Untuk Memandu Masa Depan Perusahaan Anda, Lihatlah Masa Lalu

Compiled by: Nugroho J. Setiadi, PhD

Orcid-ID: http://orcid.org/0000-0002-1864-0116

 

Beberapa ahli strategi percaya bahwa masing-masing perusahaan memiliki DNA sendiri: strategi dan budaya unik yang membedakannya dari pesaing. Untuk membimbing pertumbuhan sebuah organisasi, Anda perlu memahami sifatnya. Mulailah dengan melihat masa lalunya. Menggali di arsip perusahaan. Bicaralah dengan karyawan pendahulu untuk mengetahui seperti apa organisasi itu dan apa yang membentuk permulaannya. Baca sejarah perusahaan, jika Anda memilikinya. Lihatlah visi asli dan nilai para pendiri. Bagaimana mereka melihat dunia? Masalah apa yang harus mereka selesaikan? Bagaimana mereka percaya bisnis itu menciptakan nilai? Peta apa yang Anda pelajari dari bisnis perusahaan saat ini. Dimana adanya keselarasan? Dan dimana yang tidak nampak keselarasan? Tujuan latihan ini bukan hanya untuk meningkatkan pemahaman Anda tentang perusahaan; Ini untuk memikirkan bagaimana perusahaan dapat menciptakan nilai dengan cara baru sambil tetap setia pada asal-usulnya.

 

Diadaptasi dari  “How to Discover Your Company’s DNA,” by Mark Bonchek

 

Sumber: Bonchek, M. (2016). How to Discover Your Company’s DNA. Harvard Business Review.  From: https://hbr.org/2016/12/how-to-discover-your-companys-dna?referral=00203&utm_source=newsletter_management_tip&utm_medium=email&utm_campaign=tip_date&spMailingID=16925151&spUserID=Mzc5MDI3ODgzS0&spJobID=1000221669&spReportId=MTAwMDIyMTY2OQS2. Retrieved on April 5, 2017.

 

Nugroho J. Setiadi
  1. Semua perusahaan pasti pernah mengalami pasang surut. Lihatlah lagii arsip perusahaan dan analisalah, jangan sampai perusahaan mengulangi kesalahan yang pernah terjadi dimasa lalu. Dengan tidak menghilangkan budaya perusahaan, kita tetap harus mengembangkan perusahaan kita dengan cara perubahan. Pikirkanlah cara baru dalam menyelesaikan masalah. Disamping untuk menyelesaikan masalah, pemimpin atau anggota perusahaan dapat mengenal budaya perusahaan itu lebih baik lagi.

  2. perbedaan strategi dalam bisnis disebuah perusahaan dapat membuat perbedaan dari perusahaan yang lain. melihat data data terdahulu serta menganalisanya dapat membuat perbaikan di masa depan, lebih mengenal perusahaan itu lebih dalam, mengembangkan perusahaan di tambah dengan mengikuti perkembangan zaman juga sangat diperlukan.

  3. Dengan meninjau kembali sejarah perusahaan, maka akan meningkatkan pemahaman karyawan tentang perusahaan tersebut. Hal ini juga tepat dilakukan agar perusahaan dapat menciptakan nilai-nilai baru yang sesuai dengan asal-usulnya.

  4. Strategi dan budaya memang menjadi nilai perusahaan itu tersendiri, dalam hal ini apabila perusahaan tersebut pernah gagal dan melakukan kesalahan di masa lalu, agar dijadikkan pelajaran dan tidak terulang kembali. agar perusahaan itu terus berkembang menjadi lebih baik setiap harinya

  5. Jika kita mengetahui segala sesuatu tentang perusahaan ini seperti visi,misi,tujuan,dan sejarah perusahaan tersebut, maka kita dengan mudah menyatu dan mengembangkan perusahaan tersebut dengan mengetahui kekurangan dan kelebihan perusahaan kita kita dapat berusaha untuk memperbaiki kekurangan kekurangan yang ada sehingga perusahaan kita dapat unggul dalam persaingan.

  6. Tentu untuk memajukan perusahaan harus mampu melihat ke masa yang akan datang. Tetapi tidak salah jika kita melihat ke belakang agar visi,misi perusahaan tetap melekat di jati diri perusahaan kita. Dan kita dapat memperbaiki kesalahan yang ada di masa lalu dan menjadi lebih baik di masa yang akan datang.

