People Innovation Excellence

Selesaikan Konflik dengan Rekan dari Jarak Jauh

Compiled by: Nugroho J. Setiadi, PhD

Orcid-ID: http://orcid.org/0000-0002-1864-0116

 

Apa cara terbaik untuk mengatasi perselisihan dengan seseorang yang bekerja di lokasi yang berbeda? Pertama, cobalah untuk memberi rekan Anda keuntungan dari keraguan. Karena Anda tidak memiliki konteks bersama – Anda tidak duduk di gedung yang sama, mengalami suasana yang sama, melihat hal yang sama – mudah untuk membuat asumsi tentang bagaimana rekan Anda merasa atau mengapa dia bertindak seperti dirinya. Angkat telepon atau jadwalkan waktu untuk melakukan video call. Mulai percakapan dengan menyoroti kesamaan Anda, yang bisa membantu membangun jembatan. Jika Anda masih belum bisa menyelesaikan masalah ini, Anda mungkin perlu meminta bantuan orang lain. Untuk mencegah konflik lebih lanjut, cobalah melakukan perjalanan ke kantor kolega Anda, jika itu memungkinkan, atau undang dia ke rumah Anda.

Diadaptasi dari “Resolve a Fight with a Remote Colleague,” by Amy Gallo

 

Sumber: Gallo, A. (2016). Resolve a Fight with a Remote Colleague. Harvard Business Review.  From: https://mail.google.com/mail/u/1/#label/Management+Tip+of+the+Day/152d4d95b53b49c4.    Retrieved on February 12, 2016.

 

 


Published at : Updated
Leave Your Footprint
  1. Menyelesaikan konflik yang lebih baik adalah kita memohon permintaan maaf terlebih dahulu walaupun dia yang berbuat kesalahan. Terdengar aneh namun dengan cara begitu, kita bisa meredam perselisihan yang terjadi dan membuat kita bisa lebih dewasa lagi.

  2. Jika terjadi konflik dengan rekan yg jauh kita dapat menggunakan teknologi untuk memperbaiki hubungan misalnya menggunkan layanan video call. Namun menurt saya alangkah lebih baiknya jika ingin memperbaiki hubungan hendaknya ditemui secara langsung agar lebih baik. Secara etika orang timur memang harus begitu

  3. menurut saya dalam mengatasi perselisihan atau konflik yang terjadi tetapi dengan seseorang yang berbeda lokasi dengan anda, maka anda bisa dengan menelfon dia kemudian berbicara dengan baik-baik membicarakan masalah apa yang sedang terjadi. dan menurut saya apa yang sudah tertulis sangat baik dan efektif untuk diatasi serta dilakukan.

  4. memang jarak biasanya menjadi masalah jika adanya permasalahan di suatu cabang bisnis. saya ingin menambahkan point yang sudah tertera di artikel diatas. mungkin solusi lain adalah memperkerjakan orang yang sudah mengenal kita atau yang sudah kita percayai untuk mengatur segala permasalahan yang ada di lokasi tsb. kita dalami dulu permasalahan yang ada lalu mencari solusinya. tetapi tidak kalah penting, kita harus berkomunikasi dulu dengan rekan kita yang berbeda lokasi tsb, supaya terhindar dari sikap menjauhi permasalahan yang ada. semua permasalahan pasti ada solusinya, jangan lupa dengan emosi yang terkontrol untuk menghindari masalah lain yang mungkin terjadi antar rekan.

  5. memang sering terjadi konflik dalam pekerjaan, baik dengan rekan yang sering kita temui maupun rekan jarak jauh. itu adalah hal yang wajar dalam bekerja. tetapi, kita harus tau cara menyelesaikan masalah tersebut dengan baik-baik. artikel di atas sangatlah membantu bagi kita yang sedang ada masalah dalam pekerjaan.

  6. Konflik saat tidak berada di lokasi yg sama memang dapat menghambat pekerjaan kita . Sebaiknya ,kita cepat menyelesaikan masalah kita dengan orang tersebut agar kita dapat bekerja dengan tenang tanpa memikirkan masalah komunikasi dengan rekan kita . Mungkin kita harus bersikap lebih dewasa jika kita memiliki pendapat yg berbeda dengan rekan kerja kita . Dengan begitu ,hubungan kita dan rekan kita akan tetap harmonis .

