My First Day of My Internship Journey at The Alana Hotel & Convention Center – Solo

By: Amadea Steffi Umanda Purba (Student of International Marketing Program)

01 February 2019, tibalah hari dimana aku memulai magang, hari aku terjun ke dunia kerja sesungguhnya setelah sblmnya selama 2.5 tahun aku sudah mendapatkan banyak teori tentang marketing. Hari itu aku untuk pertama kalinya melangkahkan kakiku dengan mantap berjalan menuju tempat kerja untuk memulai magangku. Pagi itu sebelum memulai kerja aku dan beberapa orang yang juga magang di tempat itu diminta untuk mengisi form yang menandakan kami melakukan magang selama jenjang waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Setelah itu kami pun diminta untuk datang ke ruangan HRD untuk dijelaskan tentang company profile, management team, serta fasilitas apa saja yang ada dalam The Alana Hotel & Convention Center – Solo. Kami pun diberi kesempatan untuk bisa berkeliling hotel untuk lebih mengenal tentang fasilitas-fasilitas serta masing2 department yang ada dalam hotel. Lalu kami dibagi ke masing-masing department yang kami masuki dan memperkenalkan diri. Aku bekerja sebagai Sales and Marketing, disini aku tidak hanya bekerja untuk memasarkan produk Alana, tetapi juga membangun brand image dimata publik.

Saat aku dibawa masuk ke department Sales and Marketing, aku pun dikenalkan ke beberapa staff dan manager disana. Aku langsung diberi tahu apa saja tugasku. Manager sales and marketing berkata bahwa job desc ku akan dibagi menjadi 2 bagian. 3 bulan pertama aku akan ada di bagian sales, yakni membantu sales untuk mendistribusikan file yang berkaitan dengan event lalu mendistribusikannya, selain itu aku juga akan belajar untuk membuat proposal event bahkan terjun langsung untuk bertemu dengan client. 3 bulan selanjutnya aku akan berada di bagian marketing, yang tak lain adalah menjaga relationship hotel dengan external dan menjaga brand image hotel dengan baik. Disini aku merasa bahwa #marketingisntallaboutselling, mengapa? Karena jika kita hanya tau menjual saja tanpa menambah value produk dan menjaga relationship dengan client maka tak ada artinya. Disini aku bangga bisa jadi #imers karena semua ilmu yang udah kupelajari semasa kuliah sangat berguna banget buat dunia kerja + orang jadi interested denger kata “International Marketing” krn itu bukan jurusan yg biasa orang tahu, aku jd bisa jelasin sama orang apa itu jurusan IM dan belajar apa aja. My journey start from now, and I want to prove to the others that #imers is is no longer about selling, but people can see my value in maintain relationship and generate new ideas for them.

 

#threeplusonebinus #binusuniversity  #marketingisntallaboutselling #imers #binusian