Millennial di Indonesia – Seperti Apa Mereka?
Oleh: Priscilla Natasha (Student of International Marketing)
#imerssaid
#internationalmarketingbinus
#marketingisntallaboutselling
Populasi Indonesia setara dengan 3,5% dari total populasi dunia yang terhitung sekitar 266,2 juta orang. Indonesia sendiri memiliki usia rata-rata 28,3 tahun, sehingga menjadikan generasi ini sebagai audiens yang ideal bagi pemasar yang ingin menargetkan millennial di Indonesia. Dengan populasi yang begitu besar, pemasar harus menghadapi tantangan yang ada secara efektif dibandingkan dengan pesaing mereka. Hal ini dapat dilakukan dengan melihat karakteristik-karakteristik mereka di Indonesia.
Nah, berikut ini adalah 5 hal yang paling diperhatikan oleh generasi millenial saat ini, menurut survei YouthSpeak yang didukung oleh AIESEC di Indonesia.
1. Mendapatkan keterampilan baruGadget baru, iPhone dan tablet bukan satu-satunya hal yang diminati oleh generasi millennial. Mereka juga ingin belajar dan mengalami lebih banyak. Lima puluh persen dari pemuda yang disurvei terdaftar mendapatkan keterampilan dan kemampuan baru sebagai prioritas utama mereka. Ini menunjukkan kesadaran mereka akan pentingnya soft skill dan hard skill. Mereka tahu bahwa belajar dari buku bukanlah satu-satunya cara belajar dan lebih dari 70% dari remaja yang disurvei lebih suka belajar dengan melakukan dan praktek secara langsung.
2. Menyelesaikan UniversitasHampir setengah dari orang muda yang disurvei bersedia menyelesaikan studi mereka. Ada beberapa kekhawatiran karena pendidikan tahun lalu telah gagal membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan yang berguna dan mempersiapkan lulusan untuk memasuki pasar kerja, tetapi di sisi lain, kaum millennial masih memiliki keyakinan dalam pendidikan dan tidak menyerah dengan cepat.
3. Bepergian keliling duniaMenjadi sukarelawan di luar negeri, magang, beasiswa, bekerja dan bepergian. Ini hanyalah beberapa cara untuk mengalami dan merasakan dunia. Globalisasi berarti dunia menyusut dan pengalaman internasional menjadi hal yang dikejar millennial dalam resume mereka.
4. Membuat dunia menjadi tempat yang lebih baikPemuda millennial percaya bahwa dunia dapat diubah dan mereka tahu mereka bisa menjadi orang yang mengubahnya. Apa yang selalu menarik tentang generasi ini adalah bahwa mereka ambisius dan percaya pada kemampuan mereka daripada generasi lain.
5. Memulai bisnis mereka sendiriLebih dari 20% responden terlihat memulai atau mengembangkan bisnis sendiri sebagai prioritas utama dalam kehidupan saat ini. Tren menunjukkan bahwa selama 5 dan 10 tahun ke depan, lebih dari 60% millennial ingin menjadi wirausaha.
#marketingisntallaboutselling
#imarkethink
Baca juga:
https://www.kominfo.go.id/content/detail/8566/mengenal-generasi-millennial/0/sorotan_media
https://www.researchgate.net/publication/314448735_Indonesia_2020_The_Urban_Middle_Class_Millenials