Consumer Product Knowledge
By: Rita, SE., M.Si (Faculty Member of International Marketing)
Consumer Product Knowledge adalah pengetahuan yang dimiliki oleh konsumen mengenai sebuah produk. Pengetahuan konsumen akan produk sangatlah penting karena hal tersebut merupakan dasar dari keputusan perilaku konsumen.
Menurut Lin & Lin (2007), Consumer Product Knowledge merupakan persepsi pelanggan terhadap produk tertentu, termasuk pengalaman sebelumnya menggunakan produk. Disisi lain, Lin & Chen (2006) mendefinisikan Consumer Product Knowledge sebagai kesadaran atau pemahaman pelanggan tentang produk, serta keyakinan konsumen dalam produk tersebut.
Pentingnya Product Knowledge yang baik bagi karyawan menurut Getuseto (2010) antara lain:
1. Mengembangkan tingkat kepercayaan dan kemampuan dalam menjual.
2. Membangun hubungan dan kepercayaan pelanggan.
3. Menyesuaikan kebutuhan pelanggan dengan produk atau jasa yang tepat.
4. Membuat presentasi penjualan menjadi lebih baik.
5. Mampu mengatasi kesulitan dengan sukses.
6. Memberikan pelayanan yang baik setelah melakukan penjualan.
Dengan percaya diri dan antusiasme, karyawan dapat menyediakan produk dan menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan produk atau jasa, serta lebih dapat membujuk pelanggan untuk membeli produk yang ditawarkan dengan memberitahukan atau menjelaskan tentang pentingnya fitur-fitur dan manfaat produk.
Selain itu, membangun Consumer Product Knowledge juga merupakan hal yang sangat penting guna memahami perilaku dan minat pembeli. Hal ini dipertegas oleh Lin & Chen (2006) yang menyatakan bahwa, sebelum pelanggan melakukan perilaku pembelian yang sebenarnya, pelanggan akan melakukan dua pendekatan yaitu, mencari informasi (information search) dan mengolah informasi (information processing). Ini berarti bahwa pada saat pelanggan menghadapi banyak pertanyaan yang relevan atas produk yang ditawarkan, maka secara otomatis
pelanggan juga memerlukan informasi yang relevan untuk membantu dalam proses pengambilan keputusan.
Dimensi Consumer Product Knowledge
Berdasarkan Lin & Chen (2006) terdapat beberapa dimensi Consumer Product Knowledge yakni sebagai berikut:
1. Consumer Perception yaitu persepsi mengenai keunggulan dan cara pakai produk secara tepat guna.
2. Memory yaitu spesifikasi produk yang terdapat dalam ingatan konsumen serta jenis produk tersebut.
3. Consumer Experience yaitu pengalaman saat melihat serta mencoba produk. (Berbagai Sumber)