Jaga ketenangan Anda Saat Rekan kerja melangkahi Anda

Compiled by: Nugroho J. Setiadi, PhD

Orcid-ID: http://orcid.org/0000-0002-1864-0116

 

Ini menyebalkan saat seorang kolega menlangkahimu ke bos. Dia tidak hanya membiarkan Anda keluar dari percakapan tapi dia juga berpotensi membuat Anda terlihat buruk. Apa yang bisa Anda katakan dan lakukan saat seseorang mencoba melangkahi Anda? Ambil langkah mundur dan menilai apa yang Anda ketahui. Lihatlah faktanya, dan hindari penilaian cepat. Bisakah Anda salah membaca situasi? Jika Anda tidak tahu persis apa yang terjadi, coba cari tahu. Anda bisa bertanya kepada atasan Anda apa yang terjadi: “Saya mendengar Anda dan Dia sedang membicarakan ide barunya. Apakah ada yang harus saya ketahui? “Pastikan untuk menjaga nada santai dan tidak beraturan sehingga atasan Anda tidak berpikir Anda mencoba memulai perseteruan. Anda juga bisa mendekati kolega Anda secara pribadi untuk mendengar apa yang dia katakan tentang situasinya dan mengapa dia melakukan apa yang dia lakukan. Begitu Anda memiliki semua informasi, Anda bisa membuat keputusan rasional tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya.

 
Diadaptasi dari
“What to Do When a Coworker Goes Over Your Head,” by Amy Gallo

 

Sumber: Gallo, A. (2016). What to Do When a Coworker Goes Over Your Head. Harvard Business Review.  From: https://hbr.org/2016/12/what-to-do-when-a-coworker-goes-over-your-head?referral=00203&utm_source=newsletter_management_tip&utm_medium=email&utm_campaign=tip_date&spMailingID=16774942&spUserID=Mzc5MDI3ODgzS0&spJobID=981104807&spReportId=OTgxMTA0ODA3S0.  Retrieved on March 14, 2017.

Nugroho J. Setiadi
  1. siapa yang suka jika suatu pekerjaan tau apapun itu yang sudah kita kerjakan didahului oleh rekan kita, pastinya tidak ada. dalam setiap pekerjaan tidak semua bermain secara bersih pasti ada yang bermain secara kotor untuk kepentingan pribadinya. jika kita memiliki rekan seperti itu, yang harus kita lakukan adalah berbicara dengan baik dengan dia lalu menyelesaikan masalahnya, jika tidak bisa di ajak untuk berbicara maka sebaiknya buktikan kepada dia bahwa anda bisa lebih dari pada dia tetapi gunakan cara bersaing yang sehat.

  2. Saya setuju dengan pernyataan "mendekati kolega Anda secara pribadi untuk mendengar apa yang dia katakan tentang situasinya dan mengapa dia melakukan apa yang dia lakukan. Begitu Anda memiliki semua informasi, Anda bisa membuat keputusan rasional tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya", sehingga tidak terjadi perseteruan yang mengakibatkan hal yang tidak diinginkan pada tempat kerja maupun mengganggu pekerjaan kita.

  3. Dalam bekerja mungkin kejadian ini tidak asing bagi kita yang padahal saja level&performanya sama tetapi dia malahan lebih dulu mendahului kita. Unuk menyikapinya kita tidak perlu kontras untuk kesal, tetaplah bekerja dengan Jujur dan maksimalkan performa Anda agar Anda bisa membuktikannya kepada kolega&atasan Anda bahwa Anda juga bisa lebih baik darinya.

  4. apabila teman kerja kita melangkah lebih baik dari kita, kita harus berusaha agar kita bisa melangkah seperti dia bahkan akan melangkah lebih baik lagi dengan cara kita meningkatkan kinerja kita dan mendukung apabila teman sekerja kita bisa lebih baik lagi bukan dengan menyimpan rasa dendam karena karirnya lebih sukses.

  5. Saat memasuki dunia pekerjaan hal-hal tersebut pasti sering dan akan kita alami, dari situ kita juga bisa mulai belajar bagaimana cara mengatur emosi dan menempatkan diri agar masalah tersebut tidak semakin meluas. Sama seperti yang telah dikutip diatas sebaiknya kita mencari penyebabnya terlebih dahulu sebelum menghakimi orang tersebut. Kenapa dia berbuat demikian kepada saya? mengapa hal ini bisa terjadi?

