Lebih Banyak yang Diselesaikan Saat Anda bepergian

Compiled by: Nugroho J. Setiadi, PhD

Orcid-ID: http://orcid.org/0000-0002-1864-0116

 

Terkadang kunci untuk menjadi produktif di jalan adalah memikirkan diri sendiri pada orang ketiga, sebagai seseorang yang Anda butuhkan untuk secara hati-hati dan sengaja memengaruhi. Misalnya, buat janji temu sendiri – jadwalkan tugas di kalender Anda, dan pertimbangkan tenggat waktu perusahaan mereka. Jika Anda memiliki penerbangan yang panjang, buat beberapa komitmen yang masuk akal untuk menyelesaikan sesuatu, tapi juga memberi waktu untuk relaksasi dan kesenangan. Jika Anda mengerjakan sesuatu yang memerlukan waktu tambahan, temukan titik pemberhentian saat Anda benar-benar berada dalam alur – ini akan membuat Anda lebih antusias memungutnya lagi nanti. Bila Anda telah menyelesaikan sebuah tugas, mintalah kebiasaan untuk berhenti dan merasakan kepuasan yang didapat – duduklah di kursi pesawat atau di tempat tidur hotel Anda, dan nikmati dengan gembira karena telah menyelesaikan sesuatu yang sulit. Ini menciptakan koneksi saraf baru yang menghubungkan produktivitas dengan kesenangan dan bukan rasa dendam.

 

Diadaptasi dari “How to Get Work Done on the Road,” by Joseph Grenny

 

Sumber: Grenny, J. (2015). How to Get Work Done on the Road. Harvard Business Review.  From: https://hbr.org/2015/11/how-to-get-work-done-on-the-road?cm_mmc=email-_-newsletter-_-management_tip-_-tip_date&referral=00203&utm_source=newsletter_management_tip&utm_medium=email&utm_campaign=tip_date&spMailingID=13886353&spUserID=Mzc5MDI3ODgzS0&spJobID=740261585&spReportId=NzQwMjYxNTg1S0.   Retrieved on March 4, 2016.

Nugroho J. Setiadi
  1. Seperti kata pepatah "Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian", disini nkita dapat melihat bahwa sesuatu yang menyulitkan akan menjadi kepuasaan pada saat kita telah menyelesaikan problem-problem yang sulit(tugas) dan kita akhirnya dapat merasa ketenangan jika semua itu telah selesai kita lalui.

  2. Biasanya yg sulit sulit atau ujian akan menaikan drajat manusia, maka dari itu sulit dahulu baru santai atau senang senang, dari pada senang senang terlebih dahulu kemudian merasa sulit, itu tidak akan membuat kita keluar dari zona kesulitan menuju kesenangan

  3. Dua puluh tahun dari sekarang, Anda akan lebih dikecewakan oleh hal-hal yang tidak Anda lakukan dibanding hal-hal yang telah Anda lakukan.' -Mark Twain Seperti yang dikatakan oleh Mark Twain . kita pasti tahu bahwa waktu tak mungkin berputar dan terulang kembali. Dengan fakta tersebut, kita dapat belajar untuk tidak menyia-nyiakan setiap kesempatan yang datang. Karena waktu akan terus bergerak maju, jadi selagi masih bisa, ambil setiap kesempatan dan manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Jangan terbiasa untuk menunda apapun, karena dengan kebiasaan buruk tersebut, tanpa kita sadari sudah banyak kesempatan yang terbuang sia-sia. Jangan sampai kita merasa menyesal di kemudian hari karena sudah melewatkan kesempatan yang ada.

  4. LC21 menjadi seorang pemimpin tidaklah mudah. pekerjaan yang dilalui seorang pemimpin pastinya akan lebih sulit daripada anggotanya. pekerjaan sulit yang biasanya dilalui pemimpin salah satunya adalah pengambilan keputusan. keputusan yang dibuat pasti akan memperhatikan segala aspek. mempertimbangkan segala aspek yang akan mempengaruhi keputusan yang anda ambil. analisa lah tiap-tiap pilihan yang ada dan lihatlah apa dampak buruk yang mungkin akan terjadi. setelah membuat keputusan, pasti pemimpin membutuhkan ketenangan karna sudah berfikir keras untuk menentukan perjalanan perusahaan. semua itu akan diganti dengan hal yang setimpal sehingga pemimpin mempunyai gaji yang lebih besar daripada anggotanya.

