Tips & Trick Memilih Program Studi di Perguruan Tinggi

Oleh: Deo Zoeghema (Stundent of International Marketing Program)

Setiap manusia memiliki minat dan bakat nya masing – masing. Jangan heran jika seorang ayah dan anak memiliki passion atau minat yang berbeda. Sang ayah menjadi dokter dan si anak menjadi seorang musisi contohnya. Walaupun si anak merupakan darah daging dari si ayah, bakat dan minat si anak belum tentu sama seperti sang ayah. Minat dan bakat ini menyangkut kepada dunia pendidikan terutama di perguruan tinggi. Sebab setiap universitas menawarkan macam – macam program studi sesuai dengan minat dan bakat masing – masing anak. Mengalami ke-galau-an dalam memilih program studi sering dihadapi oleh siswa/I SMA yang ingin melanjutkan studi nya ke perguruan tinggi. Oleh sebab itu dalam artikel ini saya ingin membagikan tips & trick dalam memilih program studi di perguruan tinggi.

Memilih program studi ini harus lahir dari hati kita masing – masing. Jangan karena paksaan dari orang lain. Sebab yang akan menjalani nya ialah kita sendiri. Berikut beberapa tips & trick yang ingin saya bagikan untuk kalian yang sedang galau dalam memilih program studi:

  1. Kenali Passion Hidup kalian.

Dengan kalian mengetahui passion atau tujuan hidup kalian, kalian bisa dengan mudahnya menentukan kemana arah hidup kalian. Apa yang ingin kalian capai? Menjadi dokter, pilot, pebisnis, atlet, pemusik, lawyer ? Jika kalian sudah mengetahui passion kalian sejak dini, kalian bisa menentukan kalian akan mengambil program studi apa di perguruan tinggi nanti guna mendukung kalian untuk meraih passion  kalian.

  1. Tidak bergantung kepada orang lain.

Seperti yang sudah saya singgung sedikit diatas, kita memilih program studi harus sesuai dengan minat dan bakat kita masing – masing. Jangan mengikuti orang lain. Misal, teman baik kita si A mengambil program studi dokter karena memang si A sangat menyukai dunia kedokteran. Sedangkan kita yang anti atau phobia terhadap darah tetap ikut – ikutan mengambil program studi kedokteran hanya karena si A teman  baik kita mengambil program studi tersebut. Secara otomatis kita tidak akan bisa survive deprogram studi tersebut.

Jika kalian sudah mengetahui passion hidup kalian dan sudah yakin dengan minat dan bakat kalian, kalian harus berkomitmen terhadap keputusan yang kalian ambil. Proses kuliah untuk mencapai gelar S-1 itu memakan waktu -+ 4 tahun. Jika kalian tidak bisa berkomitmen dengan keputusan kalian dalam memilih program studi tersebut akan menggangu proses perkuliahan kalian.

Demikian tips & trick yang bisa saya bagikan dalam artikel ini, semoga bermanfaat bagi kalian yang masih galau dalam memilih program studi di universitas. Terimakasih

#marketingisntallaboutselling

#imarkethink