    • Nama : Christine Abraham NIM : 2001543944 Kelas : LC21

  6. jika saya berada dalam situasi tersebut mungkin saya akan kesal sekali.tapi saya akan bersikap tenang dan mempertanyakannya. setelah saya mengetahui semua informasinya saya bisa membuat keputusan rasional tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya.

  7. Dalam bekerja hal tersebut wajar terjadi, saling mendahului dan sikut menyikut sesama pekerja. Lebih baik kita tetap bersikap seperti biasa dan coba membicarakan masalah secara baik-baik dengan kolega tersebut sehingga tidak menimbulkan salah paham maupun konflik. Kita juga harus menjaga nada bicara sehingga tidak membuat tersinggung orang lain seakan-akan menuduhnya karena telah mendahului kita.

  8. Dalam perseturuan ini kita hanya perlu mencari taktik yang baik dan benar dan perlu dhindari dari emosi yang telah kita rasakan dan mencoba berfikiran terbuka akan membantu mendinginkan emosi dan pikiran. dengan cara diatas sangat baik karena akan membantu menyelesaikan konflik yang ada

  9. dalam mengahadapi masalah tersebut kita harus menyelesaikannya dengan kepala dingin dan fikiran yg jernih supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, kita harus mencari tau informasi-informasi dan memberikan pertanyaan kepada rekan kerja kita, supaya tau maksud dan tujuannya dengan jelas

  10. jika didalam situasi tersebut kita harus tetap tenang dan berpikir positif agar tidak terjadi kesalahpahaman antar bos dan sesama rekan kerja . jangan mengambil tindakan yang akan merugikan diri sendiri dan sebaiknya menenangkan diri agar bisa berpikir dengan jernih untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

  11. Menurut saya, tindakan yang tepat untuk dilakukan adalah bertindak profesional dan meningkatkan kinerja dan potensi dalam pekerjaan. Disamping itu, kita tidak perlu mencampuri pekerjaan orang lain agar terlihat baik. Jadi, kita hanya perlu fokus mengerjakan pekerjaan kita.

  12. sifat yang dimiliki orang memang berbeda-beda. terkadang ada orang yang merasa tersaingi jika dilangkahi dalam situasi bisnis. padahal ini adalah salah satu cara memotivasi kita dalam bekerja supaya dapat lebih baik melakukannya. sering kali orang menganggapnya dalam sisi buruk, malah merasa tersaingi atau dikira melecehkan. selain poin yang sudah dijelaskan diatas, menurut saya tindakan yang mungkin cocok dalam situasi ini adalah dengan cara bekerja sama dalam melakukan pekerjaan. ini dapat memperlihatkan sifat asli pekerja, jika orang yang tidak ingin dilangkahi, dia akan memperkerjakan segalanya sendirian dan sebaliknya. di cara ini menurut saya bisa memahami sifat rekan kerja kita.

  13. Adanya persaingan dalam sebuah pekerjaan itu memang sering terjadi, dan kita harus mengambil sikap dengan hati tenang. jika dalam situasi tersebut, hal yang harus dilakukan adalah harus tetap berfikir jernih, giat dan tetap optimis, dan juga harus tetap ramah terhadap rekan kerja dan atasan kita. mengapa? karena disaat kita melakukan hal tersebut, kita akan tetap di lingkaran yang aman untuk kita. dan, apabila jika kita menginginkan jabatan yang lebih atau ingin lebih unggul dari rekan kerja kita, kita harus memiliki cara tersendiri agar kita bisa melampaui pekerjaannya dengan mengetahui kelemahan rekan kerja tersebut.

  14. Dalam posisi permasalahan seperti itu diperlukan profesionalisme dalam mengatasi masalah begitu. Dan tentu dibutuhkan ketenangan agar tidak terjadi percekcokan dengan rekan kita yang dapat mengakibatkan penilaian manager terhadap kita.

  15. jika di tempat kerja saya memiliki kolega atau rekan kerja yang ingin melangkahi saya, saya akan berfikir dengan jernih dan positif apa tujuan kolega saya berbuat seperi itu, harus bersikap tenang agar tidak terjadi hal hal yang dapat merugikan saya sendiri, karena jika di hadapi dengan emosi itu tidak akan menyelesaikan masalah, bisa jadi masalah semakin besar jika tidak bersikap dewasa dan tenang, lalu tanyakan mengapa dan bertindak demikian? dan apa tujuannya?

