Atomic Habits: An Easy & Proven Way to Build Good Habits & Break Bad Ones

“Atomic Habits” adalah kebiasaan kecil yang merupakan bagian dari sistem yang lebih besar, dengan cara yang sama seperti atom yang merupakan bagian dari molekul. Jika Anda ingin meningkatkan kehidupan Anda atau lebih produktivitas di bidang apa pun, mulailah buat perubahan kecil, bahkan peningkatan 1 persen saja pada setiap kebiasaan sehari-hari. Perubahan kecil tersebut jika dipupuk dan digabungkan dari waktu ke waktu dapat menghasilkan perbaikan yang dramatis.

Untuk membangun Perubahan tersebut terdapat keempat hukum yang dapat dilakukan:

Law #1 – Make it obvious

Cara terbaik untuk memulai kebiasaan baru adalah dengan mengisi lingkungan sehari-hari Anda dengan isyarat/Sinyal dan menghubungkannya isyarat tersebut dengan maksud dan tujuan yang jelas.

misal: “Setiap kali situasi X terjadi, saya akan melakukan Y”.

Law #2 – Make it attractive

Jika Anda dapat membuat kebiasaan Anda menjadi menarik hal itu akan menjadi sangat baik dan tak terelakkan. Buatlah atau tawarkanlah diri Anda hadiah untuk memotivasi Anda untuk bertindak.

Misal: “Jika saya berhasil X, saya akan memberikan diri saya Y “

Law #3 – Make it easy

Semakin mudah Anda melakukan kebiasaan Anda, semakin baik. Cara yang baik untuk mencapai ini adalah dengan memiliki pola pikir belajar secara langsung dan praktis. Hal ini lebih baik daripada hanya hanya membaca ataupun memikirkannya. Lalu Jadikan perilaku baik tersebut secara otomatis melalui pengulangan dan proses berulang.

Law #4 – Make it satisfying

Cara terbaik untuk membiasakan diri bertahan adalah dengan memberi diri Anda hadiah langsung kapan pun Anda melakukannya. Bahkan hadiah kecil yang diberikan secara instan dan langsung akan berhasil.

Rasakan dan resapi sensasi pada diri Anda Ketika anda berhasil bertindak kebiasaan baru untuk meningkatkan diri Anda mengulangi kebiasan tersebut setiap harinya.

Wanda Irawan