Membantu Seorang Manajer Untuk Menghindari Kesempitan Wawasan

by:  Johann Richard lesnussa (2001615602); Stanislaus S. Bismo O. ( 200161013)

Apakah seorang pemimpin harus memiliki wawasan yang luas? Menurut saya ya, karena sejatinya perjalanan manusia adalah sebuah proses pembelajaran, baik bagi si manusia itu sendiri, maupun bagi manusia lain. Karena itu, bagi siapapun (apalagi seorang manajer) di tuntut untuk memiliki pengetahuan yang luas, relasi yang luas, sehingga keberadaannya di dunia ini tidak bagaikan “bayi dalam guci”. Menurut Moeljono, meskipun kita harus berada dalam “Guci”, tapi kita harus masuk ke dalam guci yang luas, sehingga kita bisa berselancar di dalamnya dan bahkan bisa keluar dari guci kala kita menginginkannya.

Sebagai seorang manajer yang menjadi acuan bagi para karyawan, Anda harus memiliki wawasan yang luas. Organisasi yang di kelola harus selalu mengikuti perkembangan yang ada saat ini sehingga Anda harus selalu menggali informasi, selalu belajar agar wawasannya semakin luas.

 Berikut ini adalah berbagai cara yang dapat dilakukan oleh seorang manajer untuk memperluas wawasannya:

  1. Rajin membaca. Membaca sangatlah penting dalam memperluas wawasan. Dengan rajin membaca banyak pengetahuan yang didapat selain itu membaca juga bisa meningkatkan pemahaman manajer akan suatu masalah yang ada.
  2. Sering berdiskusi. Diskusi merupakan kegiatan bertukar pendapat mengenai sebuah persoalan atau permasalahan. Dengan berdiskusi biasanya terdapat perbedaan pendapat-pendapat mengenai suatu hal, sehingga manajer akan mendengarkan pendapat-pendapat yang berbeda dari setiap orang dan ini akan menambah wawasan seorang manajer.
  3. Memanfaatkan media elektronik dan internet dengan baik dan benar. Media elektronik seperti TV sangat berguna untuk membantu manajer dalam memperluas wawasan yang ia miliki. Penggunaan internet juga dapat membantu seorang manajer dalam memperluas wawasannya, seperti membaca perkembangan tentang isu isu global yang terjadi di Indonesia.

 

Diadaptasi dari “13 Konsep Beyond Leadership,” by Djokosantoso Moeljono


Sumber: Moeljono, D. (2017). 13 Konsep Beyond Leadership. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Review.  From : http://blog.unnes.ac.id/nurulkhairunnisa/2015/11/19/cara-memperluas-wawasan-dan-pengetahuan/Retrieved on May 22, 2018.

Johann Richard lesnussa (2001615602); Stanislaus S. Bismo O. ( 200161013)
  1. seorang manager haruslah memiliki wawasan yang luas untuk memimpin perusahaannya, karena jika memiliki wawasan yang luas dan mengikuti perkembanagn zaman, akan membuat perusahaan terus maju kedepannya, cara-cara unutk memperluas wawasan yang dituliskan artikel diatas sangat berguna untuk diterapkan.

  2. Tentu seorang manager harus memiliki pengetahuan yang luas dan banyak. Karena setiap permasalahan tidak semua dapat di selesaikan sesuai teori saja tetapi membutuhkan pengetahuan yang luas.

  3. memang sudah seharusnya seorang manajer / pemimpin memiliki wawasan yang luas tetapi bukan cuman wawasan,kepintaran aja yang di perlukan, pengalam yang banyak serta mendalam serta luas juga sangat di butuhkan karena menurut saya kalau cuman pinter tapi tidak ada pengalaman itu gak ada gunanya.

  4. seorang pemimpin memang harus memperluas wawasannya , cara-cara diatas bisa diikuti untuk menambah wawasan karena semakin seseorang mempunyai banyak wawasan akan semakin bagus

  5. cara tersebut sangat membantu seorang pemimpin untuk mendapatkan wawasan yg luas

  6. Wawasan yang luas memang akan menguntungkan siapapun . Membaca menjadi hal penting dalam menambah wawasan kita . Berdiskusi dan bertukar pikiran juga menjadi salah satu cara dalam menambah wawasan ,karena pengetahuan tidak melulu melalui buku atau tulisan .

  7. Wawasan yang luas akan menguntungkan siapapun . Untuk itu ,orang-orang harus mau belajar ,dan membaca . Pengetahuan lebih mudah didapat dari buku ataupun internet . Namun ,berdiskusi juga dapat menambah wawasan . Pengetahuan tidak hanya didapat dari membaca ,melainkan “cerita” yang berlalu dalam diskusi .

  8. memang wawasan yang sempit akan sangat mempengaruhi perusahaan. dengan begitu makanya semua orang disekolahkan kurang lebih 16tahun untuk memperluas wawasan dan jarisan yang ada. dan cara-cara diatas hal yang cocok juga untuk memperluas wawasan kita sehingga kita dapat memulai bisnis yang meluas.

  9. Dengan memiliki wawasan yang luas, seorang manager maka akan dapat memecahkan berbagai masalah dengan mudah, ditambah dengan pengalaman yang sudah ia lalui. Dengan wawasan yang luas akan membantu perusahaan untuk terus berkembang dan menjalankan perusahan tersebut.

  10. wawasan luas merupakan salah satu kriteria untuk menjadi pemimpin agar bisa mengajari bawahannya untuk melakukan pekerjaan dalam perusahaan