  7. Konflik merupakan hal yang wajar terjadi karena adanya kesalahpahaman, untuk menyelesaikan konflik di lokasi yang berbeda lebih sulit daripada konflik biasa karena kita tidak tahu persis apa yang terjadi sehingga dibutuhkan pemikiran yang terbuka untuk menilai konflik tersebut dan coba melihat dari sudut pandang orang yang sedang terlibat konflik serta memberikan pendapat yang tidak menyudutkan salah satu pihak

  8. Nama : Christine Abraham
    NIM : 2001543944
    Kelas : LC21
    Tips yang dibagikan sangat baik, karena menurut saya memilki suatu masalah dengan rekan kerja itu dapat membuat konsentrasi menjadi terpecah dan menjadi tidak mood dalam melakukan segala hal. Apalagi saat suatu ketika nanti kita membuat project dan harus bekerja sama dengan orang tersebut. Cara terbaiknya adalah dengan memulai suatu obrolan terlebih dahulu lalu meminta maaf terlebih dahulu. Jangan menunggu orang tersebut yang meminta maaf terlebih dahulu, karena alangkah baiknya jika kita menyadari kesalahan terlebih dahulu.

  9. Saya setuju dengan artikel diatas. Dalam menyelesaikan konflik kita harus menggunakan kepala dingin dan melihat dari beberapa sisi. Kita tidak boleh melihat hanya dari 1 sisi tanpa mempertimbangkan berada di posisi orang tersebut. Alangkah baiknya jika konflik diselesaikan secara tatap muka agar tidak memperkeruh masalah dan dibicarakan secara baik-baik. Konflik memang sering terjadi namun yang lebih penting adalah bagaimana kita menyelesaikan konflik tersebut tanpa menimbulkan masalah lainnya.

  10. Dalam menghadapi konflik, ada baiknya menyelesaikan dengan bertemu atau face to face atau direct meeting. dalam direct meeting, banyak hal yang dapat terjadi, entah konflik tersebut dapat selesai atau dapat menjadi buruk. pastikan dalam menyelesaikan konflik, situasi hati dan kepala dalam kondisi dingin. namun, jika situasi tidak memungkinkan untuk bertemu langsung, menyeelesaikan konflik dengan jarak jauh tidak buruk juga. juga dapat menjaga hubungan agar tetap baik

  11. Jarak adalah tantangan dalam hubungan karna dapat memancing kesalahpahaman dan spekulasi aneh-aneh. Tips yang disuguhkan diatas telah benar,keep in touch dan berusaha memperbaiki keadaan itu benar. Jika memang tidak bisa,maka face to face jalan yang efektif karna kedua belah pihak dapat terbuka,mengerti tinggi nada bicara dan maksud yang telah disampaikan secara jelas. Konflik seperti ini dapat menghambat pekerjaan,maka dari itu diselesaikan tanpa dendam yang tertinggal.

  12. Aji hajar baskoro
    Lc21
    2001589005
    Memberikan umpan balik kepada rekan kita apabila terjadi konflik adalah hal yang baik. Konflik juga adalah hal yang lumrah terjadi. Jadi ada baiknya kita menyelesaikan masalah yang terjadi dengan segera walaupun melakukan komunikasi jarak jauh.

  13. Jika ingin memperbaiki hubungan. Lebih baik di temui langsung agar tidaak terjadi miskom

  14. Sesilia Vanessa Audelia
    2001542582
    LC21
    Menyelesaikan perselisihan harus diselesaikan dengan baik-baik. Disarankan untuk menyelesaikan masalah secara lamgsung ( bertatap muka, bertemu dan sejenisnya) agar masalah tidak berlarut-larut. Menyelesaikan perselisihan juga bisa tidak harus bertemu secara langsung apabila keadaan tidak memungkinkan. Namun penyelesaian masalah secara tidak langsung terkadang menimbulkan kesalahpahaman.
    Apabila kita mengalami perselisihan kita harus telaah dulu kira-kira apa yang menjadi akar masalah. Kemudian diskusikan secara baik-baik agar ketemu titik tengah agar berdamai.

