SPONTANEOUS CHARACTERISTIC OF TALK SHOW PROGRAM VIEWERS IN INDONESIA

By: Nisa Noviyana, SE (Alumni of International Marketing)

Spontaneous Characteristic merupakan segmentasi pemirsa program acara talk show yang memiliki profil demografi jenis kelamin laki-laki dengan tingkat pendidikan Diploma dan Sarjana. Pemirsa pada kelompok segmentasi ini ialah laki-laki, laki-laki merupakan externally focused yang cenderung lebih analitis dan logis (Siddiqui 2016). Oleh karena itu, dengan menyediakan program acara talk show yang bersifat analitis dan logis akan menarik perhatian segmen ini dalam menonton tayangan program acara talk show. Menurut S. Saiganesh & R. Parameswaran (2012) bahwa pemirsa laki-laki memiliki kecenderungan melakukan zapping pada saat iklan dibandingkan pemirsa perempuan, hal tersebut dilakukan karena untuk menghindari iklan dan menonton saluran tv lain yang dianggap lebih menarik. Sehingga tim produksi perlu mempertimbangkan durasi jeda iklan dalam membuat program acara televisi yang memiliki target pasar laki-laki, semakin lama durasi jeda iklan maka semakin besar kemungkinanan terjadinya zapping.

Dalam hal ini karaktersitik preferensi pemirsa pada kelompok segmentasi Spontaneous Characteristic, yaitu pemirsa yang memiliki pertimbangan external factors in choosing talk show program yang terdiri atas impressions dan advertisement.

External factors in choosing talk show program
1. Impressions Jam tayang
Pengaruh keluarga
2. Advertisement Durasi jeda iklan

Untuk menarik perhatian pada kelompok segmentasi ini maka industri pertelevisian dapat mempertimbangkan tiga ide program acara talk show sebagai berikut:

1. Nama Program: NEW PERSPECTIVE

Tentang Program: Membahas obrolan tentang bisnis industri yang tentunya bersifat positif, dengan membangun pebisnis-pebisnis muda ataupun pebisnis yang bukan dari golongan orang mampu di Indonesia, sehingga dapat memotivasi pemirsa yang menonton apabila terdapat kesempatan berbisnis untuk siapapun. Talk show ini dapat dinikmati sebagai tontonan keluarga yang mengedukasi tentang bagaimana caranya membangun bisnis yang baik, kiat-kiat memulai bisnis dengan modal sedikit serta informasi terkait bisnis yang sedang maju saat ini dan di masa yang akan dating, sehingga cocok untuk ditonton secara bersama-sama dengan anggota keluarga lainnya.

Jam Tayang: 19.00 – 20.00 WIB

Durasi Jeda Iklan: 3 – 4 menit

2. Nama Program: Mr. DO

Tentang Program: acara program talk show yang berorientasi pada musik, setiap pelaku acara (host dan performer) memiliki latar belakang sebagai jiwa yang memiliki musikalitas yang tinggi dan penyanyi atau band-band yang memiliki perfroma bagus namun belom terekspos secara luas di media, sehingga dapat memberikan informasi dan pandangan-pandangan terarah mengenai musik yang tentunya juga dapat menjadi pembelajaran bagi pemirsa yang menonton.

Jam Tayang: 20.30 – 21.00 WIB

Durasi Jeda Iklan: 3 – 4 menit

3. Nama Program: KELUARGA KU

Tema Program: membahas obrolan yang fokus pada family oriented sehingga sesuai apabila dijadikan sebagai tontonan keluarga karena akan membahas tentang kegiatan ataupun hal-hal ataupun kegiatan yang dapat menyatukan anggota keluarga satu dengan yang lainnya dengan mengundang ahli psikolog dan keluarga di Indonesia yang dijadikan role model oleh masyarakat pada umumnya.

Jam Tayang: 19.00 – 20.00 WIB

Durasi Jeda Iklan: 3 – 4 menit

#marketingisntallaboutselling

#imarkethink