  7. Menemukan startegi baru dengan tetap menjunjung nilai-nilai asal dari suatu perusahaan yang sudah dibangun adalah bagus. Karena dengan itu kita tidak menajdi lupa dengan tempat asal kita dan kita juga menjadi tetap ingat perjuangan dari para pendahulu kita.

  8. Track record atau insiden serta strategi perusahaan yang telah diimplementasikan di masa yang lampau mungkin dapat dijadikan panduan untuk nasib perusahaan selama beberapa tahun yang akan datang, akan tetapi pasang surut perusahaan juga dipengaruhi oleh kondisi ekonomi global serta situasi usaha yang kondusif atau tidak, serta dipengaruhi oleh kebijakan fiskal dan tingkat inflasi pula.

  9. Menurut saya artikel ini sangat bagus karna mengajarkan kita jika menjadi seorang pemimpin pada perusahaan baru, kita harus melihat dari masa lalu perusahaan tersebut. Dan juga bersosialisasi dengan karyawan yang sudah bekerja di perusahaan itu lebih lama dari kita. Karena setiap perusahaan mempunyai strategi dan budaya nya tersendiri yang membedakan perusahaan itu terhadap pesaingnya

  10. Saya setuju dengan artikel ini. Mengapa demikian? Dikarenakan apabila saya diutus untuk memimpin suatu perusahaan tentunya saya tidak boleh langsung menerapkan apa yang ingin saya terapkan sesuai dengan kemauan saya, kebijakan yang saya buat untuk diterapkan seharusnya juga disesuaikan dengan tradisi perusahaan tersebut. Karena apabila kita membuat kebijakan lalu dikombinasikan dengan tradisi perusahaan tersebut, maka kemungkinan kita akan mencapai tujuan sesuai dengan target.

  11. Saya setuju dengan pernyataan artikel diatas. Karena sebelum kita bekerja atau berorganisasi dengan suatu perusahaan. Kita harus memahami seluk beluk perusahaan tersebut. Agar kita mengetahui cara kerja mereka serta memahami kelemahan dan kelebihan perusahaan tersebut.

  12. tentu visi misi utama awal perusahaan sangat penting menjadi landasan utama berjalan nya perusahaan tersebut. Hal ini tentu harus beradaptasi seiring perubahan dan perkembangan jaman, akan menghadapi banyak tantangan yang justru dapat merugikan perusahaan apabila tidak dapat beradaptasi. Tapi tentu nilai-nilai utama yang menjadi visi dan misi perusahaan harus terus melekat dan dipahami oleh segenap stakeholders demi kemajuan perusahaan.

  13. Sebagai salah satu penerus sebuah organisasi, untuk menghadapi masalah kita tidak boleh gegabah. Artikel ini memberikan panduan agar pembaca terlebih dahulu memempelajari masa lalu perusahaan. Dengan cara tersebut membantu kita untuk menemukan strategi baru dalam menyelesaikan masalah tanpa mengulangi kejadian buruk karena tidak memperhatikan hal yang sudah pernah dialami sebelumnyya

  14. Mengetahui bagaimana asal-usul sebuah perusahaan merupakan salah satu cara terbaik untuk membantu mengambil keputusan untuk masa depan perusahaan. Dengan kembali menelaah visi, misi, serta alasan awal mulanya suatu perusahaan berdiri dapat menjadi tonggak yang akan membuat perusahaan tetap berada pada jalur yang sama dari awal ia berdiri. Hal ini juga dapat dilakukan sebagai sarana evaluasi apakah perusahaan sudah mengarah kepada tujuan utama mereka.

  15. Untuk membuat perusahaan menjadi lebih maju, tentunya perusahaan itu sendiri harus meninjau kembali mengenai visi misi, sejarah, serta budaya perusahaan. Apabila ada yang masih kurang dalam penerapannya terkait dengan hal-hal diatas, tentu menjadi pacuan bagi perusahaan untuk memperbaiki dan membangun kembali yang masih kurang, serta mempertahankan hal-hal yang dianggap baik untuk perusahaan sehingga tercipta budaya kerja yang lebih baik lagi kedepannya.