  16. Saya sependapat dengan tulisan diatas, jika terjadi hal seperti itu kita harus berfikir positif dan menyelesaikan masalah dengan tanyakan secara langsung kepada pihak yg terkait tanpa harus ber emosi dan marah. Karna ketika kita marah itu hanya akan merugikan diri kita sendiri karna akan mendapatkan penilaian yg buruk dari kolega maupun atasan.

  17. Menurut saya, hal tersebut sudah biasa terjadi di dunia bisnis namun tergantung dengan kita bagaimana cara menanggapi nya namun jika kita mengalami kejadian tsb maka kita harus bersikap profesional dan belajar lah dari kesalahan jgn sampai terulang kembali

  18. Saat kita bekerja lalu didahului oleh rekan memang hal yang menyebalkan bagi kita. Boleh kita mungkin sedikit marah, benci bahkan iri. Namun yang harus diingat adalah kita ambil sisi postifnya mengapa kita bisa didahului oleh rekan sendiri? hal ini menandakan bahwa kinerja kita kurang baik dari kawan kita. kita harus intropeksi untuk hal tersebut. kita harus meningkatlan kinerja dan produktifitas agar kelak kita tidak didahului kembali oleh rekan kerja kita. Jadikan hal tersebut agar kita lebih bersemangat lagi dalam bekerja.

  19. Sikap profesionalisme dalam bekerja dibutuhkan disini. Menerima kenytaan dan memberikan selamat kepada rekan kerja yang berprestasi adalah bijak. Dan menjadikan hal tersebut menjadi motivasi dalam bekerja adalah luar biasa.

  20. Tidaklah jarang kita menemukan masalah atau kejadian seperti ini. Dari dalam diri kita juga harus mempunyai rasa tidak pantang menyerah dan terus mencari informasi bagaimana masalah itu bisa terjadi. Lihatlah atau kenali diri terlebih dahulu dan jangan memandang masalah tersebut hanya dalam satu sisi saja. Jika akar suatu masalah telah ditemukan, mulailah untuk meningkatkan kinerja sehingga produktivitas kita juga tetap terjaga dan membuat nama baik menjadi meningkat. Tetap berusaha dan pantang menyerah untuk mendapatkan tujuan awal yang telah kita impikan.

  21. Rasa iri hati adalah perilaku yang buruk, belum lagi ditambah dengan pola pikir negatif. Jangan sekali-kali kita merasa rendah ketika Kolega naik jabatan, seharusnya kita intropeksi diri lagi supaya kita menyadari apa yang salah dengan diri kita sendiri. Dan jika Ia melakukan hal-hal yang membuat kita geram, janganlah sekali-kali kita membalasnya, cukup kita diamkan dan Iyakan saja lalu kita berpikir positif agar diri kita tidak terbebani dan merasa enjoy life.

  22. Menurut saya jika ada yang ingin melangkahi saya . saya akan lebih produktif lagi untuk bekerja . Dan memberikan kualitas yang paling baik dari yang terbaik dan baik juga untuk kita : 1 mengetahui beberapa tipe rekan kerja yang sulit dihadapi. 2. Tentukan sikap dengan bijaksana. Berhati-hatilah menghadapi orang-orang negatif di tempat kerja. Sering kali, Anda harus menghadapi mereka dengan menghindar.

  23. Memang dalam dunia kerja ,pasti kita harus bersaing untuk menjadi yang terbaik ataupun memuaskan atasan kota agar kita dipandang oleh atasan kita . Jangan bertindak konyol jika rekan kita mampu bergerak lebih cepat dari kita . Sebaiknya kita juga harus bergerak dengan inovasi-inovasi baru .

  24. Terkadang yang membuat kita dilangkahi dalam bekerja adalah performa dari rekan kerja kita sangatlah bagus,sehingga bos langsung menyuruh rekan kerja anda,coba anda fikir dahulu sebelum marah / menanyakan langsung kepada bos

  25. saya setuju dengan artikel di atas dan saya ingin mendeskripsikannya dengan kalimat yang sangat simpel namun dapat mewakili tanggapan saya, yaitu "think before you act". anda bisa pahami yang saya maksud dari kalimat tsb.

  26. Apabila saya ada diposisi tersebut pastinya saya akan kesal dan marah tetapi setelah hal itu terjadi saya akan menunjukan dan sedikit show off terhadap kolega saya tersebut dan menunjukan performa saya akan lebih baik dibanding anda.

