PROSES TANDA TANGAN DIGITAL PADA DIVISI OPERASIONAL PT. PC24 COMPUTER INDONESIA

PT. PC24 Computer Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dibidang IT berdiri sejak 24 Januari 1999, menawarkan jasa dan produk IT kepada konsumen yaitu perusahan-perusahaan. PC24 memiliki arti Personal Computer yang melayani konsumernnya 24 jam. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengatasi permasalahan dalam metode memvalidasi dokumen menjadi efisien dan menjadi lebih optimal dengan menggunakan metode Digital Signature.

Penerapan metode Digital Signature pada perusahaan berfokus pada pemangkasan biaya dan waktu dalam memvalidasi dokumen. Dengan legalitas hukum, convenience, keamanan, keabsahan, privacy, integritas data dan biaya yang lebih baik dibandingkan metode lain.

Penggunaan digital signature sendiri merupakan suatu tindakan yang cukup mudah bagi orang yang sudah terbiasa menggunakan komputer. Pada saat “digital signature” di klik, sidik jari digital unik (disebut hash) dari dokumen dibuat menggunakan algoritme matematis. Hash ini sesuai dengan dokumen khusus ini; Bahkan sedikit pun perubahan akan menghasilkan hash yang berbeda. Hash dienkripsi menggunakan kunci pribadi penandatangan. Hash yang dienkripsi dan kunci publik penandatangan digabung menjadi tanda tangan digital, yang ditambahkan ke dokumen (https://www.globalsign.com, 2015).

Dikki Ramanda – 1801445951

Keanu Rizky – 1801393273

Yohanes Albert Sabarico S. – 1801444620

Haryadi Sarjono – D1574