Hindari Mempekerjakan Karyawan Beracun (Toxic Employee)

Compiled by: Nugroho J. Setiadi, PhD

Orcid-ID: http://orcid.org/0000-0002-1864-0116

 

Karyawan beracun (Toxic Employee) sangat mahal untuk organisasi – mereka dapat menurunkan semangat kerja karyawan, membuat pelanggan marah, dan bahkan membawa biaya litigasi. Jadi penting untuk menyingkirkan mereka sebelum mereka bergabung dengan perusahaan Anda. Saat Anda mewawancarai kandidat, carilah tanda-tanda ketidakmampuan. Pertimbangkan untuk mengajukan pertanyaan seperti:

  • Apa yang akan dikatakan mantan atasan Anda tentang Anda – positif dan negatif?
  • Ceritakan tentang saat Anda harus menghadapi stres atau konflik di tempat kerja. Apa yang kamu lakukan?
  • Bagaimana dengan diri Anda yang ingin Anda tingkatkan? Bagaimana dengan hal kedua? Ketiga?

Cari tahu bagaimana kandidat merawat petugas parkir Anda, resepsionis Anda, dan asisten administrasi Anda. Apakah dia ramah dan hormat atau kasar dan merendahkan hati? Akhirnya, lakukan pemeriksaan referensi yang seksama dan selidiki setiap firasat secara menyeluruh.

Diadaptasi dari “How to Avoid Hiring a Toxic Employee,” by Christine Porath

 

Sumber: Porath, C. (2016). How to Avoid Hiring a Toxic Employee. Harvard Business Review.  From: https://hbr.org/2016/02/how-to-avoid-hiring-a-toxic-employee?cm_mmc=email-_-newsletter-_-management_tip-_-tip_date&referral=00203&utm_source=newsletter_management_tip&utm_medium=email&utm_campaign=tip_date&spMailingID=14082489&spUserID=Mzc5MDI3ODgzS0&spJobID=742215189&spReportId=NzQyMjE1MTg5S0.   Retrieved on March 29, 2016.

Nugroho J Setiadi, PhD
  1. Dalam lingkungan organisasi setiap toxic people atau toxic employee akan selalu ada. Tergantung bagaimana pribadi itu sendiri membatasi diri terhadap orang tersebut. Terkadang, untuk memiliki pendirian dalam kehidupan itu penting agar tidak mudah digoyahkan seseorang.

  2. Menurut saya perusahaan harus selektif dalam merekrut karyawan baru karena karyawan toxic dapat mengganggu operasional perusahaan perusahaan serta mengganggu kinerja karyawan yang lain serta hanya menjadi beban bagi perusahaan.Oleh karena itu perusahaan harus membuat kriteria kriteria tertentu ketika merekrut karyawan ARIQ RIZKI.P 2101722694 LE21