  27. menurut saya bila kita mendapatkan rekan kerja seperti orang tersebut, sebaiknya kita jgn lgsg emosi dan perlahan yang terpenting mencari faktanya dan bukti kalau apa yang dia katakan itu tidak benar dan kita bisa menyelesaikanya dengan baik dan benar dan santai.

  28. Tetap menjaga sikap dan pemikiran yang rasional harus kita terapkan saat rekan kerja melangkahi kita dalam hal apapun. Mencari tahu apa yang sekiranya sedang dia rencanakan tanpa menyisipkan sisi emosional memang sangat dianjurkan. Dengan mengetahui rencananya, kita akan mampu untuk mengatur strategi apa yang selanjutnya akan kita ambil.

  29. Dalam dunia pekerjaan pasti ada saja persaingan antar sesama. Kita harus bisa menyikapi nya dengan baik dan dapat menjaga kestabilan emosi. Sebagai pekerja yang baik dibutuhkan pencarian fakta dan bukti yang rasional jangan terlalu terburu-buru dalam mengambil keputusan, apabila ada yang mendahului ya biarkan saja ambil positifnya. Harus pikirkan matang-matang dengan begitu anda dapat meningkatkan kualitas kerja dan kolega akan puas dengan hasil kerja anda.

  30. Kita harus objektif,jangan subjektif. Melihat pekerjaan berdasarkan hasil konkrit yang benar dan baik, apabila rekan kita mampu melakukannya kita harus belajar dari dia agar kita mendapat pengalaman serta pengetahuan yang baru dan bahkan suatu saat mungkin kita justru malah dapat berbalik mengalahkan dia.

  31. MEnurut saya dalam menghadapi sebuah masalah dibutuhkan profesionalisme agar tidak tercampur masalah rumah dan kantor

  32. Kita harus bisa menahan diri jika ada rekan kerja kita yang melangkahi kita. Bisa dengan cara mengintropeksi diri kita dulu, apakah yang dilakukan rekan kita dapat membuat sesuatu perkerjaan lebih baik dari kita atau tidak

  33. Saya setuju dengan artikel diatas. Ketika ada rekan kita melangkahi kita, kita harus memilih tenang dan berusaha lebih baik lagi. Dan mempelajari apa yang kurang dari kita dan apa kelebihan yang dimilik pesaing kita

  34. Gimana bisa tenang, kalau orang tersebut menjadi bukan menjadi penyeimbang. Tapi malah merusak dan mempersulit masalah. Dan hal ini bukan menjadi acuan untuk kita menjadi penyendiri tapi awal untuk mendapatkan hal baru

  35. Tentunya memiliki rekan kerja yang demikian akan menyebalkan, hal ini tentu dapat menyulut emosi kita. Namun disaat seperti ini bersikap tetap tenang dan baik sangat diperlukan agar tidak terjadi konflik yang lebih besar. Coba ambil positifnya dari masalah ini dan perbaiki komunikasi dengan rekan kerja anda.

  36. Lebih baik mengkonfirmasi dahulu sebelum salah sangka dan menimbulkan konflik. Selain itu, kita juga dapat mengintrospeksi diri kita, apakah memang kita yang salah atau bukan.

  37. Kawai satria 2001591060 Menunjukan kinerja yg terbaik merupakan dan karir yg cemerlang merupakan balas dendam yg baik bagi siapapun yg berusaha menjatuhkan kalian dalam situasi apapun. Hindari aktifitas yg menciptakan sebuah konflik dan tanggali segala hal dengan melihat sisi positif

  38. Tentu penilaian dalam hal ini harus tetap rasionak dan sesuai fakta. Apabila terjadi hal seperti ini ysng tidak sesuai dengan kehendak kita, maka kita harus tetap bersikap tenang dan berusaha mencari tau apa yang sebenernya terjadi. Sehingga kita dapat berpikir jernih dan melakukan strategi yang tepat bagi kemajuan organisasi atau perusahaan tanpa memulai konflik.

  39. Sesungguhnya hal seperti itu tidak perlu di gubris berlebihan. Karena biarlah prestasi kita yang membuktikannya. Omongan orang lain yang buruk tentang kita, tak usah dipedulikan selama kita memiliki prestasi yang lebih baik dari mereka

  40. Kalau memang itu yg ia diinginkan maka biarkanlah ia melakukan sesuka hatinya. Kita tentunya dapat melakukan hal lain diluar itu. Berikan ganjaran dengan menunjukan bahwa pekerjaan yg kita berikan jauh lebih baik

  41. Dalam suatu perusahaan pastinya banyak karyawan yang ingin naik tingkatan diatas kita. Nah cara yang tepat dalam menanggapi itu adalah menerima apa yang telah terjadi dan merefleksikan diri apa yang salah dalam diri kita. Sekaligus memperbaikinya dengan baik agar kita dapat melangkahi karyawan yang di atas kita juga.

