Kupon…Kupon…(Final)

Oleh: Lessya Nasrul  (Student of International Marketing), Aryo Bismo, SE, MM (Faculty Member of International Marketing)

Bersambung dari: Kupon…Kupon…(Part 1)

Berdasarkan hasil riset yang telah dilakukan, kebutuhan dasar yang dapat mengukur kualitas website situs kupon di Indonesia seperti functional convenience dan representational delight diperantarai oleh emosi positif yang ditimbulkan diketahui mempengaruhi sikap pembelian impulsif pelanggan secara online adalah memiliki hasil yang positif dan signifikan, baik secara terpisah ataupun secara bersamaan. Kesimpulan ini didapatkan melalui hasil riset yang dilakukan langsung kepada masyarakat Indonesia yang pernah melakukan transaksi pembelian pada situs kupon. Dengan hasil tersebut dapat diketahui bahwa masyarakat Indonesia sangat memperhatikan kemudahan ketika melakukan transaksi melalui website kupon dan juga tampilan layout dari website kupon tersebut.

Industri kupon online tidak hanya berperan sebagai pasar atau tempat untuk menjual produk, tetapi juga dapat berperan sebagai sarana melakukan promosi dan meningkatkan brand awareness. Semakin banyak kupon online yang laku terjual mencerminkan bahwa semakin tinggi minat konsumen terhadap produk dan brand tersebut. Selain itu, kupon online juga dapat menimbulkan kepuasan tersendiri bagi konsumen karena merasa bahwa usaha yang dikeluarkan untuk sebuah produk sangat kecil dibandingkan dengan datang langsung ke store dan belum tentu bisa mendapatkan potongan harga atau harga yang lebih murah.

Lalu sebenarnya bagaimanakah proses transaksi pada situs kupon online? Cara bertransaksi pada situs kupon online terbilang mudah, dengan membuka situs kupon melalui media mesin pencari (search engine) seperti google kemudian memilih kategori produk yang diinginkan, memilih produk, melakukan pembayaran sesuai dengan nominal yang tertera, setelah memiliki kupon online (yang dikirimkan melalui e-mail konsumen atau langsung dapat di download ketika selesai membayar), konsumen akan dapat menukarkan kupon tersebut dengan produk harga normal yang ada di store yang sudah disebutkan pada kolom penjelasan atau keterangan. Dengan menggunakan kupon online menurut saya, konsumen akan diuntungkan karena harganya yang lebih murah dan para penjual juga diuntungkan karena brand awareness dari produk mereka meningkat.

Referensi

Herlinda, W. D. (2017, Januari 21). Diambil kembali dari industri.bisnis.com: http://industri.bisnis.com/read/20170121/12/621610/iprice-pasar-e-commerce-ri-makin-tak-terkalahkan-di-asean

Mavlanova, T. (2014). The Effect of Cultural Values on the Perceptions of Architectural Quality of Websites in E-Commerce. AIS Electronic Library (AISeL) , 1.

Rodzi, F. (2017, Februari 28). Diambil kembali dari riauonline.co.id: http://www.riauonline.co.id/bisnis/read/2017/02/28/masukkan-kode-diskon-atau-promo-code-alfacart-shopdeca-blibli-cari-di-situs-ini

Verhagen, T., & Dolen, W. V. (2011). The influence of online store beliefs on consumer online impulse buying: A model and empirical application. Information and management .