People Innovation Excellence

Tidak Setuju dengan Seseorang yang Lebih Kuat dari Anda

Compiled by: Nugroho J. Setiadi, PhD

Orcid-ID: http://orcid.org/0000-0002-1864-0116

 

Apa yang harus Anda lakukan bila Anda tidak setuju dengan seseorang yang lebih hebat dari Anda? Mungkin tergoda untuk tidak mengatakan apa-apa, tapi pertimbangkan risikonya (misalnya, sebuah proyek bisa digagalkan, atau Anda bisa kehilangan kepercayaan tim) dan kemudian mempertimbangkannya secara realistis dengan konsekuensi potensial untuk mengambil tindakan. Sebelum Anda membagikan pemikiran Anda, pikirkan tentang apa yang orang kuat peduli – mungkin kredibilitas tim mereka atau menyelesaikan proyek tepat waktu. Saat Anda berbicara, hubungkan ketidaksepakatan Anda dengan tujuan yang lebih tinggi dan bersama. Ini cerdas untuk memberi orang yang kuat “merasa nyaman secara psikologis” dengan meminta izin, seperti, “Saya tahu kita sepertinya bergerak menuju komitmen kuartal pertama di sini. Saya punya alasan untuk berpikir bahwa tidak akan berhasil. Saya ingin menuliskan alasan saya. Apakah itu baik-baik saja?”   Perhatikan bahasa Anda dengan saksama. Hindarilah “kata-kata penghakiman”, seperti “berpandangan pendek,” “bodoh,” atau “tergesa-gesa” – berpegang pada fakta. Tunjukkan rasa hormat sambil mempertahankan harga diri Anda sendiri.

 
Diadaptasi dari
“How to Disagree with Someone More Powerful than You,” by Amy Gallo 

 

Sumber: Gallo, A. (2016). How to Disagree with Someone More Powerful than You. Harvard Business Review.  From: https://hbr.org/2016/03/how-to-disagree-with-someone-more-powerful-than-you?cm_mmc=email-_-newsletter-_-management_tip-_-tip_date&referral=00203&utm_source=newsletter_management_tip&utm_medium=email&utm_campaign=tip_date&spMailingID=14493762&spUserID=Mzc5MDI3ODgzS0&spJobID=781146752&spReportId=NzgxMTQ2NzUyS0.  Retrieved on May 16, 2016.


Published at :
Leave Your Footprint
  1. menurut saya sifat seperti ini harus dihilangkan. tidak ada perbedaan dalam pemikiran. semua orang berhak memberikan pendapatnya walaupun ini terjadi di lingkungan “ketua-anggota”. perbedaan pendapat pasti saja terjadi dan dapat merubah keadaan perusahaan. sesuai dengan yang sudah dijelaskan di artikel diatas yaitu mengutarakannya dengan sopan seperti meminta izin dan hindarilah kata-kata yang menyinggung dan kata-kata penghakiman. disamping itu berilah pendapat yang relevan dengan topik dan logis supaya bisa diterima baik dengan para anggota diskusi.

  2. Saya sepakat dengan apa yang tertulis diartikel. Bilamana seseorang ingin mencapai tujuan yang lebih besar, maka Ia harus sama-sama saling belajar, agar mereka dapat terus berkembang.

  3. Kita memang harus memiliki kepercayaan diri dan jika kita memiliki pendapat, sampaikanlah pendapat tersebut. Semua orang baik bawahan maupun atasan berhak mengeluarkan pendapat maupun ide mereka. Namun terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan jika kita ingin menyampaikan pendapat yakni :
    1.Perhatikan pemilihan kata,gunakan kata yang baik
    2.Nada bicara tidak boleh naik,Karena orang dapat beranggapan yang berbeda
    3.Tidak boleh menyinggung orang lain, dan lain-lain
    Serta hubungkan pendapat dengan tujuan yang lebih tinggi dan bersama

  4. Menemukan seseorang yang lebih daripada kita harusnya bisa menjadi suatu pesan dan motivasi bagi diri kita sendiri. Pelajarilah dari dirinya yang dapat kita contoh. Menjatuhkan seseorang yang lebih dari kita tidaklah baik. Namun apabila kita merupakan orang yang lebih, tidak ada salahnya untuk berbagi dan memberikan manfaat bagi orang lain.