  16. Dengan melihat masa lalu perusahaan maka kita bisa memahami perusahaan tersebut, bagaimana perusahaan itu bisa berdiri, apa visi dan misi dari pendiri perusahaan sehingga bisa berjalan, masalah apa yang sedang dihadapi oleh perusahaan dan karyawannya. Kemudian kita bisa menentukan peta bisnis baru untuk perusahaan tersebut dengan tidak mengabaikan masa lalunya.

  17. Hal ini baik demikian dikarenakan harus ada nya penyusaian setiap manager baru dengan terms and condition yang baru namun kita harus juga menyusuaikan apa yang dipakai nantinya

  18. Masa lalu bukan menjadi acuan untuk masa depan Perusahaan. Yang harus dilakukan perusahaan ialah mempunyai hall baru.

  19. Peninjauan kembali mengenai prospek atau track record perusahaan sangat baik dilakukan. Agar dapat melakukan perbaikan kembali untuk kedepannya sehingga perusahaan terus mengalami peningkatan kualitas. Dari segi kinerja dan kualitas, sehingga dapat memenuhi tujuan perusahaan dan memuaskan pelanggan atau para pemegang saham.

  20. Jika anda bertujuan untuk mengarahkan perusahaan ke arah yang lebih baik di masa mendatang, anda bisa mempelajati budaya yang telah melekat di perusahaan tersebut supaya masih didasari oleh budaya mereka yang melekat dan tidak melenceng dari budaya tersebut.

  21. Melihat masa lalu merupakan pembelajaran paling efektif dan apabila dapat dicerna dengan baik serta digabungkan dengan pengetahuan yang selalu terupdate, maka masa depan perusahaan memiliki peluang 'survive' yang sangat tinggi. Melirik masa lalu merupakan 'common sense' yang diketahui banyak orang. Tidak hanya pada bidang bisnis saja, tetapi berbagai bidang dapat menggunakan hal ini sebagai bekal penuntun menghadapi masa depan. Tetapi banyak juga yang tidak menanggapi hal ini dengan baik. Salah satu kejadian yang secara umum diketahui adalah dimana Adolf Hitler mengulangi kesalahan Napoleon Bonaparte dalam menginvansi Rusia. Artikel ini memberitahukan kita bahwa hal yang sepele dan sebenarnya mudah dilakukan saja dapat mempengaruhi masa depan segala hal.

  22. Cara yang di atas sangat baik untuk mendapatkan kemajuan dalam perusahaan, cari tau masa lalu perusahaan yg buruk dan coba untuk koreksi agar tidak mengalami kejadian tersebut lagi, pakai potensi media sosial dengan baik agar kita mengetahui lebih luas kebutuhan manusia saat ini. Tau nilai nilai apa saja yg terkandung di perusahaan apa makna dan dampak bagi orang. Tetap berada di konsep yg benar agar bisnis selalu berjalan dengan ciri khas

  23. Seperti artikel sebelumnya ,pemimpin harus belajar dari masa lalu agar dapat menata masa depan . Dengan wawasan mengenai perusahaan atau mengenal perusahaan terlebih dahulu ,pemimpin akan dapat lebih mudah mengambil keputusan dan menjalan perusahaan . Dengan mengenal perusahaan ,pemimpin dapat lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan yang berdampak dikemudian hari .

  24. Setiap perusahaan memiliki asal usul / sejarahnya masing masing, seiring berjalannya waktu teknologi makin berkembang dan maju maka perusahaan tentu harus mengikuti perkembangan jaman ini tetapi tidak melupakan asal usul perusahaan tersebut

  25. Ketika kita ingin terjun dalam sebuah organisasi atau suatu pekerjaan. Memang lebih baik kita memahami apa yang telah terjadi baik yang buruk dan baik selama perusahaan atau suatu organisasi itu berjalan, sehingga kita bisa menyelesaikan tugas dengan baik. Dengan cara tidak mengulangi kesalahan buruk dan menjadikan pelajaran baik kedepannya untuk membuat keputusan. Dengan kita mengenal dan memahami asal usul sebuah perusahaan maka banyak terdapat nilai yang terkandung sehingga kita dengan baik bisa menerapkan nilai tersebut didalam perusahaan itu sendiri.