  5. Memang sebaiknya menyelesaikan dahulu pekerjaan kita barulah kita dapat bersenang-senang . Dengan selesainya tugas-tugas kita ,kita juga akan lebih tenang dalam menjalankan aktivitas lain nya . Dahulukan apa yg lebih penting .

  6. Menurut saya, kita tentu boleh bersenang-senang tetapi harus tahu batasnya. begitu pula dengan kerja juga. Tentu kita kerja keras untuk memberikan hasil yang maksimal tetapi tentu kita tidak boleh memaksakan diri juga untuk selalu bekerja tanpa beristirahat untuk menikmati hidup. Karena sejujurnya badan kita juga membutuhkan istirahat relax sejenak.

  7. memang sudah seharusnya jika kita diperhadapkan dengan tugas ataupun ujian sesauatu, kita harus menyelesaikan semuanya terlebih dahulu baru kita akan merasakan kesenangan atas apa yang sudah kita kerjakan.

  8. Nama : Christine Abraham NIM : 2001543944 Kelas : LC21 Menjadi produktif disaat anda sedang berada di luar juga merupakan hal yang bagus dan baik, karena selain pekerjaan menjadi lebih cepat terselesaikan anda menjadi lebih tenang dan dapat menikmati waktu anda saat sedang sendiri ataupun saat sedang berlibur. Memprioritaskan mana hal yang harus dikerjakan terlebih dahulu lalu baru melanjutkan kegiatan yang anda inginkan.

  9. memang terasa sulit untuk membagi waktu antara pekerjaan dan kesenangan pribadi.kita harus menurunkan ego kita untuk menyelesaikan tugas terlebih dahulu dan baru menikmati kesenangan pribadi yang dapat merefleksikan pikiran ,tenaga yang sudah dikerjakan

  10. dengan melakukan berpergian, dapat membuka wawasan dan dapat menjaga tubuh agar tetap segar. juga dapat menghindari hal yang disebut stress. dengan berpergian, hal yang dapat diselesaikan lebih vepat, dan membuka wawasan lebih luas

  11. Mengatur waktu dan menenangkan diri sangat penting karna mempengaruhi banyak hal. Dalam mencapai kesenangan maka dengan menyelesaikan tugas-tugas yang telah di amanatkan. Maka dari itu time management juga diperlukan.

  12. Seperti yang kita ketahui tidak adanya pencapaian yang didapat dengan mudah. Kita harus berusaha dan berjuang jika ingin mendapatkan sesuatu yang maksimal sehingga lebih baik bekerja keras sekarang dan kita akan menikmati hasilnya saat apa yang kita inginkan telah tercapai nantinya. Berusahalah semaksimal mungkin tanpa mengeluh dan putus asa.

  13. Suatu perencanaan hendaknya dirancang dengan sistematis dan terperinci agar bisa mendapatkan hasil yang sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Suatu perencanaan tidak boleh mempersulit tahapan-tahapan yang akan diambil sebagai dasar untuk melakukan perencanaan. Selain itu, perlu juga memberikan semangat dan kepercayaan diri terhadap semua langkah-langkah yang sudah dianggap baik sehingga suatu perencanaan tersebut bisa menghasilkan tujuan yang baik pula.

  14. Usaha tidak akan mengkhianati hasil yang akan dicapai. suatu saat nanti kita akan merasakan dari buah kepahitan saat ini. selesaikanlah tugas dan kewajiban secepat mungkin dengan baik dan jangan menunda-menunda. Orang Jepang mempunyai prinsip apabila kita menunda pekerjaan atau tugas sama saja dengan menambah pekerjaan. Mereka sangat menghargai waktu karena waktu adalah uang "Time is money". Prinsip ini bisa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Jika saat ini kita melihat orang yang sukses saya yakin dahulu mereka bekerja keras untu mendapatkan hasil saat ini karena kesuksesan tidak didapat dengan mudah. sebisa mungkin kita menjadi orang yang produktif dimanapun dan kapanpun

  15. Mendahulukan tugas/pekerjaan memang melelahkan. Tetapi percayalah Anda akan bisa lebih menikmati waktu kosong Anda dengan kegiatan yang menyenangkan. Jangan sampai waktu kosong Anda, digunakan untuk masih mengerjakan sebagian dari tugas/pekerjaan Anda. Maka totalitaskan pada tiap waktu yang ada

  16. dalam kita menjalani proses hidup agar bisa sukses, kita harus berusaha dulu dengan sebaik-baiknya agar kita dapat meraskan kerja keras kita bahwa kita kerja sekeras apapun ternyata tidak pernah sia-sia.

