#threeplusone di Diskon Aja, Adaaaaa Aja yang Seru

By: Kezia (Student of International Marketing)

Saya Kezia dari jurusan international marketing, pada semester 6 ini saya memilih untuk mengikuti enrichment program 3+1, dan aku memilih untuk industry track atau bisa di sebut internship. Pertama kali mulai magang asli degdegan banget, demi apapun karena emang sebelumnya belum pernah kerja di kantor secara langsung gitu. Dipikiran aku selalu takut membuat kesalahan atau takut gak disukai. Tapi semua perasaan itu musnahhh pas masuk pertama kali ke kantor. Pada masa internship ini aku memilih untuk bekerja di PT. DiskonAja Indonesia, disini aku banyak belajar banget mengenai e-commerce.

Hari pertama aku masuk kerjaa itu masih terasa degdegan, tapi pada hari itu aku disambut dengan ramah oleh semuaa rekan kerjaa di DiskonAja, mereka ramah ramah dan seru banget. Awalnya sih jaim – jaim gimana gitu karena baru pertama kali berkenalan tapi kelamaan udh mulai asik aja jadi easy going gt, bercanda bareng. Pertama kali aku gak langsung naik ke diskonaja tetapi aku disuruh untuk membantu lensza dulu, lensza itu seperti marketplace yang jual eyewear, softlens, kecantikan, makeup, kesehatan dan lain2. Awalnya tugas aku itu mengupload foto produk yang sangat banyak banget ke dalam website lensza menggunakan magento dashboard mereka. Part yang seru adalah di Lensza aku diajarin mengenai Search engine optimization yang biasa disingkat SEO, dimana SEO ini sangat berpengaruh untuk dunia bisnis E-commerce. Disini aku belajar banyak banget tentang SEO bagaimana memilih keyword yang sesuai, bagaimana membentuk suatu rangkaian kalimat yang menarik perhatian audience dan SEO ini dapat meningkatkan traffic site lohhh. Seru banget deh, pengetahuan yang di dapat juga gak sia sia

Nah setelah selama 1 setengah bulan aku di lensza, akhirnya aku naik juga nih ke DiskonAja. Di DiskonAja aku juga dapat pengalaman yang lebih luarbiasa lagi. DiskonAja itu gak hanya sebagai portal kupon aja, di dalamnya ternyata banyak lagi yang harus diketahui. Diskonaja ini adalah anak perusahaan dari Adpxl, nah Adpxl ini adalah sebuah perusahaan yang menyediakan teknologi native advertising untuk para e-commerce. Di Adpxl ini ada 3 anak perusahaan yaitu diskonaja, ezyhero dan juga konnect. Nah tugas aku ini seperti mencari kontak informasi untuk merchants baru dan juga media partner, influencer, bloggers serta youtubers. Selain itu aku jugaa di berikan kepercayaan untuk memanage relasi merchants partner diskonaja untuk membangun jalinan bisnis lebih erat lagi. Saat menjalanin tugas ini aku mendapatkan pengalaman yang seru banget mengenai proses bisnis antar merchants. Setiap merchants memiliki hubungan kerja yang berbeda beda, mereka memiliki karakteristik sendiri2. Dengan pengalaman tersebut aku mendapat banyak banget ilmu pengetahuan mengenai E-commerce. Selain itu aku juga diberikan kesempatan untuk terjun langsung ke dalam meeting meeting partnership, berbagai macam partner telah aku datangi, merekaa memiliki karakteristik kerja sama yang berbeda2. Selain itu aku juga bertemu banyak banget berbagai macam orang dan tentu saja berkenalan juga sama orang2 baru untuk memperluas koneksi kerja aku sendiri. Selama masa internship aku bisa langsung terjun kedalam suasana meeting dengan klien. Klien yang diadakan meeting kebanyakkan dari aku yang cari. Seperti Honestbee, Media Indoneisa, Nutrimart, Pesona Nusantara, Inap, Cermati, dan banyak merchant lainnya

Dengan mengikuti program ini, pengalaman yang aku dapat sangatlah berharga berbeda banget dimana saat belajar di kampus dan dengan mengimplementasikannya secara langsung dilingkungan kerja. Selain mendapatkan ilmu pengetahuan lebih lagi, aku juga mendapatkan teman teman baru yang seru dan asik. Dengan teman2 rekan kerja baru ini aku bisa bertukar pikiran dengan mereka untuk mengembangkan suatu ide atau memberikan suatu ide. Intinya semua hal yang dilakuin saat masa magang seru dan berharga banget deh. Dimana kita diuji banget untuk pengembangkan diri kita di dunia kerja langsung.

Pada saat menjalankan tugas tentu aku juga mengalami kesulitan pada awal mengerjaakan tugas yang diberikan. Karena hal tersebut hal yang tidak biasa aku lakuin. Tetapi dengan inisiatif aku untuk bertanya, akhirnya aku dapat menyelesaikan tugas – tugas dengan seksama dan juga tanpa ada kekurangan apapun. Semuanya berjalan lancar tidak ada masalah sedikit pun di lingkungan kerja. Hubungan yang aku jalanin dengan rekan rekan kerja tentu baik dan bermanfaat. Saya berterimakasih kepada BINUS yang telah memberikan kepada saya dan juga saya berterimakasih kepada PT. DiskonAja Indonesia yang memperbolehkan saya untuk menjalankan program internship di tempat.