PREFERENSI KONSUMEN STARBUCKS AEON MALL TERHADAP SALES PROMOTION, ASSORTMENT DAN PACKAGING YANG MENDORONG PURCHASE INTENTION DAN DAMPAKNYA PADA BRAND LOYALTY (4)

Oleh: Lidia Vera, SE (Alumni of International Marketing) & Annetta Gunawan, SE, MM (Faculty Member of International Marketing)

Previous article: PREFERENSI KONSUMEN STARBUCKS AEON MALL TERHADAP SALES PROMOTION, ASSORTMENT DAN PACKAGING YANG MENDORONG PURCHASE INTENTION DAN DAMPAKNYA PADA BRAND LOYALTY (3)

Di Starbucks sendiri Sales Promotion seperti Buy 1 Get 1, LINE  Promo dan Free Upsized tersebut biasanya digunakan Starbucks untuk menarik minat customer agar dapat mencoba minuman baru yang dikeluarkan Starbucks setiap season-nya. Namun tidak semua promosi tersebut mendapatkan respon yang positif dari customer karena Assortment atau jenis minuman tidak sesuai keinginan customer dan tiap segmen memiliki kecenderungan untuk memilih ukuran Packaging yang berbeda juga.

Sales Promotion dan Assortment telah terbukti signifikan dapat mempengaruhi Purchase Intention yang nantinya akan berdampak secara tidak langsung pada peningkatan Brand Loyalty Starbucks AEON Mall, lalu Packaging tidak memiliki pengaruh langsung terdahap Purchase Intention tetapi memiliki pengaruh langsung terhadap Brand Loyalty.    

Hasil penelitian ini juga menemukan bahwa dari ketiga variabel tersebut yaitu Sales Promotion memiliki pengaruh yang paling kuat terhadap Purchase Intention dibandingkan Assortment dan Packaging. Dilihat dari nilai koefisien Sales Promotion sebesar 0.525. Hasil tersebut sesuai dengan hasil penelitian terdahulu yang dilakukan oleh Akther, Rizwan, Shujaat & Durrani, 2014 dengan judul “The Impact of Retail Shoes Sales Promotional Activities on Ladies Purchase Intentions” dimana hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara Sales Promotion dan Purchase Intention karena ketika responden merasa kegiatan promosi memotivasi mereka untuk melakukan pembelian, mereka akan sering melakukan pembelian ketika mereka melihat promosi meskipun tidak memiliki niat pembelian sebelumnya.

Selain Sales Promotion faktor yang mempengaruhi Purchase Intention  adalah Assortment yang dalam penelitian ini memiliki nilai koefisien sebesar 0.331. Hasil tersebut berbeda dengan hasil dari penelitian sebelumnya yang berjudul “The Influence of Retail Store Characteristic on Consumer Purchase Intention (Case Study in Multimart Mega Mall Manado)” di mana Assortment tidak berpengaruh pada Purchase Intention. Lalu juga terdapat Packaging yang tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap Purchase Intention namun memiliki hubungan langsung terhadap Brand Loyalty yang dimana pernyataan tersebut didukung oleh penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Packaging dan Brand Loyalty (Dhurup, Mafini & Dumasi, 2014).

Purchase Intention memiliki nilai koefisien sebesar 0.144 terhadap Brand Loyalty sehingga membuktikan bahwa Purchase Intention berdampak pada Brand Loyalty. Niat pembelian pelanggan akan mengembangkan perasaan setia tentang produk atau layanan pelanggan yang pada akhirnya akan mengubah pelanggan menjadi loyal terhadap merek (Goigoi, 2013).

To be continued to: PREFERENSI KONSUMEN STARBUCKS AEON MALL TERHADAP SALES PROMOTION, ASSORTMENT DAN PACKAGING YANG MENDORONG PURCHASE INTENTION DAN DAMPAKNYA PADA BRAND LOYALTY (5)