  26. Untuk membentuk perusahaan menjadi lebih baik, tentunya kita harus mengetahui terlebih dahulu visi dan misi suatu perusahaan, kemudian menentukan strategi. Dalam suatu perusahaan juga sering di temukan masalah atau kegagalan perusahaan dalam mencapai targetnya, menilik permasalahan yang ada dalam perusahaan seperti kegagalan atau masalah, kita bisa mengambil hikmah bahwa jangan mengulang kesalahan yang sama untuk kedua kalinya, lebih bijak dalam mengambil keputusan dan menghadapi situasi yang ada dalam suatu perusahaan

  27. saya setuju dengan artikel tersebut karena hal / strategi yg membedakan kita dengan perusahaan lain itu adalah kunci sukses. dan saya sgt setuju dengan “ Tujuan latihan ini bukan hanya untuk meningkatkan pemahaman Anda tentang perusahaan; Ini untuk memikirkan bagaimana perusahaan dapat menciptakan nilai dengan cara baru sambil tetap setia pada asal-usulnya.“

  28. saya setuju dengan artikel tersebut karena dalam setiap perusahaan memiliki strategi dan budaya unik yang membedakannya dari pesaing. sehingga apabila kita bekerja dalam suatu organisasi perusahaan kita harus mencari tahu tentang perusahaan tersebut apakah perusahaan itu dapat menciptakan nilai dengan cara baru dengan tetap setia pada asal usulnya

  29. Menurut saya dengan melihat masa lalu dapat menunjang pembuatan strategi perusahaan untuk masa depan dengan keputusan yang bijak. dengan mengevaluasi masalah-masalah yang telah terjadi dimasa lalu dapat dijadikan pengalaman dan perbandingan untuk membuat kebijakan yang lebih menguntungkan untuk perusahaan. Hal tersebut pastinya akan meningkatkan nilai perusahaan itu sendiri

  30. tentu saja setiap perusahaan pasti punya masa lalu dan strategi masing-masing, dan harus kita ketahui bahwa masa lalu merupakan hal besar yang ada di dalam perusahaan, karena masalalu lah perusahaan tersebut dapat berdiri, dan menjadi selaras dengan masa-masa yang datang.

  31. Tidak ada salahnya untuk melihat ke belakang apabila hal tersebut dapat bertujuan untuk memajukan dan mengembangkan perusahaan. Dengan begitu, perusahaan dapat mengetahui kesalahan dan dapat dijadikan pembelajaran agar tidak terulang kembali. Sehingga, untuk masa yang akan datang nilai perusahaan akan dapat semakin dikembangkan

  32. saya setuju dengan artikel ini, karena saat mengelola sebuah perusahaan agar lebih baik kedepannya, manager harus menggali informasi tentang masa lalu perusahaan tersebut, agar asal usul perusahaan tidak terlupakan, namun dapat memperbaiki kesalahaan dari masa lalu untuk sukses di masa sekarang dan masa depan.

  33. Saya setuju bahwa masing-masing perusahaan memiliki DNA sendiri. DNA yang dimaksud adalah keunikan dan ciri khas kinerja perusahaan tersebut agar dapat berkembang maupun berinovasi. Dengan memiliki ciri khas tersendiri, perusahaan tersebut akan dapat semakin berkembang dan terus mempelajari hal baru lainnya.

  34. Pentinglah apabila kita melihat sejarah perusahaan, melihat pemimpin terdahulu dan meneruskannya untuk lebih baik lagi. Suatu perusahaan memiliki ciri khas yang tidak mungkin sama dengan yang lainnya. Hal itulah yang membedakan perusahaan satu dengan para pesaingnya. Perusahaan memiliki strategi dalam mengembangkan usahanya agar dapat bersaing dengan yang lainnya, maka dari itu menggali informasi mengenai hal-hal terkait perusahaan kita atau pesaing menjadi hal yang utama dalam mengembangkan produk atau usaha dari suatu perusahaan.

  35. Sejarah tidak akan terulang, tetapi kita dapat belajar dari sejarah masa lalu terutama pada masalah perusahaan. Sebagai pribadi yang ingin perusahaannya lancar pada masa depan harus melihat/mempelajari sejarah perusahaan agar dapat mengambil keputusan yang baik dan menyelesaikan masalah yang mirip pada masa lalu

  36. menurut saya , membuat strategi baru didalam bisnis adalah ide yang bagus ,karena setiap perusahaan memiliki strateginya masing2,dan jika kita membuat strategi baru harus sesuai dengan visi dan misi perusahaan.