  15. Terpaut jarak memang merupakan salah satu faktor penghambat terselesaikan suatu konflik atau masalah, terkadang akan jauh lebih sulit untuk menyelesaikan masalah bila rekan kita berjarak jauh dengan kita. Maka dari itu, kita harus terus menghubungi dia dan berkontak terus dengan rekan kita tersrbut, jelaskan dengan sejelas-jelasnya agar tidak terjadi miskomunikasi.

  16. untuk menyelesaikan konflik yang terjadi kita cari tau terlebih dahulu kenapa konflik itu terjadi kemudian mencari cara intuí mengatasinya kemudian dibicarakan dengan baik-baik dengan rekan tersebut.

  17. Dalam menyelesaikan konflik tapi berharap seseorang yang memulai menyelesaikan konflik itu tidak akan terjadi karena saling menunggu dan tidak ada yang mulai duluan. dengan begitu, turunkan ego dan mulai duluan berkomunikasi dengan rekan tersebut karena itu sangatlah mulia dan rekan tersebut pasti akan tersanjung. Dilakukannya cara-cara diatas akan memudahkan menyelsaikan konflik yang ada.

  18. walaupun kita menyelesaikan konflik secara jarak jauh, maka emosi tetap harus dikontrol agar konflik tersebut dapat terselesaikan dengan baik, menyelesaikan konflik dengan emosi yg meluap-luap akan percuma karena konflik tersebut tidak akan terselesaikan melainkan akan menambah konflik yg baru

  19. untuk menyelesaikan konflik agar salah satu harus mengalah dengan minta maaf terlebih dahulu . jika kedua-duanya tidak ada yang mau mengalah dan berusaha menganggap diri mereka sendiri yang paling benar ini akan membuat masalah makin susah diselesaikan .

  20. Dalam menyelesaikan masalah kita harus berlapang dada meminta maaf dengan tulus walaupun jika bukan salah kita tapi lebih baiknya kita meminta maaf dahulu,agar tidak adanya konflik berkepanjangan.

  21. jika terjadi konflik dengan rekan yang jaraknya jauh dari kita, kita dapat menggunakan/memanfaatkan teknologi yang ada, seperti chat, email, telp, video call untuk mencairkan suasana, dan menggunakan kalimat yang sopan dan bersahabat, karena menyelesaikan suatu masalah dengan rekan kerja sangat penting, jagalah hubungan anda dengan rekan kerja dengan baik.

  22. Saya setuju dengan pendekatan cara mengatasi konflik berbeda lokasi tersebut. Sebab kita harus menemukan suatu persamaan agar konflik tersebut reda . Dan berusaha agar mempertemukan kedua belah pihak . Atau dengan terus berkomunikasi dengan baik agar menemukan solusi yang terbaik . Komunikasi paling penting dalam segala hal

  23. Rendi Reynaldi
    LA21
    2001578790

    Menurut saya,dalam menyelesaikan konflik atau perselisihan kita lebih baik bertemu secara langsung agar lebih mudah dalam penyampaian pesan sehingga dapat menyelesaikannya dengan mudah

  24. Menyelesaikan konflik yang baik itu secara empat mata,agar masalah cepat terselesaikan dan tidak terjadi lg konflik,menghindari konflik itu kita harus dapat mengatur emosi kita

  25. Dalam menyelesaikan konflik atau permasalahan lebih baik kita bertemu langsung agar permasalahan yang terjadi bisa cepat diselesaikan dengan musyawarah.

