Apa Itu Consumer Involvement?

Oleh: Pinkan Olivia (Student of International Marketing)

Sama halnya seperti motivasi, keterlibatan juga merupakan keadaan pikiran yang dialami oleh konsumen secara internal, dimana keterlibatan membuat seseorang menganalisis dan merasionalisasi sesuai dengan keputusan yang dibuat. Keterlibatan konsumen dapat juga disebabkan oleh faktor eksternal, dimana keterlibatan memiliki aspek waktu, usaha, pertimbangan, dan kesenangan yang diperoleh konsumen saat memilih produk atau jasa. Teori keterlibatan konsumen menyatakan bahwa ada pembelian yang memiliki keterlibatan yang rendah dan tinggi, terdapat beberapa faktor tahapan keterlibatan konsumen dalam melakukan pembelian, termasuk pengetahuan akan produk, informasi internal maupun eksternal, aspek psikologis, budaya, gaya hidup, juga dengan sistem sosial. Bahkan dengan produk dan layanan yang sama tidak semua individu melihat keterlibatan konsumen memiliki level yang sama, tidak semua konsumen beranggapan suatu produk katakanlah kategori Makanan memiliki keterlibatan yang rendah, ada beberapa konsumen yang menganggap pemilihan kategori Makanan merupakan keterlibatan yang tinggi. Nah untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai keterlibatan konsumen dalam pembelian berikut ini tipe-tipe keterlibatan konsumen dalam pembelian :

  • Keterlibatan Ego

Keterlibatan tipe ini bertujuan untuk memuaskan ego suatu individu. Contohnya masing-masing anggota keluarga memiliki keterlibatan dalam memilih produk pembelian untuk satu individe, seorang istri memiliki keterlibatan dalam memilih produk pakaian suaminya, begitu pula dengan anak-anak memiliki keterlibatan dalam pembelian kategori produk seperti laptop, TV, dan lain-lain.

  • Komitment

Komitment adalah salah satu bentuk penting dalam pembentukan keterlibatan pembelian, pada kondisi satu anggota keluarga sakit, anggota keluarga lainnya berkomitmen untuk mengatur pengobatan untuk anggota member yang menderita, sama seperti pernikahan dimana memerlukan komitmen seluruh anggota keluarga.

  • Keterlibatan dalam Komunikasi

Keterlibatan komunikasi menandakan berbagi informasi yang ada kepada orang lain, maupun dalam keluarga dan organisasi. Satu anggota harus mengomunikasikan keputusannya dengan anggota lainnya.

  • Pemberian Informasi

Setelah konsumen mengetahui kebutuhannya, sebagian besar konsumen akan terlibat dalam proses pencarian produk yang berasal dari perolehan informasi eskternal, pencarian suatu produk tergantung dengan tingkat kepentingan suatu produk dan pembelian tersebut.

#binusuniversity #marketingisntallaboutselling #imers #binusian