ANALISA PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP CITRA MEREK YANG BERDAMPAK PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BISKUIT KHONG GUAN (STUDI KASUS: PT BIG ROYAL LESTARI)

Oleh: Anastasia Anggraeni (Student of International Marketing) & Dr. Haryadi Sarjono (Head of International Marketing Program)

PT Big Royal Lestari merupakan salah satu pemain besar dalam pasar biskuit di Indonesia, karena mengingat perusahaan biskuit tersebut menempati posisi market leader dalam kategori biskuit assorted di Indonesia dan memiliki pangsa pasar yang mencapai 35% (Budi Hendarto, 2004). Perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 1970 ini memiliki berbagai merek lain seperti Nissin, Monde, dan Serena. Namun, PT Mayora Indah dengan merek dagang Roma berhasil menyalip posisi Khong guan yang pada awalnya perusahaan ini merupakan Market Follower sehingga menduduki posisi penguasa pasar biskuit nomor satu di Indonesia (SWA, 2016).

Dalam penelitian ini membahas mengenai variabel-variabel yang mempengaruhi karakteristik seorang konsumen dalam melakukan keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh hubungan antara bauran pemasaran terhadap citra merek yang berdampak pada keputusan pembelian konsumen pada produk biskuit Khong Guan. Penelitian ini dilakukan terhadap 386 orang responden melalui kuisioner online. Responden merupakan masyarakat Indonesia yang pernah membeli dan atau mengkonsumsi produk biskuit Khong Guan khususnya yang berdomisili di Jakarta atau Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software AMOS v 20 sebagai alat perhitungan guna mengetahui besarnya kontribusi yang ditunjukan oleh antarvariabel secara lebih kompleks dengan menguji hubungan di antara variabel laten dan manifes untuk menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi karakteristik konsumen dalam melakukan keputusan pembelian khususnya pada produk biskuit Khong Guan.