  5. Boleh saja kita tidak setuju dengan pendapat orang lain atau memang pendapatnya salah, tetapi akan sangat baik apabila cara penyampaian ketidaksetujuan kita itu dilakukan dengan cara yang bijaksana. Manusia yang “Berjiwa Besar” adalah manusia yang mampu menghargai pendapat dan keyakinan orang lain sekalipun berbeda dengan pendapat dan keyakinannya.
    Karena dalam pendapat orang lain itu bisa saja ada masukan yang penting untuk diri kita, kelompok kita, atau pun demi kemajuan kita bersama.

  6. Tidak setuju bukan berarti tanpa alasan, tidak setuju bukan berarti iri atau merasa tersaingi. Semua harus berdasarkan alasan dan sebab-sebab yang jelas sehingga lebih kuatnya mereka dibanding diri kita. Namun, kita juga memastikan bahwa kita juga menjadi rekan yang cukup bisa di perhitungkan bagi mereka.

  7. Mempertahankan harga diri dan komitmen diri sendiri adalah hal yang penting, tetapi sangatlah penting untuk saling menghargai pilihan orang lain. dalam suatu kerja tim disanalah diharapkan untuk saling belajar dalam berinteraksi dan memberikan respon terhadap lawan secara baik.

  8. Saya setuju dengan artikel tersebut .
    Kita dapat mengutarakan pendapat kita dengan pemikiran yg matang karena kita adalah bagian dari kelompok tersebut . Penyampaian kalimat yang baik akan menghasilkan diskusi yang baik juga ,sehingga tidak akan terjadi hal yang tidak diinginkan oleh pihak manapun . Setiap orang memiliki hak untuk mengutarakan pendapat mereka dengan catatan ,penyampaian kata juga harus baik .

  9. Dalam perusahaan pastilah ada orang yang memiliki kelebihan atau dapat dikatakan unggul dan kuat dibandingkan dengan kita. Namun saat kita mau mengungkapkan ketidaksetujuan kita pada pendapatnya atau pada hal apapun harus disampaikan dengan bijak dan baik tanpa menjatuhkan dirinya. Intinya jika kita ingin mengungkapkan ketidaksetujuan pada dirinya maka sampaikanlah dengan baik.

  10. Mengapa kita harus mengalah pada orang lain? Karena selama tidak menyangkut hal-hal yang penting, maka mengalah merupakan jalan terbaik dalam hidup berinteraksi dalam kemajemukan masyarakat. Mengalah berarti membiarkan atau mengikhlaskan orang lain merasakan dirinya lebih hebat atau lebih pintar daripada kita.

    Dengan mengalah, tidak akan ada yang berkurang dari diri kita. Mengalah bukanlah identik dengan takut. Mengalah berarti mampu menaklukan diri kita sendiri. Karena sebagai manusia tidak mudah bagi kita untuk mengalah. Apa sih yang kita takuti? Tapi intinya tentu bukan untuk mempertontonkan kehebatan diri masing masing, melainkan mengikhlaskan orang merasa lebih daripada kita.

