Akreditasi AACSB: Pengakuan kepada BINUS BUSINESS SCHOOL sebagai Salah Satu Sekolah Bisnis Terbaik di Indonesia

Pada hari Jumat, 15 November 2019, BINUS BUSINESS SCHOOL ditetapkan sebagai salah satu sekolah bisnis yang telah terakreditasi AACSB oleh The Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB) International. Berdasarkan data aacsb.edu per November 2019, tercatat dari 1.700 member AACSB, hanya 862 sekolah bisnis yang sudah terakreditasi AACSB International – The Association to Advance Collegiate Schools of Business, yang tersebar di 56 negara dan teritori di seluruh dunia.

Untuk Indonesia sendiri, saat ini hanya ada dua universitas yang sekolah bisnisnya telah terakreditasi AACSB. Selain BINUS University (BINUS BUSINESS SCHOOL), universitas yang telah memperoleh akreditasi AACSB adalah Universitas Gadjah Mada.

Perjalanan BINUS BUSINESS SCHOOL memperoleh akreditasi AACSB dimulai pada tahun 2011. BINUS BUSINESS SCHOOL, yang saat itu hanya mencakup program S2 bisnis, memutuskan untuk mengikuti proses akreditasi internasional AACSB dengan menjadi anggota AACSB sebagai langkah awalnya. Tiga tahun kemudian, BINUS BUSINESS SCHOOL dinyatakan memenuhi syarat untuk mengikuti proses akreditasi.

Kemudian, pada tahun 2017, BINUS University melakukan transformasi dengan mengintegrasikan seluruh program bisnis yang dimilikinya, mulai jenjang pendidikan S1, S2 dan S3, ke dalam satu  rumah, yaitu BINUS BUSINESS SCHOOL.

Stephanie M. Bryant, Executive Vice President dan Chief Accreditation Officer AACSB International, mengungkapkan bahwa akreditasi AACSB adalah pengakuan bagi institusi yang telah menunjukkan fokus pada keunggulan di semua area, termasuk pengajaran, penelitian, pengembangan kurikulum, dan pembelajaran mahasiswa.

“Kami mengucapkan selamat kepada BINUS BUSINESS SCHOOL dan Dezie L. Warganegara sebagai direktur atas perolehan akreditasi ini, dan juga selamat kepada seluruh tim BINUS University – termasuk tim administrasi, fakultas, staf, dan mahasiswa – atas peran mereka dalam pencapaian ini,” ujar Bryant.

Komitmen BINUS BUSINESS SCHOOL untuk memperoleh akreditasi AACSB ini, lanjut Bryant, adalah cerminan dari dedikasi — bukan hanya kepada para mahasiswa, jaringan alumni, dan komunitas bisnis yang lebih besar, tetapi juga kepada industri pendidikan tinggi secara keseluruhan.

“Mahasiswa hari ini adalah pemimpin bisnis di masa depan, dan bergabungnya BINUS BUSINESS SCHOOL ke dalam jaringan sekolah bisnis yang terakreditasi AACSB akan memberikan dampak positif yang bertahan lama kepada institusi mereka, baik secara lokal maupun global,” pungkasnya.


    Deprecated: get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /home/public_html/bbs.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 5058