People Innovation Excellence

Gunakan Standar Tinggi untuk Memotivasi Karyawan

Compiled by: Nugroho J. Setiadi, PhD

Orcid-ID: http://orcid.org/0000-0002-1864-0116

 

Karyawan terus-menerus memperhatikan pemimpin mereka untuk memahami jenis orang mereka. Jadi salah satu hal terpenting yang bisa dilakukan oleh para pemimpin adalah menuntut standar yang tinggi. Sementara standar rendah menyebabkan komitmen rendah, standar tinggi memberi energi, bahkan untuk karyawan yang paling memiliki motivasi sendiri. Tapi pilih arena Anda dengan hati-hati. Jika Anda menuntut kesempurnaan dalam setiap aspek kinerja, Anda akan tampil sebagai tiruan tirani. Pilih satu atau dua hal yang ingin diketahui, seperti selalu dipersiapkan untuk rapat, bersikeras pada kualitas produk, atau mendukung layanan pelanggan yang prima. Apapun standarnya, konsisten menjunjung tinggi dan menuntutnya dari orang lain.

 
Diadaptasi dari
  “Followers Don’t See Their Leaders as Real People,” by Nathan T. Washburn and Benjamin Galvin

 

Sumber: Washburn, N. T., and Galvin, B. (2017). Followers Don’t See Their Leaders as Real People. Harvard Business Review.  From: https://hbr.org/2017/01/followers-dont-see-their-leaders-as-real-people?referral=00203&utm_source=newsletter_management_tip&utm_medium=email&utm_campaign=tip_date&spMailingID=17193348&spUserID=Mzc5MDI3ODgzS0&spJobID=1020753252&spReportId=MTAyMDc1MzI1MgS2.    Retrieved on May 10, 2017.


Published at : Updated
Leave Your Footprint
  1. Menjadi pemimpin yang sempurna tentu sulit dilakukan . Apalagi beberapa karyawan akan menganggap “sempurna” itu sulit untuk diikuti . Menjadi pemimpin tidak harus sempurna disemua aspek . Tetapi ,sebagai pemimpin ,tentu kita juga harus memiliki standard yang sebaiknya mampu diikuti oleh bawahan . Dengan memiliki standard ,organisasi akan menjadi terlihat lebih teratur (disiplin) .

  2. standar kerja yang tinggi akan memotivasi karyawan supaya selalu meningkatkan kinerja mereka. Apapun proses bisnis yang dilakukan, pasti semuanya butuh perkembangan atau perbaruan dalam hal apapun sehingga dapat berkompeten dalam lingkungan bisnis

  3. Memiliki standar yang tinggi dalam suatu perusahaan merupakan hal yang bagus untuk memotivasi karyawan, namun sebagai pemimpin kita juga harus memperhatikan faktor lain dan tetap memberi arahan pada bawahan. Membangun hubungan yang baik dan tetap memperhatikan kinerja setiap bawahan untuk memotivasi kinerjanya.

  4. setiap pemimpin pasti punya standar kerja masing-masing. standar tersebut akan memotivasi karyawan menjadi lebih baik lagi, pemimpin pasti memiliki kriteria yang khusus dan dapat membuat karyawan lebih bersemangat dalam bekerja kepada bawahannya .
    tetapi semua itu pasti membutuhkan proses, tergantung bagaimana diri kita menjalankannya.

  5. Menjadi pemimpin mempunyai tugas yang berat dan tidak semua orang bisa melakukannya dengan secara instan. Standar untuk suatu pekerjakan yang telah ditugaskan pasti memiliki standar yang tinggi unutk hasil yang lebih baik. Jika saja pemimpin mempunyai standar yang rendah maka karyawan lebih cenderung mengikuti dan akan berakibar buruk. Tetapi jika pemimpin itu sendiri menetapkan standar yang tinggi maka karyawan akan lebih merasa bertanggung jawab untuk mengerjakan tugasnya. Standar tinggi ini juga akan mengakibatkan nilai perusahaan yang meningkat akibat pempimpin dan karwayan yang hebat.

  6. merlin claudya-201560036
    kelas : LA21
    satndar yang tinggi itu bisa memotivasi karyawan agar bisa menyelesaikan semua pekerjaannya sesuai dengan standar tersebut , jika karyawan bisa mencapai hasil pekerjaan dengan standar yang tinggi maka itu bagus juga untuk perusahaan tersebut .