  26. Saya setuju dengan artikel diatas dalam menyelesaikan konflik jarak jauh seperti menggunakan teknologi seperti aplikasi video call atau alat komunikasi lain agar mempermudah kita dalam memperbaiki hubungan atau konflik.konflik tersebut harus dilintasi saling memaafkan oleh kedua orang tersebut

  27. menurut saya dalam mengatasi perselisihan atau konflik yang terjadi namun dengan seseorang yang berbeda lokasi dengan anda, maka anda dapat menggunakan kecanggihan teknologi pada zaman sekarang yaitu dengan cara menyelesaikan via telfon suara maupun video seperti yang tertulis di artikel diatas atau bahkan jika boleh saya tambahkan, jangan menunggu sampai masalahnya lebih rumit, alangkah lebih baik jika memang jaraknya masih bisa ditempuh maka sebaiknya anda langsung saja menyelesaikannya dengan cara bertatap muka agar masalah dapat terselesaikan dengan lebih jelas, cepat, dan baik.

  28. dalam menyelesaikan sebuah konflik harus menggunakan kepala dingin dan alangkah baiknya berbicara dengan baik-baik membicarakan masalah apa yang sedang terjadi.

  29. Pada zaman sekarang ini komunikasi virtual sudah canggih dan pastinya membantu kita untuk terhubung dengan mudah, akan tetapi akan lebih baik melakukan pertemuan secara face to face. karena pertemuan langsung lebih memperjelas masalah apa dan bagaimana cara kalian mengatasinya tengan jujur daripada dengan video virtual.

  30. saya setuju jika terjadi konflik dan jarak yang jauh untuk kita bertemu face to face maka kita bisa memanfaatkan teknologi pada jaman sekarang untuk membahas dan berbicara masalah yang ada dengan kepala dingin, diskusikan dengan baik baik dan jangan terpancing oleh emosi.

  31. Menyelesaikan konflik dengan rekan jarak jauh dapat dilakukan dengan membangun jembatan komunikasi yang lebih intens. Untuk mencegah konflik lebih lanjut, cobalah melalui jalan orang ketiga atau melakukan perjalanan ke tempat rekan itu berada.

  32. saya setuju dengan artikel tersebut undang dia ke rumah anda dan bicarakan secara dewasa dan jangan menggunakan emosi karena emosi hanya memperburuk keadaan

  33. Berinteraksi dengan rekan dengan berbeda jarak adalah suatu hal yang harus memiliki rasa saling mengerti satu sama lain, karena apabila salah satu pihak tidak bisa membangun relasi itu maka hal yang sulit untuk dikerjakan mersama dalam sebuah tim.

  34. Dalam mengatasi kendala pada tempat kerja atau kantor,salah satunya harus mengikuti perintah kantor pasti ada yang namanya peraturan. Sebagai salah seorang bagian dari kantor Anda, tentu memiliki kewajiban untuk menaati peraturan tersebut. Menaati peraturan kantor juga menjadi salah satu cara terbaik menghindari konflik di tempat kerja yang bisa lakukan.Cara ini juga bisa menghindarkan berkonflik dengan atasan. Orang yang pertama kali bertanggung jawab atas adalah atasan . Bisa saja konflik terjadi saat tidak menaati peraturan kantor.

  35. Menurut saya dengan musyarawah namun jika masih terjalin juga masalah memang harus ada inisiatif dari pihak a dan b

  36. Konflik dapat muncul karena adanya kesalahpahaman disaat orang yang bertikai tidak mengerti posisi mereka satu sama lain. Untuk itu kita harus bisa memposisikan diri kita pada posisi mereka. Dan bila sudah terjadi konflik, segeralah perbaiki agar tidak berkelanjutan.

  37. Mempunyai konflik membuat seseorang tidak dapat berfokus pada sebuah pekerjaannya karena akan membuat orang tersebut memikirkan cara menyelesaikannya. Lebih baik dibicarakan secara dewasa dan diselesaikan secepatnya sebelum pekerjaan2 akan bertambah banyak dan tidak dikerjakan dengan maksimal

  38. Menyelesaikan konflik dengan rekan kerja yang jauh memang lebih sulit diatasi karena kita cenderung tidak terlalu mengenal rekan kerja kita tersebut. Selain itu komunikasi juga tidak bisa dilakukan secara langsung sehingga mungkinnya terjadi kesalahpahaman. Namun bila hal ini terjadi solusi penyelesaian masalah dengan berinteraksi lewat social media adalah hal pertama yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan konflik atau bisa lewat telfon atau video call dan bila memungkinkan akan jauh lebih baik bila permasalahan dibicarakan secara langsung. Dengan cara membuat janji bertemu dengan rekan kerja.