  37. untuk menjadi lebih maju kita perlu menengok ke belakang. kita perlu belajar dari kesalahan lampau agar tidak jatuh ke dalam kesalahan yang sama. dari sejarah perusahaan tempat kita bekerja kita dapat membuat strategi baru agar selalu update dan menjadi lebih unggul dari kompetitor

  38. Setiap perusahaan pasti mempunyai masa lalu dan memiliki strategi dan budaya unik yang berbeda dari pesaingnya. maka pada saat kita bekerja dalam perusahaan kita harus mencari tahu tentang asal usul perusahaan tersebut.

  39. pepatah berkata "tak kenal maka tak sayang" yang saya maksudkan dari kalimat tersebut adalah kita harus mengenal perusahaan kita lebih dalam melalui cara - cara seperti yang disebutkan oleh artikel diatas. dan menurut saya, pembelajaran dari masa lalu adalah pembelajaran paling berharga karena disitu kita bisa mengoreksi diri kita dari kesalahan - kesalahan yang pernah kita buat di masa lalu.

  40. Saya setuju dengan artikel diatas yang mengatakan bahwa sebuah perusahaan harus memiliki DNA/keunikan sendiri yang membedakannya dengan perusahaan lainnya. Dengan adanya keunikan dan ciri khas dari perusahaan tersebut, maka nantinya perusahaan dapat berkembang maupun berinovasi. Seperti pepatah lama yang mengatakan "pengalaman adalah guru terbaik". Hal itu juga berlaku dalam memimpin sebuah perusahaan, hendaknya seorang pemimpin bercermin pada masa lalunya agar menjadi lebih baik kedepannya, dan dapat bersaing dengan para pesaingnya.

  41. Setiap perusahaan pasti memiliki history sendiri yang mencirikan identitas mereka sehingga berbeda dengan perusahan lain. Setiap pemimpin perusahaan memiliki cara memimpin yang berbeda sehingga keputusan dan cara penanggulangannya pada setiap masalah berbeda. Kondisi, lingkungan eksternal dan internal perushaan pun berbeda sehingga memiliki cerita tersendiri dalam setiap perushaan, bahkan setiap pribadi yang ikut terlibat pun berbeda dari setiap generasi perushaan. Sehingga penting untuk setiap karyawan mengetahui sejarah, pengalaman, cerita, cara menghadapi/menganggulangi, memutuskan dari yang sebelumnya sehingga hal tersebut dapat dijadikan acuan untuk membantu permasalahan yang terjadi sekarang dalam membuat keputusan, dpat dijadikan bahan pelajaran untuk tidak malakukan lagi, dapat dijadikan acuan untuk dapat dikembangakan lebih lagi untuk kemajuan perushaan, dapat dijadikan dasar pemikiran untuk lebih berinovasi dan kreatif sehingga perushaan dapat meningkat dan berjuang dipasar dan hal-hal lain yang dimana history perusahaan dapat dijadiakn dasar perushaan untuk berkembang di masa depan. Maka saya sangat setuju ketika kita harus mengetahui masa lalu/ history perushaan.

  42. Setiap perusahaan pasti memiliki tujuan masing-masing dan sejarah masing-masing. Dengan mengetahui tujuan dan sejarah perusahaan akan membantu mengembangkan perusahaan dengan tujuan awalnya dengan baik.

  43. Ketika kita ingin terjun dalam sebuah organisasi atau suatu pekerjaan. Memang lebih baik kita memahami apa yang telah terjadi baik yang buruk dan baik selama perusahaan atau suatu organisasi itu berjalan, sehingga kita bisa menyelesaikan tugas dengan baik. Dengan cara tidak mengulangi kesalahan buruk dan menjadikan pelajaran baik kedepannya untuk membuat keputusan. Dengan kita mengenal dan memahami asal usul sebuah perusahaan maka banyak terdapat nilai yang terkandung sehingga kita dengan baik bisa menerapkan nilai tersebut didalam perusahaan itu sendiri.

