Penggunaan Brosur Konvensional Dan E-Brochure

Tidak banyak perusahaan yang masih tekun dalam pencetakan brosur untuk mempromosikan produknya, namun secara umum brosur yang digunakan sebagai sarana beriklan memiliki fungsi yang informatif. Artinya bahwa brosur harus bisa membawa informasi dari produk atau jasa yang tengah ditawarkan. Brosur menjadi bagian yang penting sebagai media beriklan, sehingga buatlah brosur dengan menarik dan unik sehingga mampu menarik konsumen.

Desain brosur yang menarik dan komunikatif akan membuat konsumen mudah menemukan dan mengenali perusahaan. selain itu brosur yang menarik akan memberikan prestise dan kredibilitas tersediri bagi perusahaan anda. Dengan demikian, akan memudahkan anda dalam melakukan pemasaran bagi setiap produk atau jasa yang anda jual, jadi ada baiknya dalam setiap desain brosur yang dibuat harus benar-benar mewakili perusahaan anda.

Munculnya E-Brochure atau brosur elektronik yang dapat diunduh dibeberapa website, menjadi sebuah trik baru bagi perusahaan untuk meminimalisir biaya-biaya pemasaran yang telah diterapkan. E-Boruchure itu sendiri juga akan memudahkan konsumen yang menginginkannya dengan mempersingkat waktu dan kemudahan dalam pengunduhannya.

Yang menjadi sebuah komitmen bagi perusahaan adalah bagaimana menggabungkan kedua jenis media tersebut secara konvensional dan elektronik sehingga terjadi sebuah keseimbangan dalam penggunaan dan penyampaian informasi yang lebih efektif. Bagi perusahaan tentunya perlu tetap untuk memiliki brosur fisik yang akan digunakan untuk mempresentasikan ketika pengguna bertemu secara tatap muka dengan perusahaan.

Kedua media brosur tersebut tentunya tetap harus memiliki konten-konten yang tepat dan bagaimana informasi yang diluar brosur tersebut tidak ditampilkan sehingga menganggu visual bagi pembacanya, hal-hal yang perlu diperhatikan adalah

  1. Elemen dasar dari sebuah desain brosur.
  2. Warna dan foto yang konsisten.
  3. Mudah dibaca, singkat dan ukuran huruf yang friendly.
  4. Judul yang sederhana dan informasi perusahaan yang lengkap.

Dalam hal mengantisipasi penggunaan brosur konvensional yamg tidak efisien, brosur yang dibagikan dapat diberi penjelasan secara rinci dari tiap bagiannya,  diberi kesempatan untuk bertanya atau menggundang pembaca mengenai tanggapan atas isi atau tampilan brosur yang dibuat maupun isi yang terkait. Sedangkan  brosur yang dibuat dalam bentuk elektronik, teknik penyebarannya jelas berbeda dengan yang manual, karena sifatnya terbuka luas  dan bebas diakses dimana saja dan kapan saja bagi siapa yang memerlukannya.

#marketingisntallaboutselling

#imarkethink