  17. untuk merasakan kesenangan yg benar-benar hakiki hendaknya kita menyelesaikan pekerjaan yg diberikan telebih dahulu supaya kita dapat menghabiskan waktu luang tanpa beban pikiran

  18. LA21 setiap pekerjaan kita harus menyelesaikannya tepat waktu , agar semua pekerjaan mendapatkan hasil yang baik kita harus melakukan hal seperti yang dikatakan diatas misalnya buat janji temu sendiri – jadwalkan tugas di kalender Anda, dan pertimbangkan tenggat waktu perusahaan mereka.

  19. bepergian/refreshing sangat dibutuhkan oleh pekerja siapapun itu, itu dapat menjernihkan dan me refresh lagi otak, karena dapat memengaruhi kualitas kerja seseorang, namun sebelum bepergian harus dipastikan perkerjaan sudah selesai, karena jika di tunda akan membuat bepergian menjadi tidak tenang, alangkah baiknya di dahulukan yang lebih penting.

  20. Dalam melakukan sebuah pekerjaan diperlukan prioritas, kita dapat melakukan ataupun menyelesaikan pekerjaan yang mana yang lebih penting dan dimanapun kita berada. Namun dalam memprioritaskan pekerjaan, kita perlu juga yang namanyaa refreshing atau waktu sendiri untuk menghilangkan penat yang ada.

  21. kita pasti bangga apa bila apa yg kita kerjakan di beri apresiasi seperti ibarat kerja keras kita tidak sia-sia namun bekerja berlebihan dapat menimbulkan stress dan gangguan kejiwaan oleh karena itu hal yang di butuhkan adalah rehat/istirahat ambil lah liburan sesaat agar pirikran fresh dan tenang

  22. Sesuatu yang menyulitkan akan menjadi kebanggaan pada saat kita telah menyelesaikan tugas yang berat dan kita akhirnya dapat merasakan keberhasilan jika semua itu telah selesai kita lalui.

  23. Kerja yang berlebihan dapat menyebabkan hasil kerja yang tidak produktiv, kita juga memerlukan rehat yang dapat jasmani dan rohani kita untuk memberikan performa yang makasimal

  24. Memang lebih baik jika kita menyelesaikan pekerjaan dahulu ,namun jika ada hal yang sangat penting anda boleh saja mengabaikannya dulu

  25. Menurut saya hidup itu memang harus seimbang. Tak selamanya kita harus ada didalam posisi serius, jika dalam sebuah tugas dan seseorang berada dalam tekanan makan hasilnya tidak akan produktivitas. Kenyamanan dan fokus memang menjadi salah satu kunci keberhasilan sebuah tugas. Kita harus mengetahui bagaimana posisi kita sekarang, bertanggung jawab dengan apa yang kita harus selesaikan dengan tepat waktu.

  26. bagi para pekerja, waktu adalah uang maka mereka harus sepandai mungkin untuk mengelolah waktu mereka dalam bekerja dan membahagiakan diri mereka yang juga bisa jenuh dengan pekerjaannya dan keduanya harus seimbang karena keduanya adalah "hidup" bagi mereka dan jika salah maka mereka akan "mati"

  27. Waktu sangat relate kepada produktifitas seseorang. Bagaimana caranya seseorang itu menggunakan waktunya se efisien dan efektif mungkin. Jika sebagai manajer atau pemimpin kita harus menggunakan waktu sebaik mungkin dan se manfaat mungkin. Tapi bukan berartti kita tidak beristirahat. Istirahat yang cukup sangat harus untuk mencukupi jasmani seseorang . Maka dari itu aturlah jadwal keseharian kita agar lebih produktif (banyak yang dilakukan) dikala waktu senggang dan sempit.

  28. Menyempatkan mengerjakan tugas saat berpergian dapat menjadi salah satu solusi baik untuk meningkatkan produktifitas. Mengefisiensikan waktu adalah hal yang penting bagi karyawan maka dari hal itu banyak cara untuk mengoptimalkan hal tersebut, seperti kasus diatas menyelesaikan tugas saat dipesawat, hal ini dapat dilakukan untuk menyelesaikan tugas disertai ketenangan.

  29. menurut saya hal terpenting dalam melakukan segala hal yang banyak harus di lakukan adalah dengan kita dapat mengatur waktu kita sebaik mungkin. dengan hanya dapat mengatur waktu kita sebaik mungkin, bila kita memiliki tugas yang bnyk dan padat, kita dapat menyelesaikanya dengan baik bila kita bisa membagi waktu dengan baik.