  44. Salah satu cara untuk dapat bekerja dengan baik di suatu perusahaan adalah dengan mengenali perusahaannya. Ada beberapa hal penting yang harus kita ketahui yaitu, visi dan misi, pendiri dan sejarah perusahaan, etika bisnis yang dianut dan budaya perusahaan. Karena untuk membimbing pertumbuhan sebuah organisasi, kita perlu memahami sifatnya. Mulailah dengan melihat masa lalunya dan menggali di arsip perusahaan. Kalau perlu, bicaralah dengan karyawan pendahulu untuk mengetahui seperti apa perusahaan itu dan apa yang membentuk permulaannya. Dengan mengenal dan memahami perusahaan tersebut dapat lebih memotivasi kita dalam mencapai tujuan dan keuntungan bersama dalam perusahaan.

  45. Sejarah tidak pernah berbohong, jikalau perusahaan sukses dimasa kini maka sejarah perusahaan tersebut dapat kita pelajari dengan bijak, visi perusahaan yang sukses dimasa kini memang sangatlah penting untuk kita pelajari agar dapat menjadi pribadi yang baik dan juga memotivasi kita untuk terus berkembang.

  46. terkadang kita tidak harus selalu lihat ke depan. memang penting untuk kita slalu memandang ke depan. tapi sekali kali lihatlah kebelakang. apa yang telah anda lakukan lihat kembali apakah ad kesalahan atau tidak. bila ad kesalahan kita bisa perbaiki kesalahan tersbut agar tidak terulang di masa yang akan datang. itulah gunanya kita melihat masa lalu.

  47. dengan kita melihat dan mencari tahu masa lalu dari perusahaan bisa mambantu perusahaan agar tidak mengulangi kesalahan yang pernah terjadi dimasa lalu. Dengan tidak menghilangkan budaya perusahaan kita bisa tetap mengembangkan perusahaan dengan cara baru.

  48. menurut saya, memang benar bahwa setiap perusahaan memiliki budaya, ciri, visi dan misi yang unik yang membedakannya dari perusahaan lain. namun melihat ke masa lalu bukanlah langkah yang selalu tepat karena bisnis selalu berubah sesuai dengan zaman, maka budaya, visi dan misi yang dianggap telah usang harus diganti dan tidak bisa diberlakukan lagi karena jika tidak perusahaan kita akan mengalami kemunduran dalam persaingan dan lama kelamaan perusahaan kita akan mati

  49. saya setuju dengan statement di atas setiap perusahaan memiliki DNA nya masing2 dalam aspek Budaya dan ciri2 lainnya di sana lah yang membuat kita beda dengan kompetitor lainnya berusahalah untuk tampil beda, mengikuti boleh tapi cobalah di inovasikan karya tsb gunakan kompetitior sebagai motivasi untuk bisa melampauinya agar kita bisa lebih berhasil dari kompetitor lainya

  50. Kejadian/masalah yang ada dimasa lampau harusnya bisa menjadi bahan evaluasi maupun contoh yang dapat dipertahankan. Pastinya perusahaan dalam menjalankan perusahaannya itu tidak mungkin sempurna pasti ada saja kerikil kecil yang menganggu. Masalah lalu yang terjadi kita dapat memetik pelajaran agar bagaimana kita menyikapinya untuk masa depan agar tidak terulang atau meminimalisirnya.

  51. Seperti yang disebutkan oleh artikel diatas. Kita perlu memahami sifatnya. Mulailah dengan melihat masa lalunya. Menggali di arsip perusahaan. Bicaralah dengan karyawan pendahulu untuk mengetahui seperti apa organisasi itu dan apa yang membentuk permulaannya. Baca sejarah perusahaan, jika Anda memilikinya. Dengan kita menggali dan mencari tahu kita akan mendapatkan infofmasi-informasi baru supaya kita dapat menetapkan strategi apa yang akan kita ambil.

  52. perbedaan strategi dalam bisnis disebuah perusahaan dapat membuat perbedaan dari perusahaan yang lain. melihat data data terdahulu serta menganalisanya dapat membuat perbaikan di masa depan, lebih mengenal perusahaan itu lebih dalam, mengembangkan perusahaan di tambah dengan mengikuti perkembangan zaman juga sangat diperlukan.