Dampak Kualitas Website Dari Sisi Pengguna Bagi Pemilik Website

Website menjadi sebuah perantara yang dimanfaatkan oleh pemilik usaha untuk menjalin sebuah hubungan dengan masyarakat yang dituju. Bagi sebuah website itu sendiri, perlu adanya konten-konten yang sesuai dan tepat dengan sebuah tujuan perancangan website tersebut. Tidak hanya sekedar menempatkan konten-konten yang diinginkan oleh perusahaan yang diterapkan didalam website tersebut. Apabila tujuan perancangan website tersebut hanya untuk mempromosikan produk-produk yang ingin disampaikan, maka konten-konten diluar pemasaran tersebut sebaiknya tidak ditampilkan karena pengunjung akan merasa bahwa website tersebut tidak konsisten dengan apa yang ditempatkan.

Adakalanya website akan ditinggalkan oleh penggunanya dalam waktu singkat karena terjadi ketidaknyamanan dari sisi pengguna dalam mengoperasikan website tersebut. Beberapa kejadian yang kerap ditemukan pengguna dalam pengoperasian sebuah website sehingga memutuskan untuk meninggalkan website tersebut seperti :

  1. Jika website tersebut sulit untuk digunakan, maka pengguna website akan meninggalkan website tersebut.
  2. Jika website tersebut gagal untuk menyampaikan apa yang perusahaan tawarkan dan bagaimana cara pengunjung website menggunakan fitur-fitur didalamnya, maka pengguna website akan meninggalkan website tersebut.
  3. Jika pengunjung website merasa tersesat atau sulit menyatakan keberadaannya pada saat sedang menjelajahi website, maka pengguna website akan meninggalkan website tersebut.
  4. Jika informasi yang disampaikan pada website sulit untuk dibaca, maka pengguna website akan meninggalkan website tersebut.

Akan tetapi jika perusahaan benar-benar sungguh dalam menyampaikan informasi yang tepat untuk calon pengunjungnya, maka website dapat menjadi sebuah sarana yang tepat dalam implementasinya. Hal yang menjadi fokus adalah mendesain sebuah website yang efektif yang merupakan suatu hal yang menjadi prioritas, desain web yang dirancang akan berfungsi dalam mempengaruhi konsumen. Pengaruh yang paling diharapkan yaitu desain website tersebut dapat mempengaruhi pengguna website untuk mengambil keputusan membeli maupun akan mengunjungi kembali situs tersebut.

Kualitas dari website tersebut juga harus didukung dengan tanggung jawab dalam memberikan keamanan untuk pengguna, layanan website akan berpotensi meningkatkan kualitas situs tersebut sehingga penekanan pada fitur website menjadi penting. Kepuasan bagi pengguna situs menjadi dampak terhadap setiap pengguna munculnya niat untuk membeli atau mengunjungi kembali situs tersebut.

#marketingisntallaboutselling

#imarkethink