  30. Kunci menjadi produktif kadangkala merupakan penyeimbangan antara pekerjaan dan kesenangan. Selain menjadi lebih produktif, pikiran pribadi pun tidak ikut terbebani oleh pekerjaan.

  31. Menyelesaikan sebuah pekerjaan dan tanggung jawab kita adalah hal yang wajib bagi diri kita. Tetapi hidup kita pun harus balance. Ada saatnya kita sibuk dengan pekerjaan dan merasa sangat cape dan ada juga waktu untuk bersenang2 dan rileks melupakan pekerjaan sejenak.

  32. Menjadi produktif akan mendapatkan benefit. Dan menjadi penyeimbang dalam pekerjaan.

  33. Keseimbangan antara bekerja dan hiburan haruslah seimbang, agar hidup kita menjadi bahagia dan tidak stress. Setelah kita berhasil mencapai target, alangkah baiknya kita menikmati hasil keberhasilan kita sejenak. Dan tentunya tidak secara berlebihan, masih berada dalam batas-batas yang wajar dan bisa diterima.

  34. Masa depan nanti kita akan lebih banyak merasakan dikecewakan,gagal maupun keberhasilan,namun harus didukung dengan refreshing

  35. Dengan adanya pekerjaan yang banyak bisa membuat kita menjadi stress. Sehingga diperlukan waktu untuk kita dapat mengetahui kapan waktunya kita benar benar lelah. Jangan memaksakan untuk mengerjakannya. Berhenti lah sejenak untuk beristirahat

  36. Keseimbangan antara fokus dan berlibur harus dapat dimaksimalkan dengan baik

  37. Ya sebagai seorang pekerja kita memerlukan hiburan untuk merelaksasikan pikiran kita. Dan kita dapat menyelesaikan tugas kita disela sela waktu liburan

  38. Adil adalah kunci utama. Adil pada diri sendiri. Kerja dengan giat, serta istirahatkan diri dengan baik pula. Work hard play hard

  39. Disaat kita bekerja kita memang membutuhkan liburan untuk menenangkan pikiran kita tetapi dalam liburan itu kita juga harus tetap produktif sehingga jika ada masalah kita bisa menyelesaikannya di sela - sela liburan kita.

  40. Adanya istirahat sejenak dan menikmati hasil pekerjaan yang telah dilakukan akan berkaitan pada produktivitas pada masa depan karena telah melakukan hal - hal kecil yang sangat berpengaruh misalnya bangga akan diri sendiri dll

  41. Refreshing sangat dibutuhkan oleh karyawan, itu dapat membantu dan membuat otak terasa tidak terbebanin, karena dapat memengaruhi kualitas kerja seseorang, namun sebelum bepergian harus memastikan perkerjaan sudah selesai, karena jika ditunda akan membuat liburan menjadi tidak tenang, alangkah baiknya didahulukan yang lebih penting.

  42. Terkadang, seseorang yang memiliki posisi penting di perusahaannya cenderung terikat dengan pekerjaan yang belum ia selesaikan. Secara tidak langsung, hal ini dapat berdampak ketika ia sedang berlibur. Sebagai konsekuensi, ia harus menyelesaikan pekerjaan yang tersisa pada saat ia berlibur. Dalam hidup kita memang selalu memilih, jika anda ingin gaji yang besar, tentu akan sebanding dengan beban pekerjaan yang dilakukan.

  43. Semua yang memiliki keuntungan besar akan memiliki resiko yang besar pula, sehingga kita harus dapat memilih waktu terbaik dan disiplin terhadap aktivitas di hidup kita terhadap yang prioritas.

  44. Menurut saya, penting adanya keseimbangan antara bekerja dan hiburan. Dengan begitu, hidup kita menjadi dinamis dan terhindar dari kondisi stress. Untuk sejenak merayakan pencapaian target, nikmati keberhasilan dengan beristirahat sejenak dan pergi berlibur.

  45. Terkadang ketika bekerja, kita juga memerlukan liburan untuk menenangkan pikiran sejenak dari pekerjaan. Namun terkadang ketika kita sedang berlibur juga masih ada pekerjaan yang hendak diselesaikan, terutama ketika memegang posisi yang penting di perusahaan. Maka dari itu dibutuhkan manajemen waktu yang baik sehingga dapat tetap produktif dalam bekerja dan dapat tetap beristirahat ketika berlibur

  46. Hari yang melelahkan setelah melakukan sekian banyak perkerjaan berat tentunya pantas untuk diakhiri dengan apresiasi terhadap apa yang telah anda lakukan. Tidak perlu berupa sesuatu yang besar, dengan hal-hal kecil terkadang anda bisa dapat lebih memaknai hakikat keberhasilan akan suatu pencapaian. Selain untuk mengapresiasi diri sendiri, hal ini juga penting untuk memastikan kita tetap melakukan pekerjaan dengan baik dan teoat. Baik tepat waktu maupun tepat dengan standar yang telah kita terapkan sendiri. Mengaty=ur segala sesuatunya sebelum dilakukan membantu anda untuk dapat menyelesaikan lebih banyak hal apabila anda dapat berkomitmen dengan jadwal yang telah anda susun sebelumnya.

