#IMERS JUARA 1 DAN JUARA 3 XFEST BCA CASE COMPETITION: A GLORIOUS VICTORY

Oleh: Annetta Gunawan, SE, MM (Faculty Member of International Marketing)

14720563_10154553165877970_683419925900286146_n

Dengan bangga #imers kembali mempersembahkan kemenangan untuk Binus. Pada Xfest BCA Case Competition yang diselenggarakan oleh BCA bersama Marketeers pada tanggal 12 – 14 Oktober 2016 di Universitas Indonesia (UI) Depok tersebut, Tim Markethinks dan Tim Tienette berhasil meraih Juara 1 dan Juara 3. Selain itu, Tim Garuda Squad juga berhasil meraih posisi Top 5 pada Xfest Video Competition yang diadakan bersamaan dengan Case Competition.

14572840_10154553163532970_2149173402640349736_nProses kompetisi ini dimulai dari awal Oktober 2016 yang lalu, di mana para peserta Xfest Case Competition diminta untuk mengirimkan paper yang berisi analisa dan rekomendasi untuk pemasaran produk e-wallet BCA yaitu ‘Sakuku’. Dari sekian banyak tim yang mendaftar, dipilih 10 tim terbaik untuk mempresentasikan ide mereka melalui rocket pitch pada tanggal 12 Oktober di UI. Keesokan harinya pada tanggal 13 Oktober, kesepuluh finalis diberi kesempatan pula untuk mempresentasikan hasil analisa mereka terhadap mystery case yang dibagikan. Hingga akhirnya ditentukan 5 tim finalis untuk menyajikan presentasi mereka secara penuh untuk membantu BCA dalam memasarkan Sakuku di Indonesia.

14721445_10154553165452970_2848700259035919986_nKelima tim finalis tersebut terdiri dari Tim Markethinks dan Tim Tienette dari Binus University, Tim Exposure dari UI, serta Tim Summacumlaude dan Tim Equlla dari Prasetiya Mulya. Tim Markethinks (Jane Felia, Imam, Michael Kwan) merekomendasikan strategi bagi Sakuku untuk menjangkau pasar mainstream berlandaskan model Technology Adoption Life Cycle dengan tagline ‘Sakuku, Jajan Tanpa Beban’. Sedangkan, Tim Tienette (Fernanda Losaura, Azizah, Aliyah Nurjannah) mengangkat serangkaian program untuk menjaring konsumen serta partnership dengan merchant dengan tagline ‘Sakuku #inicarague’.

Akhirnya setelah melewati proses yang cukup melelahkan namun merupakan pengalaman berharga bagi para peserta, tim yang berhasil menjadi pemenang diumumkan, di mana Juara 1 diraih oleh Tim Markethinks dari Binus, Juara 2 oleh Tim Exposure dari UI, dan Juara 3 oleh Tim Tienette dari Binus. Ketiga pemenang menerima penghargaan langsung dari Pak Armand Hartono selaku Wakil Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA).

14720536_10154553162482970_3721606369375502046_n

Selamat dan terima kasih kepada Tim Markethinks dan Tim Tienette karena telah memberikan yang terbaik bagi Binus, khususnya International Marketing Program dan School of Business Management. Semoga kemenangan ini tidak dijadikan alasan oleh #imers untuk membusungkan dada, namun justru menjadi pemicu semangat untuk terus berkarya demi #GreaterNusantara !