  42. Sikap yang harus dilakukan adalah tetap bersikap tenang dan berfikir secara rasional supaya tidak terjadi perselisihan antar rekan kerja dan juga kita harus bisa menunjukkan dengan prestasi kita untuk "membalas" sikap dia.

  43. Belajar untuk tenang menghadapi masalah, karna emosi tan dengki tidak akan bisa menyelesaikan masalah yang ada. Anggap tak terjadi apa-apa dan berfikir keras bagaimana menyelesaikan masalah itu dengan tetap tenang.

  44. Pasti akan terasa menyebalkan bila suatu pekerjaan yang sudah dilakukan semaksimal mungkin didahului rekan kerja kita sendiri. Langkah yang disebutkan seperti artikel diatas memang benar, kita harus bisa tetap tenang, mengkoreksi diri, tetap berpikir postif saja.

  45. Menurut saya, hal tersebut merupakan hal yang lumrah dalam dunia kerja. Hal yang dapat kita lakukan adalah tetap bersikap seperti biasa dan coba membicarakan masalah secara baik-baik dengan rekan kerja tersebut, sehingga tidak menimbulkan salah paham maupun konflik. Kita juga harus menjaga emosi serta nada bicara agar tidak membuat tersinggung orang tersebut dan seakan-akan menuduhnya karena telah mendahului kita.

  46. Komunikasi merupakan hal yang paling penting dalam segala aspek. Sesuai dengan artikel penulis, berhenti sejenak untuk mengetahui situasi yang sebenarnya terjadi tentu dapat membantu untuk mengambil keputusan secara tidak terburu-buru. Hal ini diperlukan untuk menghindari kesan arogan yang dapat timbul apabila tidak dapat melaluinya dengan kepala dingin.

  47. Menurut saya, tindakan yang sebaiknya dilakukan adalah bersikap introspektif dan bertindak profesional dengan meningkatkan kualitas pekerjaan. Kita tidak perlu mengalahkan pekerjaan orang lain agar terlihat baik. Kita hanya perlu fokus memberikan kinerja yang terbaik.

  48. Ketika hal seperti ini terjadi, tentunya kita tidak dapat langsung menilai dan mencap buruk orang yang telah melangkahi kita. Setiap hal yang dilakukan pasti memiliki alasan masing-masing. Kita hendaknya tetap tenang dan berpikir positif serta mengkomunikasikan dengan baik dengan orang tersebut untuk mengumupulkan informasi sebanyak-banyaknya sehingga tidak terjadi kesalahpahaman.

  49. Saya setuju dengan pernyataan ‘ pendekatan dengan kolega secara pribadi’. Melakukan pendekatan dengan kolega untuk mengetahui ide merupakankan hal yang perlu dilakukan dengan hati hati untuk menghindari konflik yang akan membuat suasana kerja menjadi tidak nyaman.

  50. Persaingan yang ketat di lingkungan kerja kadang membuat seseorang melakukan hal-hal yang tidak benar semata-mata hanya untuk terlihat bagus di mata atasannya. Hal ini tentunya sangat menyebalkan. Contohnya saat seorang kolega membiarkan Anda keluar dari percakapan dan juga berpotensi membuat Anda terlihat buruk. Tetapi ada baiknya bagi Anda untuk berpikir sejenak dan menganalisa situasinya untuk menghindari prasangka buruk dan langsung mengambil kesimpulan sebelah pihak. Jika kolega Anda meninggalkan Anda dari percakapan Anda bisa bertanya kepada atasan Anda apa yang terjadi dan pastikan untuk menjaga nada bicara sehingga atasan Anda tidak berpikir Anda mencoba memulai konflik. Jika Anda masih bingung mengapa kolega Anda bersikap seperti itu, Anda bisa mendekati kolega Anda secara pribadi untuk mendengar apa yang dia katakan tentang situasinya dan mengapa dia melakukan apa yang dia lakukan. Barulah setelah semuanya sudah jelas, Anda bisa membuat keputusan rasional tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya.

