People Innovation Excellence

Dapatkan Kepercayaan Karyawan Anda dengan Menunjukkan Bahwa Anda Mempercayainya

Compiled by: Nugroho J. Setiadi, PhD

Orcid-ID: http://orcid.org/0000-0002-1864-0116

 

Kebanyakan orang melakukan pekerjaan terbaik mereka saat mereka tahu manajer mereka mempercayai mereka. Jika mereka khawatir Anda mengira mereka malas, tidak mampu mengarahkan tingkah lakunya, atau kurang memiliki integritas, mereka tidak mungkin menerima umpan balik atau pembinaan dari Anda. Jadi, ganti cara Anda untuk mendapatkan kepercayaan karyawan Anda dengan menunjukkan asumsi positif tentang mereka. Berikan tugas yang menantang, dengan keyakinan yang jelas dan percaya diri bahwa harapan Anda akan terpenuhi. Jangan menyembunyikan informasi, atau menganggap orang akan salah menafsirkannya. Sebagai gantinya, kedepankan transparansi. Cobalah menambahkan item agenda “through the grapevine” ke pertemuan sebagai cara informal yang menyenangkan bagi orang-orang untuk berbagi informasi perusahaan yang mereka dengar, sehingga Anda dapat mengkonfirmasi atau menghilangkan rumor tersebut. Ketika manajer menunjukkan asumsi positif, karyawan akan merespons dengan baik.

 

Diadaptasi dari “If Employees Don’t Trust You, It’s Up to You to Fix It,” by Sue Bingham

 

Sumber: Bingham, S. (2017). If Employees Don’t Trust You, It’s Up to You to Fix It. Harvard Business Review.  From: https://hbr.org/2017/01/if-employees-dont-trust-you-its-up-to-you-to-fix-it?referral=00203&utm_source=newsletter_management_tip&utm_medium=email&utm_campaign=tip_date&spMailingID=16925129&spUserID=Mzc5MDI3ODgzS0&spJobID=1000221530&spReportId=MTAwMDIyMTUzMAS2.  Retrieved on April 4, 2017.


Published at : Updated
Leave Your Footprint
  1. Terkadang kita juga harus dapat mempercayai hasil kerja karyawan. Hal tersebut juga dapat memotivasi karyawan tersebut agar bekerja lebih giat, kita sebagai manajer tidak boleh meregukan karyawan. Anggaplah karyawan sebagai rekan kerja, dan bukan bawahan Anda.

  2. “Untuk apa saya mempercayai dia disaat dia saja tidak mempercayai saya ?”
    Begitulah kata orang-orang . Sebelum kita berharap banyak mengenai kepercayaan orang terhadap kita ,lebih baik kita terlebih dulu percaya kepada mereka . Bukankah kita membutuhkan mereka ? Untuk itu ,percayalah kepada mereka ,mereka juga akan memberikan feedback yang baik kepada kita .

  3. Menurut saya ketika atasan mempunyai kewibawaan yang positif itu akan bisa mempengaruhi kinerja para karyawannya. Tingkatkanlah sikap positif pada setiap hal yang dijalani dan juga percayakan bahwa karwayan akan menjalankan tugas dengan lancar dan sesuai dengan aturan yang berlaku, sehingga ketika karyawan mendapat kepercayaan yang telah dititipkan pada atasan mereka akan merasa mempunyai tanggung jawab. Kepercayaan sebagai bentuk motivasi secara tidak langsung yang di berikan pada karyawan, dengan seperti itu karyawan akan berusaha semaksimal mungkin untuk bekerja.

  4. seorang manager harus mempercayai bawahanya. itu menurut saya adalah hal dasar yang harus dimiliki oleh seorang atasan. bila kita mempercayai karyawan kita maka kita juga akan di percayai oleh bawahan kita. mreka secara tidak lgsg akan berfikir bahwa bos kita mempercayai kita dan senang dengan kita, otomatis mreka akan bekerja secara optimal dan efektif untuk memajukan perusahaan tsb.

  5. Salah satu sikap buruk manusia adalah memikirkan hal buruk seseorang dan itu belum tentu benar. Nah menurut saya, jika manager itu sendiri memberikan sikap positif ke karyawan/anggotanya, maka anggota pun akan meresponnya dengan positif. Hubungan yang positif akan memberikan kesan pekerjaan yang nyaman

  6. dengan menjalin hubungan saling percaya antara atasan dan bawahan maka akan tercipta kinerja yang baik dan produktivas yang tinggi. dimulai dengan atasan yang mampu mempengaruhi bawahannya dengan memberikan respon yang baik terhadap bawahannya dan konsisten memberikan sikap positif. hal tersebut membuat para bawahannya merasa dihargai

  7. mendapatkan kepercayaan seornag memang susah, tetapi jika sudah mendapatkan kepercayaan orang tersebut kita harus bisa mempertahankannya. tetapi biasanya mempertahankan lebih sulit dari pada mendapatkan

  8. hal yang dapat dilakukan adalah membuat diri kita sebagai manager yang dapat dicontoh dengan karyawannya, dengan hal itu karyawan dapat terdorong untuk memberikan penilaian postive terhadap kinjerja kita dan karyawan tidak sungkan untuk menunjukan profesionalisme mereka juga. hal itu dapat mebuat hubungan timbal balik yang bagus dalam hal kepercayaan saat bekerja.