  39. Menyelesaikan konflik dengan rekan kerja yg jauh jaraknya atau beda kantor maka akan sedikit susah karna akan semakin menyulitkan saling berkomunikasi baik utk meminta maaf atau yg lain. Kerugian lain bila terjadi konflik menjauhkan relasi

  40. Gunakan kepala dingin dan sikap yang baik dalam menyelesaikan konflik. Jadilah pribadi yang bijaksana dan adil. Itu akan membantu dalam menyelesaikan suatu konflik dengan cara yang baik.

  41. Masalah merupakan suatu hal yang secepatnya harus diselesaikan, karena jika suatu masalah tidak segera di selesaikan dan berlarut-larut, maka masalah yang semula biasa saja Bisa-bisa berubah menjadi lebih besar. Maka alangkah baiknya menyelesaikan masalah secepatnya dan dengan kepala dingin.

  42. Didalam suatu bisnis sering terjadi konflik karena adanya kesalahpahaman atau kurangnya komunikasi akibat rekan kerja yang berbeda tempat/jarak. Untuk menyelesaikan masalah tersebut sebaiknya kita meminta maaf atau membicarakan hal tersebut melalui telfon, atau lebih baik bertemu langsung agar bisa mengetahui akar permasalahan tersebut.

  43. Walaupun kita tidak sempat bertemu dengan rekan kerja yang sedang memiliki masalah dengan kita, sebaiknya kita menghubungi dia untuk menyelesaikan masalah yang sedang terjadi dengan berbicara dengan dia secara baik – baik. Sebenarnya kunci dari adanya masalah adalah pentingnya komunikasi antar sesama rekan kerja.

  44. Menyelesaikan konflik dengan rekan yang jauh, dapat dilakukan seperti artikel diatas. Berusahalah selalu tetap berkomunikasi dengan baik supaya tidak sampai putus hubungan dengan rekan yg jauh tersebut. Memang sebaiknya sesekali datang menemui atau mengundang sekedar makan malam dirumah supaya bisa sedikit meredamkan konflik tersebut.

  45. Konflik dapat muncul karena adanya kesalahpahaman disaat orang yang bertikai tidak mengerti posisi mereka satu sama lain.Untuk itu kita harus bisa memposisikan diri kita pada posisi mereka.

  46. Konflik yang ada harus kita redam sehingga kita harus dapat melihat segala sesuatu dari perspektif yang lain. Sehingga kita dapat lebih peka terhadap gejala konflik yang akan ayau sudah terjadi. Harus segera diselesaikan konflik yang ada apabila itu menyangkut satu sama lain dalam sebuah tim. Karena akan menimbulkan suatu hambatan dalam tim apabila hal tsb terus dibiarkan.

  47. Penyelesaian konflik dengan rekan kerja yang jauh memang lebih rumit mengingat kita tidak terlalu mengerti rekan kerja kita tersebut. Belum lagi, komunikasi juga tidak bisa dilakukan secara langsung, memungkinkan adanya kesalahpahaman. Namun bila hal ini terjadi, solusi pertama penyelesaian masalah adalah dengan berinteraksi lewat social media serta melalui diskusi melalui telfon.

  48. Menyelesaikan konflik antar kedua orang yang tidak dalam lokasi yang sama terkadang memiliki kerumitan tersendiri. Seperti yang tertulis pada artikel di atas, kedua orang tersebut tidak mengalami dan melihat kondisi yang sama. Pun juga memiliki pikiran dan tanggapan yang sama. Dengan adanya teknologi, percakapan jarak jauh dpaat dilakukan dengan semakin canggih dan praktis. Namun apabila masalah tersebut tidak dapat terselesaikan secara tuntas juga, ada baiknya kita dapat melakukan pertemuan secara langsung untuk melakukan pembicaraan terhadap masalah dengan lebih jelas dan baik,

