The six key types of digital media channels

The six key types of digital media channels

Ada banyak teknik komunikasi online yang harus ditinjau oleh pemasar sebagai bagian dari strategi komunikasi bisnis digital mereka atau sebagai bagian dari perencanaan kampanye pemasaran online. Enam jenis saluran media digital utama untuk menjangkau pemirsa

1 Search engine marketing. Menempatkan pesan di mesin pencari untuk mendorong klik per tayang ke situs web ketika pengguna mengetik frasa kata kunci tertentu.

2 Online PR. Memaksimalkan penyebutan dan interaksi yang menguntungkan dengan merek, produk, atau situs web perusahaan yang menggunakan situs pihak ketiga seperti jejaring sosial atau blog yang kemungkinan akan dikunjungi oleh audiens target Anda. Ini juga termasuk menanggapi penyebutan negatif dan melakukan hubungan masyarakat melalui situs melalui pusat pers atau blog. Ini terkait erat dengan pemasaran media sosial.

3 Online partnerships. Membuat dan mengelola pengaturan jangka panjang untuk mempromosikan online layanan di situs web pihak ketiga atau melalui komunikasi email. Berbagai bentuk kemitraan meliputi pembangunan tautan, pemasaran afiliasi, agregator

4 Interactive advertising. Penggunaan iklan online seperti spanduk dan iklan media kaya untuk mencapai kesadaran merek dan mendorong klik per tayang ke situs target.

5 Opt-in email marketing. Menyewa daftar email atau menempatkan iklan di buletin elektronik pihak ketiga atau penggunaan daftar internal untuk aktivasi dan retensi pelanggan.

6 Social media marketing. Pemasaran media sosial adalah kategori penting pemasaran digital yang melibatkan mendorong komunikasi pelanggan di situs perusahaan sendiri, atau kehadiran sosial seperti Facebook atau Twitter, atau di situs penerbit spesialis, blog, dan forum. Ini dapat diterapkan sebagai media siaran tradisional. Namun, untuk memanfaatkan manfaat media sosial, penting untuk berpartisipasi dalam percakapan pelanggan. Ini dapat dikaitkan dengan produk, promosi atau layanan pelanggan dan ditujukan untuk mempelajari lebih lanjut tentang pelanggan dan memberikan dukungan, sehingga meningkatkan cara perusahaan dirasakan.

Dikutip dari

Chaffey, Dave – Digital Business and E-commerce Management Strategy, Implementation And Practice-Pearson Education Limited (2015)

Dicky Hida Syahchari,ST,MM,PhD