  47. Terkadang melakukan hal-hal yang produktif memang bagus untuk mengisi waktu yang kosong. Tapi, ada juga waktunya dimana Anda harus menyisihkan waktu relaksasi. Relaksasi disini bukan berarti Anda melepas tanggung jawab sepenuhnya, melainkan "pergi sejenak" untuk memulihkan energi Anda dari rutinitas yang sibuk. Dengan perjalanan jauh justru dapat membuat Anda melakukan lebih banyak hal tapi tidak terlalu membebani (mungkin karena didukung faktor yang berupa tidak adanya tekanan seperti di kantor). Misalnya, buat meeting sendiri dimana Anda dapat menjadwalkan tugas, menuliskan skala prioritas di planner. Anda boleh fokus ketika melakukannya tapi jangan lupa memberi waktu untuk relaksasi dan kesenangan. Bila Anda telah menyelesaikan sebuah tugas, nikmati waktu istirahat Anda dan bersenanglah karena telah menyelesaikan sesuatu yang sulit.

  48. Titik pemberhentian, setiap kita yang bekerja atau beraktifitas padat sangat diperluka untuk memiliki titik pemeberhentian. yang dimaksudkan adalah untuk kita berrefreshing terhdap diri dengan lingkungan sekitar atau keadaan sekitar untuk mengincharge lagi energi kita yang telah kita keluarkan untuk pekerjaan kita, sedikit reward atau apresiasi diri. titik pemberhentian tersebut dapat kita tentukan sendiri, yang terpenting adalah kita tidak melupakan atau melarikan diri dari tanggung jawab kita dan tetap berkomitmen dan displin dalam melakukan dan menyelesaikannya. Maka dari itu saya stuju dengan artikel diatas, mengenai bagaimana kita dapat menyelesaikan pekerjaan kita dengan baik dan benar.

  49. Tentu Anda harus menyiasati pekerjaan yang harus diselesaikan ketika Anda bepergian. Ada yang menyiasatinya ketika dia sedang memiliki waktu luang dalam liburannya, bahkan ada yang menyiasatinya bekerja sambil berwisata kuliner. Semakin pintar Anda menyiasatinya, liburan aman, pekerjaan juga aman

  50. Ketika melakukan sebuah pekerjaan, lebih baik melakukan yang sulit sulit dahulu. Karena dengan melalukan yang sulit kita dapat melihat kekurangan kita dan bisa memperbaiki lagi

  51. Ada baiknya kita kerjakan pekerjaan yang menurut anda penting terlebih dahulu, akan tetapi jangan memaksakan pekerjaan tersebut apabila anda merasa stress dalam bekerja, karena akan mengakibatkan suatu masalah. Ada baiknya anda melakukan refreshing atau liburan untuk menghilangkan kepenatan

  52. Menurut saya hidup itu memang harus seimbang. Tak selamanya kita harus ada didalam posisi serius, jika dalam sebuah tugas dan seseorang berada dalam tekanan makan hasilnya tidak akan produktivitas. Kenyamanan dan fokus memang menjadi salah satu kunci keberhasilan sebuah tugas. Kita harus mengetahui bagaimana posisi kita sekarang, bertanggung jawab dengan apa yang kita harus selesaikan dengan tepat waktu.

  53. Saya sangat setuju dengan apa yang dikatakan di artikel tersebut. Kita wajib memanjakan diri kita sendiri, agar kita selalu terjaga kesehatannya dan juga setelah memanjakan diri kita dapat menuangkan ide-ide baru yang lebih luar biasa.

  54. Liburan memang sangatlah baik untuk menghilangkan stress dalam bekerja tetapi kita boleh lupa dengan pekerjaan kita,alangkkah baiknya kita menyelesaikan tugas perusahaan dahulu dengan baik dan benar lalu beristirahat agar saat kita sedang istirahat atau liburan kita tidak perlu lagi untuk pusing memikirkan perkejaan atau tugas yang belum terselesaikan