PR Smith’s SOSTAC® Planning Framework Sebagai pedoman E-Marketing

Dalam kondisi perusahaan yang ingin memperbaiki dan meningkatkan pemasaran mereka, perlu adanya sebuah perencanaan pemasaran terutama strategi E-Marketing dalam perusahaan ini. Dalam hal ini, PR Smith’s SOSTAC® Planning Framework akan menjelaskan beberapa tahapan yang harus dilibatkan dalam strategi pemasaran dimulai dari strategi yang akan dikembangkan hingga penerapan terhadap perusahaan tersebut.

Tahapan-tahapan dalam PR Smith’s SOSTAC® Planning Framework akan menjadi dasar untuk mengidentifikasi masalah suatu pemasaran pada perusahaan, diantaranya adalah :

  1. Situation Analysis : identifikasi kondisi perusahaan menggunakan metode Analisis SWOT(Strength, Weakness, Opportunities, Threat), Customer insight, Market trends, Competitor analysis, Internal capabilities and resource.
  2. Objectives : penetapan tujuan menggunakan metode 5s(Sell, Serve, Speak, Save dan Sizzle)
  3. Strategy : perencanaan strategi akan menggunakan metode STOP and SIT. STOP (Segment, Target Market, Online Value Proposition(OVP), dan Positioning). Online Value Proposition (OVP) menggunakan pendekatan 7P(Product, Price, Place, Promotion, People, Physical Evidence, dan Process). dan pembentukan strategi menggunakan SIT(Sequence or Stage, Integration dan Tools.)
  4. Tactics : dalam mencapai strategi menggunakan pendekatan 8P’s, Communication Mix, Content plan, Contact plan.
  5. Actions : Analisa secara detail mengenai Responsibilities and Structures, Processes and systems, Internal resources and skills, External agencies didalam perusahaan.
  6. Control : menilai keberhasilan perusahaan dengan menggunakan KPI’s and web analytics, User experience review, frequency of reporting, Process of reporting and actions.

Dengan mengikuti tahapan-tahapan dalam PR Smith’s SOSTAC® Planning Framework tersebut, maka penelitian akan memiliki informasi mengenai situasi dan kondisi perusahaan yang menjadi dasar pengembangan strategi pemasaran tersebut kemudian mengarah kepada penerapannya.

Dalam implementasi E-Marketing itu sendiri, PR Smith’s SOSTAC® Planning Framework juga harus memenuhi beberapa konten analisa yang tepat terlebih dahulu. Kekuatan dan peluang menjadi sebuah analisa strategi perluasan pangsa apsar yang dapat ditempatkan pada fitur-fitur website. Pengembangan Pasar juga merupakan penekanan yang perlu diperhatikan dalam media digital seperti produk-produk yang dapat dipasarkan dalam sebuah website.

#marketingisntallaboutselling

  1. Please note I, PR Smith, created SOSTAC® and registered it as trademark. It took me 10 years before that to research, develop, refine my planning model which became SOSTAC®. Please can you: (1) Refer to it as PR Smith's SOSTAC® Planning Framework (just like Porter's Competitor Strategy & Ansoff's Matrix). (2) Add the registered trademark ® every time you use the word SOSTAC® Please confirm when you have changed this. Your readers might like to know the following 5 SOSTAC® RESOURCES are available to them: 1. SOSTAC® VIDEO my 4 minute video www.SOSTAC.org 2. SOSTAC® PORTAL www.SOSTAC.org has my 4 min video explaining SOSTAC® + some infographics + an online course for those that want to become 3. SOSTAC® CERTIFIED PLANNERS COURSE (online short course + open book test) + lots of examples of SOSTAC® Plans. www.SOSTAC.org 4. SOSTAC® FACEBOOK & LINKEDIN There is also SOSTAC® Groups on www.facebook.com/SOSTAC and Linkedin https://tinyurl.com/zqfltc2 5. SOSTAC® BLOG Finally, here is my blog www.PRSmith.org/blog (one popular SOSTAC® Planning framework analysis of ‘How Trump Won’). I hope these resources prove useful to you and your readers. Please can you refer to it as PR Smith's SOSTAC® Planning Framework (just like Porter's Competitor Strategy & Ansoff's Matrix). Please can you confirm receipt of this email? Thank you PR Smith

    • Thank you for the correction, Mr. Smith, we have already revised our article according to your request.