SEGMENTASI WEDDING ORGANIZER DI KOTA BLITAR

By: Wilyan Adiasari, SE (International Marketing)

Mengacu pada penelitian terdahulu (Ina, 2010) bahwa terdapat 7 segmentasi utama yang ada saat ini yakni Wedding Dream Couple, No Idea at All Couple, Wishy Washy Couple, Familiar Faces Couple, Workaholic Couple, Uncle Scoorage Couple, Socialite Couple. Masing-masing memiliki karakter tersendiri. Sehingga bagi mereka pada pemain binsis Wedding Organizer dapat menentukan mana yang memang sesuai dengan karakter bisnis mereka, untuk natinya akan mereka layani.

Penelitian tersebut telah tervalidasi secara kualitatif untuk area Jakarta, sehingga akan sanget tepat untuk diterapkan pada bisnis Wedding Organizer di Jakarta. Akan tetapi bagaimana dengan kota-kota lain? Padahal seperti kita tau binis Wedding Organizer tidak hanya eksis di Jakarta saja. Walaupun memang benar apabila di lihat dari segi demand, Wedding Organizer di Jakarta sudah tinggi. Terbukti dari aktivitas warga Jakarta yang disibukkan dengan pekerjaan mereka di kantor dari pagi hingga kadang larut malam. Tidak hanya Jakarta Wedding Organizer saat ini juga telah banyak bermunculan di berbagai Kota lainnya di Indonesia. Salah satunya adalah kota Blitar.

Setelah dilakukan penelitian secara kuantitatif di Kota Blitar dengan acuan penelitian sebelumnya. Diketahui bahwa terdapat 3 segmentasi dari Wedding Organizer yang ada di Kota Blitar. Ketiganya adalah Wedding Dream Couple, No Idea at All Couple, dan Smart Couple. Wedding Dream Couple adalah segmentasi dimana pada konsumen telah memiliki gambaran tersendiri mengenai pernikahan mereka. Mayoritas konsumen dari segmentasi ini adalah mahasiswa dimana mereka masih cukup muda dan memiliki rasa ingin tau yang tinggi. Wajar saja apabila mereka sudah memliki gambaran tersebut, karena saat ini kemajuan teknologi telah mengakibatkan mudahnya akses berbagai macam informasi. Akan tetapi, segmen ini berlawanan dengan  dengan segmentasi No Idea at all Couple. Dimana mereka adalah orang yang dapat dikatakan cukup cuek. Sehingga mengakibtakan mereka tidak memiliki gambaran apapun terkait persoalan pernikahan.

Segmentasi yang terakhir adalah Smart Couple. Ini merupakan segmentasi yang cukup unik. Terdapat 3 karakteristik utama pada segmentasi ini. Smart Couple merupakan gabungan dari segmentasi Wedding Dream Couple, Familiar Faces Couple dan Wishy Wasy Couple. Banyak diantara kerabat atau saudara mereka yang pernah memakai Wedding Organizer. Sehingga, adalah mereka menjadi paham tentang pernikahan bahkan telah memiliki gambaran pernikahan mereka sendiri. Akan tetapi pemahaman mereka justru membuat mereka menjadi segmentasi yang cukup plin-plan dalam mengambil segala keputusan terkait pernikahan. Wah, cukup unik bukan segmentasi Wedding Organizer yang ada di Kota Blitar? Termasuk segmentasi yang manakah anda?

#marketingisntallaboutselling #imarkethink