  51. Cara diatas adalah hal yang tepat untuk bertindak ketika kolega kita bertindak melangkahi kita. Saat kita mengetahui keadaan sebenarnya, kita harus bersikap tenang, tidak emosional, dan tidak berasumsi yang tidak baik. Tindakan yang perlu dilakukan untuk menjelaskan semua yang telah terjadi adalah kita perlu mengkomunikasikan dengan cara yang tepat hal tersebut kepada kolega dan atasan kita. Sehingga kita memiliki hak untuk mengetahui hal tersebut.

  52. Ketika kolega melangkahi Anda, tanggapi hal ini dengan profesional dan tetap maintain hubungan baik dengan kolega Anda. Karena masih banyak kesempatan dikemudian hari, yang membuat Anda melangkahi kolega Anda.

  53. Saat memasuki dunia pekerjaan hal-hal tersebut pasti sering dan akan kita alami, dari situ kita juga bisa mulai belajar bagaimana cara mengatur emosi dan menempatkan diri agar masalah tersebut tidak semakin meluas. Lebih baik kita mencari tahu dahulu sebelum salah sangka yang akan menimbulkan konflik. Selain itu, kita juga dapat mengintrospeksi diri kita, apakah memang kita yang salah atau bukan.

  54. Apabila saya ada diposisi tersebut pastinya saya akan kesal dan marah tetapi setelah hal itu terjadi saya akan menunjukan dan sedikit show off terhadap kolega saya tersebut dan menunjukan performa saya akan lebih baik dibanding anda.

  55. pada saat saya dilangkahi oleh kolega kerja saya, mungkin saya bakalan iri kepada dia. tapi sebisa mungkin saya akan berusaha lebih baik lagi, menurut saya ini adalah salah satu acuan saya agar lebih baik lagi dan lebih semangat dalam melakukan pekerjaan saya.

  56. Jikalau seseorang telah dilangkahi karirnya maka menurut saya Ia harus intropeksi diri dan lekas itu mengambil pekerjaan dengan lebih serius untuk mendapatkan prestasi, selain itu juga dia harus mengembangkan skill yang orang lain tidak timbul atau bahkan yang orang lain tidak punya, jika kedua hal tersebut dilakukan maka Saya rasa dia akan naik jabatan atau bahkan melebihi jabatan rekannya.

  57. ketika rekan kerja melangkahi anda untuk secara langsung berbicara kepada atasan itu berarti rekan kerja memiliki skill dan ability yang lebih baik dari anda, namun bukn berarti anda tidak bisa maju, terus munculkan inovasi-inovasi yang kreatif untuk didiskusikan dengan atasan anda karena persaingan merupakan hal yang wajar terjadi disemua perusahaan, persaingan bukanlah sesuatu yang buruk karena persaingan yang sehat dapat memunculkan competitive advantage

  58. Apabila rekan kerja anda melangkah lebih baik dari anda,kita sebaiknya tidak bertindak buruk atau ingin mejatuhkanya.Alangkah baiknya kita bersaing dengan jujur dan menjadikan hal tersebut sebagi motivasi anda untuk lebih kerja keras dan mencoba untuk menyaingi rekan anda yang telah mendahului anda.

  59. benar,mendekati rekan tersebut. memang tidak suka rekan didahului tetapi djadikan motivasi untuk membenahi diri agar lebih maju dari sebelumnya

  60. Sulit bagi saya untuk menerima, ketika rekan saya secara tiba tiba menyelesaikan pekerjaan saya, bagian saya, tugas saya, tanpa saya ketahui dan dia mensubmit ke atasan, saya merasa tidak berguna lagi, dia merasa bisa menyelesaikan semua, lalu saya jadi berfikir yang tidak baik, saya menduga dia ingin saya mundur atau dia ingin naik jabatan lebih cepat, bagi saya hal itu tidak baik sama sekali bahkan tidak sopan, bagaimana bisa anda tiba tiba menyelesaikan pekerjaan orang lain yang bukan bagian anda tanpa izin? apakah anda sedang mencari uang lebih dengan itu atau pengakuan dari atasan, tapi saya menyadari bahawa komunitas perusahaan menyukai itu, dan saya rasa dia berhasil, akhirnya saya berfikir untuk mundur dan membuat perusahaan saya sendiri atau mencari perusahaan denga komunitas yang sopan, tapi saya tetap akan belajar tentang kejadian ini, saya akan gunakan untuk masa yang akan datang, saya bicara tentang divisi kerja yang jelas, dan kesopanan, serta tata krama dalam bekerja di perusahaan. CMIIW