  11. menghadapi situasi seperti yang digambarkan pada artikel ini, memberitahu kita bahwa berkomunikasi dengan baik adalah penting. pandai berkomunikasi dengan baik adalah dapat menggunakan kata-kata yang tepat pada berbagai situasi yang kita hadapi. dalam unkasus ini seringkali banyak kita temui, seperti berbeda pendapat, atau saling beradu argumen. dalam situasi ini kita dituntut untuk bisa saling menghargai adanya perbedaan pendapat antar rekan kerja atau orang yang akan kita jadikan partner. jika memang tidak memungkinkan, sebaiknya kita tidak perlu memaksa, tetapi berikan penjelasan dan alasan kita , agar dapat mengerti dengan baik

  12. Terkadang jika kita berbeda pendapat dengan orang yang lebih tinggi jabatannya atau lebih kuat kita sering malu atau tidak berani untuk mengutarakanya karena takut dimarahi atau dipecat. menurut saya sebagai orang yang kedudukannya lebih rendah dan ada berbeda pendapat tetap diutarakan namun dengan tutur kata yang baik supaya orang tersebut tidak emosi. tetap berani berpendapat meskipun orang depan kita lebih kuat. bisa jadi dari pendapat kita lebih baik dari pada pendapat orang yang lebih kuat.

  13. Saya setuju dengan apa yang tertulis di artikel. Jika kita ingin menentang orang yang memiliki “power” lebih besar dari kita, maka kita harus memperhatikan cara bicara kita agar tidak menyinggung, dan kita harus bisa menerima dengan lapang dada apabila pendapat kita ditolak dengan fakta yang lebih konkrit. Karena itu juga bisa menjadi suatu pembelajaran bagi kita.

  14. Dalam memberikan pendapat kita harus melakukan dengan baik dan rendah hati, dan kita coba utarakan maksud kita tidak tergesa-gesa sehingga tidak terkesan memaksa atau memojokkan. Dengan cara seperti yang ada di article di atas, saya setuju. Dan kita tentu juga harus menghargai pendapat orang lain. Dan tentu sebelum kita menyampaikan pendapat kita, kita harus mengevaluasi apakah langkah yang akan kita gunakan akan bermafaat atau tidak.

  15. Menurut saya sebaiknya sifat seperti itu harus dihilangkan karna ketika kita tidak setuju dengan seseorang yang lebih kuat, seharusnya kita membuktikan kemampuan kita skill kita bisa lebih baik dari beliau, jangan malah merasa iri dan dengki harus itu menjadi tantangan supaya kita mampu bersaing secara sehat dalam sebuah bisnis atau proyek.

  16. jika ada seseorang lebih hebat dari kita itu akan menjadi pelajaran untuk belajar menjadi lebih hebat juga. tetapi langkah yang diberikan juga tepat,tetapi pada dasarnya semua orang dapat mengutarakan hak dan pendapatnya masing-masing dan saling menghargai.

  17. menemukan seseorang yang jauh lebih kuat/lebih bagus dari kita seharusnya menjadikan itu sebagai motivasi diri kita untuk semakin lebih baik lagi.
    menjadikan pelajaran pada diri kita sendiri.
    serta selalu renda hati.

  18. saya setuju, jika kita kurang setuju dan merasa janggal dengan pendapat orang yang lebih berpengaruh dari kita, kita dapat menyangga dengan kalimat yang sopan agar tidak berkecil hati.

  19. kelas : LA21
    saya setuju dengan artike diatas , semua orang berhak memberikan pendapatnya

  20. semua orang dalam perusahaan memiliki hak untuk bependapat tanpa melihat kedudukan/status. kadang rasa takut lah yang menyebabkan seseorang untuk tetap diam namun jika anda bebrbicara dengan sopan dan menggunakan bahasa yang baik serta memiliki alasan yang jelas dan kuat, tentunya atasan dapat menerima pendapat anda

  21. sebagai manusia kita berhak menyampaikan pendapat ataupun kritikan

  22. di dalam team perbedaan pendapat merupakan hal yang biasa , tetapi kita harus menyambut poerbedaan tsb bukan malah membuat menjadi ricuh kita ambil makna penting, di tampung dan di rembukan bersama team agar mencapai tujuan bersama2

  23. Menurut saya, jika seseorang ingin mencapai tujuan yang lebih besar, maka Ia harus sama-sama saling belajar agar mereka dapat terus berkembang dan mengenal satu sama lain.

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close