Oleh: Pinkan Olivia (Student of International Marketing)

Faktanya, menurut Salesforce 75% budget divisi marketing akan diinvestasikan untuk digital marketing. Peningkatan pengeluaran iklan melalui digital ini mencerminkan banyaknya industri yang telah mengubah strategi pemasaran mereka dari tradisional ke digital. Saatnya pemasar mengubah cara permainan ke arah yang lebih relevan kepada konsumen. Terdapat banyak faktor yang dapat membantu seseorang dalam mengambil keputusan pembelian, namun tetap saja pendapat dari luar atau yang sering kita sebut word of mouth (rekomendasi yang diberikan oleh keluarga dan teman dekat) merupakan salah satu faktor yang dapat kita andalkan yang mana sudah merambah ke internet, dalam hal ini pemasaran yang dilakukan merupakan crowd marketing. Pemasar menemukan cara untuk mengoptimalkan media sosial dengan crowd marketing, dengan mengandalkan netizen berbagi konten, percakapan, dan ulasan secara gratis di internet, bahkan menurut Nielsen 77% konsumen cenderung membeli produk baru ketika mendapatkan rekomendasi dari keluarga atau kerabat dekat, dengan strategi pemasaran online crowd sosial ini, perusahaan dapat memperluas konsumen yang memiliki potensi dan meningkatkan penjualan. Berikut ini merupakan peraturan mendasar yang harus diterapkan saat menjalani Crowd Marketing :

  1. Pemasar tentunya harus memiliki pengetahuan yang sangat baik tentang produk yang akan dipromosikan, agar dapat menekankan keuntungan dari produk atau jasa yang ditawarkan.
  2. Membuat profil yang terpercaya, untuk memasuki tahap kredibilitas profil yang dibuat harus memberikan informasi perusahaan yang tepat.
  3. Tanggal terakhir pembuatan topik diskusi dan komunikasi adalah hal yang sangat penting, pemasar harus dapat terlihat aktif dan interaktif, sehingga pengguna memiliki urgensi untuk mengikuti informasi yang dibuat.
  4. Memilihi target audiens yang tepat, dalam memilih komunitas pemasar harus mengetahui pasti kategori yang memiliki persamaan, sebagai contoh pemasar industri susu formula dapat berkolaborasi dengan situs atau komunitas ibu rumah tangga.
  5. Berikan tanggapan pertanyaan konsumen anda yang berguna, sering kita temui banyak perusahaan yang tidak memiliki aturan yang tepat dalam menanggapi beberapa komentar dari penggunanya, dengan hanya menyertakan link infomasi yang tidak memiliki kaitannya dengan masalah yang sedang konsumen hadapi.

Menggunakan startegi crowd marketing merupakan solusi yang aman, efisien, dan efektif secara biaya, lalu pertanyaannya sudahkah Anda mencoba menerapkan strategi ini di 2019?

#binusuniversity #marketingisntallaboutselling #imers #binusian