Penerapan Sosial Media dibalik sebuah Website E-Marketing

Dalam perkembangan teknologi informasi pada era digital ini, banyak pengusaha yang memiliki perusahaan mengalami keterlambatan dalam mengikuti zaman ini. Beberapa perusahaan telah beralih memanfaatkan teknologi untuk kebutuhan bisnisnya terutama peningkatan penjualan serta efektivitas dan efisiensi dari bisnis tersebut.

Website didukung dengan pemasaran melalui sosial media menjadi sebuah strategi E-Marketing yang berpotensi untuk mendukung perusahaan dari segi memperkenalkan produk hingga peningkatan penjualan. Website menjadi media penyedia informasi yang memiliki fitur-fitur mengenai perusahaan sedangkan sosial media menjadi sebuah media penyebar informasi yang cepat dan mudah. Sangat penting bagi perusahaan untuk memasarkan dan memperkenalkan produk secara online dalam bentuk website dan sosial media yang merupakan salah satu faktor penting dalam pemasaran.

Perusahaan yang diteliti bergerak dalam bidang properti sehingga memerlukan sebuah pemasaran melalui website dan sosial media. Akan tetapi perusahaan tidak cukup hanya dengan memanfaatkan sistem dan teknologi informasi untuk dapat bersaing dengan para pesaingnya, untuk itu perusahaan harus didasari oleh strategi pemasaran sehingga perusahaan memiliki target dan arah yang tepat untuk di capai.

Namun dalam penerapan ini, sosial media tidak dapat diimplementasikan dengan sederhana, perlu adanya pengawasan terutama dalam hal penjualan melalui media tersebut. Hal yang fatal adalah beberapa perusahaan maupun pengusaha yang terjun kedunia sosial media tidak tahu bagaimana membaur dengan lingkungan dialam sosial media tersebut, sehingga beberapa perusahaan telah mengambil langkah yang salah dalam konsep penerapan sosial media ini seperti berharap penjualan langsung dari sosial media tersebut, menggunakan cara licik dengan mendapatkan “Followers” atau “likes”, maupun mengharapkan penuh pada sosial media pada pemasarannya.

            Beberapa kesalahan fatal yang telah diambil oleh perusahaan dalam melangkah kedalam dunia sosial media tersebut tentu harus diantisipasi sehingga pemasaran melalui sosial media dapat diterapkan. Penyesuaian-penyesuaian dalam lingkungan sosial media perlu ditekankan sehingga adanya timbal balik antara pembaca dan penyampai informasi tersebut, hal yang menjadi penting adalah bagaimana menunjukan siapa “kita” didalam sosial media.

#marketingisntallaboutselling

#imarkethink