  49. Perselisihan kerap kali terjadi apabila orang tersebut sudah lama kenal satu sama lain dan sudah lama bekerja sama di perusahaan dan lokasi yang sama. Namun, bagaimana caranya untuk mengatasi konflik dengan seseorang yang bekerja di lokasi yang berbeda?. Pertama, cobalah untuk komunikasikan masalah yang Anda hadapi dan masalah yang mereka hadapi. Walaupun masalah yang dihadapi mungkin saja sama, tapi tidak dengan situasinya dikarenakan perbedaan lokasi tersebut (mungkin saja beda lokasi, beda regulasi). Lalu, carilah kesamaan yang bisa dijadikan sebagai jembatan. Ada baiknya untuk mengunjungi kolega Anda di kantor dengan lokasi yang berbeda untuk melihat situasi disana seperti apa dan sebaliknya, atau adakan pertemuan di tempat yang nyaman untuk mencairkan suasana saat membahas masalah yang terjadi dan mencari solusinya. Akan lebih baik jika Anda melakukan face-to-face daripada komunikasi melalui telpon, email, dsb. untuk mencegah terjadinya miscommunication.

  50. Penyelesaian suatu konflik merupakan suatu keharusan baik dengan rekan yang berada di dekat maupun jauh. Apabila terjadi konflik dalam dunia bisnis, akan berbuntut panjang apabila tidak dengan cepat diatasi. Oleh karena itu, sekiranya konflik dapat diatasi dengan cepat dan tuntas

  51. Dalam menanggapi artikel di atas, saya sangat setuju dengan pemikirian, cara, dan penyelesaian dalam permasalah yang ada di atas. ketika kita berada di tempat yang berbeda, akan sulit untuk menyamakan persepsi dan pikiran karena keduanya tidak merasakan atau mengalami hal yang sama. maka kita harus membangun berkomunkasi dua arah dapat dilakukan via phone, video call ataupun menyempatkan bertemu langsung, dimana dapat saling mendengarkan permasalah yang ada. sehingga dapat secara benar menanggapi dan memberikan solusi yang baik dan tidak menimbulan kesalah pahaman yang lebih lanjut.

  52. Menurut saya, Artikel dalam mengatasi perselisihan atau konflik yang terjadi cukup bagus, yang dimana jika terjadi perselisihan atau adanya konflik dengan orang yang berbeda lokasi dengan anda, maka anda bisa menelfon dia untuk kemudian berbicara baik-baik, dengan membicarakan masalah apa yang senang terjadi. Jika hal tersebut tidak berhasil dilakukan, maka sebaiknya ajak ketemuan, dan jika tidak berhasil lagi maka cari mediator menjadi penengah untuk penyelesaian masalah atau konflik yang terjadi. dan menurut saya apa yang sudah tertulis diatas sangat baik dan efektif untuk diatasi serta dilakukan.

  53. Saya setuju dengan artikel diatas, bahwa terkadang apabila kita memiliki konflik dengan orang yang berada di tempat yang tidak sama dengan kita bisa menjadi semakin parah karena kita tidak mengalami kondisi, keadaan, dan lingkungan yang sama dengan mereka. KIta menjadi tidak dapat mengerti mengenai persepsi mereka. Maka dari itu kita hendaknya membangun koneksi terlebih dahulu dengen menciptakan suasana yang sama, bisa melalui video call ataupun bertemu langsung dengan mereka. Konflik hendaknya tidak berlarut-larut dan segera diselesaikan sebelum hal ini menjadi penghambat untuk kedepannya.

  54. Dalam menyelesaikan sebuah konflik harus menggunakan kepala dingin dan alangkah baiknya berbicara dengan baik-baik membicarakan masalah apa yang sedang terjadi.

  55. Artikel ini membahas tentang bagaimana meredupkan konflik yang sudah terjadi. Saya sangat sepakat dengan apa yang ditulis diatas, karena menurut saya konflik itu memang perlu terjadi karena konflik itu dapat membuat seseorang menjadi lebih satu.

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close