  9. suatu hubungan dengan siapapun harus dilandasi dengan kepercayaan. baik hubungan dengan client, karyawan, pasangan, rekan bisnis, dll. kepercayaan sangat penting dalam suatu hubungan karena dapat mengarahkan ke arah tujuan yang lebih jelas. namun kepercayaan sangat sulit untuk didapatkan. apabila kita sudah mendapatkan kepercayaan dari seseorang maka jagalah kepercayaan tersebut

  10. Ketika kita adalah pemimpin dari perusahaan
    dan memiliki karyawan maka lakukanlah asumsi agar bawahan bisa merasakan kenyamanan dan memberikan kepercayaan kepada mereka dengan usaha yang mereka lakukan, meragukan bawahaan dalam suatu pekerjaan memang tidak disalahkan namun sebaiknya berikan dukungan agar mereka bisa berkembang.

  11. Kita sebagai pemimpin, harus mampu dipercaya oleh bawahan kita jika kita mampu membuat mereka lebih baik lagi. Tetapi saat kita mempercayai bawahan kita, maka bawahan kita akan lebih percaya pada kita dan menghargai kita lebih lagi.

  12. Sebagai seorang pemimpin kita harus mempercayai bawahan kita dengan sungguh – sungguh sehingga mereka dapat termotivasi dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang ada di perusahaan. Jika seorang pemimpin memberikan karyawan suatu tugas yang menantang itu berarti pemimpin tersebut mempercayainya, karena tugas yang menantang membawa tanggung jawab yang besar sehingga sebagai karyawan harus melaksanakannya dengan baik dan benar.

  13. Kita sebagai pemimpin harus mempunyai wibawa yang sangat baik agar karyawan lebih menghargai kita dan kita harus mempercayai hasil kerja karyawan kita

  14. dalam bekerja secara team seperti atasan dengan bawahan untuk medapatkan hubungan kerjasama yang baik yaitu kepercayaan karena dengan saling mempercayai , karyawan akan merasa termotivasi dan memberikan hasil yang baik atas pekerjaannya .

  15. “Ketika manajer menunjukkan asumsi positif, karyawan akan merespons dengan baik” saya sangat setuju dengan kalimat tersebut. dengan cara seperti ini karyawan akan berfikir bahwa pemimpinnya mempercayainya. dan karyawan akan mersasa sanggat dipedulikan ketika pemimpin sangat respect dari hal yang sekeceil apapun sampai yang besar. tanggung jawab pemimpin terhadap karyawan sangat besar. jika kamu menanam kebaikan pasti kebaikan akan timbul kepadamu lagi.

  16. kembali ke topik harus menjalin hubungan dengan bawahannya dengan memberikan kepercayaan nya kepada karyawan tsb dapat membangun hubungan dengan bawahannya namun sebagai pemimpin jangan mempercayai 100% kepada tangan kanan kita karena akan berdampak buruk pada kita sendiri sebagai pemimpin karena akan menjadi boomerang yang akan menyerang kita kembali jika kita tidak jeli atau terlalu mempercayain bawahan kita

  17. Agar kinerja karyawan perusahaan kita tidak menurun , maka sebaiknya yang dapat kita lakukan adalah menghargai dan mempercayai karyawan kita dalam mengembangkan perusahaan kita. Hal tersebut dapat memotivasi karyawan untuk dapat meningkatkan dan mempertahankan kinerjanya yang bagus tersebut. Namun kita tidak hanya mempercayai juga , tetapi kita juga harus tetap mengawasi dan mengontrol mereka agar tidak salah jalan

  18. Saya sangat setuju dengan apa yang dibahas di artikel ini, karena kepercayaan itu dapat membuat seseorang menjadi semangat dan juga diyakini dapat meningkatkan kreativitas dari karyawan itu sendiri.

  19. dengan cara seperti itu, maka hubungan kita dengan karyawan akan tercipta dan dapat memperat hubungan kita dengan karyawan.

  20. Untuk dapat mudah mendapatkan kepercayaan dari orang lain/atasan cobalah kita berusaha untuk membuktikan bahwa kita itu bisa sesuai dengan apa yang diharapkannya. Biasanya mereka juga akan menghormati kita apabila kita juga mau mendukung dan mengikuti apa yang diharapkannya. Tetapi disini juga peran atasan/orang yang mempercayai untuk merangkul kita juga penting. Mereka harus anggap para bawahannya/sesamanya sebagai teman agar tercipta kerjasama yang baik.

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close