  7. tugas seorang pemimpin salah satunya adalah memotivasi. memotivasi karyawan adalah satu hal yang wajib dilakukan oleh pemimpin. maka dari itu motivasi pemimpin sangat mempengaruhu kinerja karyawan. jika pemimpin menetapkan standar yang tinggi maka karyawan akan teru berusaha agar mencapai target tersebut. jika karyawan diberi standaar yang tinggi oleh pemimpinnya , maka kinerja karyawan akan semakin komitmen .

  8. saya setuju, dengan memiliki standart yang tinggi maka secara tidak langsung karyawan akan mengikuti atasan nya karena kalau tidak maka karyawan itu akan tertinggal jauh di bawah yang di mana akan berakibat buruk pada karyawan tsb

  9. Standar yang tinggi dapat memotivasi karyawan supaya bekerja lebih giat. namun standar tinggi tersebut harap dibentuk secara realistis yang sekiranya dapat dicapai oleh karyawan. Jika standar yang diberikan terlalu tinggi dapat memungkinkan karyawan tsb berbuat curang untuk mencapai target tsb.

  10. Standar yang tinggi sangat perlu digunakan oleh suatu perusahaan. Jadi pemimpin harus menerapkan standar yang tinggi sebagai cara untuk memotivasi karyawan dalam meningkatkan kinerja mereka. Standar yang tinggi ini diberikan tidak hanya menuntut karyawan untuk terus meningkatkan kinerja mereka namun para pemimpinnya juga harus mencontohi dan meningkatkan kinerjanya juga.

  11. Menurut Saya, memang standar kinerja yang tinggi akan memotivasi karyawan. Akan tetapi perlu dilihat satu hal bahwa untuk membuat standar kinerja yang tinggi maka kita juga harus memerlukan biaya yang tinggi.

  12. Memiliki standar setidaknya karyawan dapat mengetahui kriteria apa yang seharusnya dilakukan agar tidak lewat dari seharusnya. Jadi, dengan standar mereka juga termotivasi untuk bisa mencapai lebih dari standar yang diterapkan. Peran pemimpin juga perlu untuk selalu menengok kembali setiap kerjanya juga memberikan arahan agar semuanya terkendali dengan baik.

  13. Standar tinggi memang sangat diimpikan oleh para pemimpin pada suatu kegiatan. oleh karena itu, perlulah menukarkan motivasi yang membuat karyawan menjadi berpikir yang sama agar kegiatan berjalan dengan sangat profesional. Tidak hanya itu, pemberian motivasi yang terus menurus akan merubah pola pikir bawahan yang mungkin sebelum dilakukan suatu motivasi belum ada bayangan dan jalan keluar terkait kegiatan tersebut.

  14. Karyawan adalah aset berharga yang dimiliki setiap perusahaan. Tanpa kinerja yang baik dari karyawan, dapat dipastikan perusahaan akan mengalami kesulitan. Sebagai manajer kita harus bertanggungjawab membangun karyawan yang lebih baik. Untuk itu dibutuhkan motivasi positif. Untuk memotivasi karyawan, kita butuh lebih dari sekedar kata-kata, tetapi juga tindakan.

  15. Menurut saya manager harus dapat memberikan standar dalam hal apa yang harus dicapai oleh karyawan, sehingga karyawan akan termotivasi untuk mengejar standar tersebut. standar yang ditetapkan juga harus berdasarkan kemampuan rata-rata karyawan. Dan jangan lupa berikan contoh berupa aksi sebagai manager yang dapat ditiru baik oleh karyawan.

  16. saya setuju dengan artikel ino, terutama untuk memotivasi karyawan.. dengan standar yang tinggi, kita bisa saja membuat karyawan kita termotivasi terutama dalam hal pemberian kompensasi di atas standar sedikit.

  17. menurut saya menetapkan standar tinggi memberikan pengaruh yang cukup besar. seperti yang sudah disebutkan pada artikel ini, dengan standar tinggi memberikan energi yang besar dan memberikan motivasi, tetapi dalam konteks ini kita harus mengetahui ada beberapa keterbatasan yang dimiliki, oleh karena itu jangan menuntut segalanya harus sempurna, karena tidak semua aspek harus sempurna, tetapi bila dilakukan dnegan sepenuh hati, dengan niat yang baik, dan berusaha untuk memberikan yang terbaik tanpa berpikir negatif maka tidak ada yang tidak mungkin. mungkin tidak sesempurna yang diharapkan, tetapi setidaknya ada usaha keras di baliknya, membuat segala sesuatu menjadi bernilai

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close