Tuliskan Apa yang Anda Rasakan Lebih Baik untuk Memahami Emosi Anda

Compiled by: Nugroho J. Setiadi, PhD

Orcid-ID: http://orcid.org/0000-0002-1864-0116

Pernahkah Anda merasa emosional, tapi tidak bisa menentukan mengapa? Menandai emosi Anda merupakan langkah awal yang penting dalam berurusan dengan mereka. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang yang menulis tentang episode emosional mengalami peningkatan nyata dalam kesejahteraan fisik dan mental mereka. Saat Anda melewati masa sulit atau transisi besar, cobalah latihan ini: Tetapkan penghitung waktu selama 20 menit. Tuliskan (di atas kertas atau di komputer Anda) pengalaman emosional Anda dari minggu, bulan, atau tahun lalu. Jangan khawatir membuatnya sempurna atau mudah dibaca; Biarkan pikiran Anda melepaskannya. Gunakan ungkapan-ungkapan seperti “Saya telah belajar,” “Saya merasa begitu,” “alasannya,” “Saya sekarang menyadari,” dan “Saya mengerti.” Ungkapan ini membantu Anda mengkontekstualisasikan emosi Anda dan mendapatkan perspektif mengapa Anda Merasa dengan cara tertentu. Anda tidak perlu menyimpan dokumen; Intinya adalah bahwa pikiran sekarang berada di luar dan di halaman Anda.

 
Diadaptasi dari
 “3 Ways to Better Understand Your Emotions,” by Susan David

 

Sumber: David, S. (2016). 3 Ways to Better Understand Your Emotions. Harvard Business Review.  From: https://hbr.org/2016/11/3-ways-to-better-understand-your-emotions?referral=00203&utm_source=newsletter_management_tip&utm_medium=email&utm_campaign=tip_date&spMailingID=16590721&spUserID=Mzc5MDI3ODgzS0&spJobID=961412674&spReportId=OTYxNDEyNjc0S0.   Retrieved on February 20, 2017.

Nugroho J. Setiadi
  1. Dengan melakukan hal tsb, dapat memberikan evaluasi diri sendiri yang kedepannya dapat membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik dan memahami emosi yang kita miliki.

  2. Saya mencoba menerapkanya namun hasil yg saya dapat saya menjadi stress karena teringat kembali akan suatu masalah yg membuat saya emosi. Namun saya juga dapat mengambil hal positif mengapa kejadian tsb saya atasi dengan emosi tdk dengan kepala dingin. Saya menyadari setiap masalah tidak akan selesai dengan emosi

  3. setiap orang pasti memiliki yang berbeda beda. ada yang bisa dengan spontan meluapkan emosinya dan juga ada yang memendam emosinya. tetapi menurut saya memendam emosi terkadang diperlukan, kenapa ? karena dengan kita memendam emosi dapat meminimalisr pertikaian dengan orang lain. mengambil hal yang positif dari permasalahan yang membuat kita emosi. segala jenis permasalahan apat diselesaikan dengan kepala yang dingin tanpa adanya emosi.

  4. Jika kalian memiliki permasalahan, janganlah menghadapinya dengan amarah. Sebaiknya, tenangkan diri karena amarah akan membuat kamu tidak bisa berpikir dengan tenang. Bisa jadi, apa yang kita lakukan tidak tepat. Sebaiknya redam amarah atau emosi dulu kemudian berusaha menyelesaikan permasalahan tersebut dengan pikiran tenang dan rileks sehingga kita bisa mengambil tindakan yang tepat. Menghadapi masalah dengan rasa amarah akan sia-sia. Ketika marah, kita tidak bisa mengontrol diri sendiri, sehingga masalah bukan selesai ,namun akan bertambah berat dan tidak teratasi

  5. LC21 hindarilah pikiran yang tidak penting saat bekerja. pikiran yang tidak berhubungan dengan pekerjaan akan membuat pekerjaan anda semakin sulit untuk di kerjakan. buanglah sejenak pikiran yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan, dan fokuslah dengan pekerjaan anda. ini akan membantu anda dalam menyelesaikan pekerjaan anda lebih cepat dan efektif. ubahlah pikiran yang tidak penting menjadi semangat anda dalam pekerjaan. emosi ini akan sangat membantu anda dalam mengerjakan pekerjaan anda.

  6. Emosi adalah perasaan intens yang ditujukan kepada seseorang atau sesuatu. Emosi adalah reaksi terhadap seseorang atau kejadian. Emosi dapat ditunjukkan ketika merasa senang mengenai sesuatu, marah kepada seseorang, ataupun takut terhadap sesuatu. bila memang hal seperti itu terjadi, kita harus bisa mengontrol diri kita. kalau saat sedang bekerja, coba hindari hal tersebut dengan cara melakukan istirahat sejenak, seperti membuat kopi atau duduk santai dan memikirkan hal yang membuat kita senang.

  7. Hal tersebut benar adanya . Kita tidak boleh selalu memendam emosi kita tetapi kita juga tidak boleh terlalu berlebih dalam meluapkannya . Tidak hanya kita harus mengerti perasaan orang lain ,kita juga harus mengerti diri kita sendiri .

  8. Nama : Christine Abraham NIM : 2001543944 Kelas : LC21 Setiap orang memiliki cara nya sendiri untuk mengatasi emosi yang sedang dihadapinya, tips yang dibagikan diatas baik dan cukup mudah untuk dilakukan. Tapi, alangkah lebih baiknya daripada mengingat kembali apa yang membuat anda emosi, lebih baik jika anda melakukan kegiatan yang membuat anda menjadi bahagia seperti mendengarkan musik, membaca buku, menonton film atau melakukan kegiatan lain dengan teman.

  9. Dengan kita memahami emosi diri sendiri kita akan dapat mengendalikan emosi dan lebih tenang jika dihadapkan suatu masalah. Mengutarakan emosi juga dapat mengurangi beban pikiran sehingga penting untuk emosional seseorang. Tuliskan permasalahan di atas kertas atau apapun untuk mengurangi emosi dan beban pikiran yang ada.

  10. Emosi memang ada baiknya diluapkan, tidak dipendam begitu saja. dapat diluapkan sendiri, juga dapat dishare bersama teman terdepat. dapat dipastikan jika emosi dipendam, dapat menimbulkan hal negatif

  11. Tentu benar langkah yang dicantumkan diatas. Memendam emosi itu tidak baik dan melampiaskan dengan menulis itu sangat efektif daripada ke orang mungkin saja dapat tersinggung dengan omongan kita dan tidak tentu dapat mengerti perasaan emosional yang terjadi pada diri kita.

  12. Aji hajar baskoro 2001589005 Lc21 Intropeksi diri adalah hal yang baik untuk mengevaluasi apa saja yang sudah kita lakukan juga melihat kesalahan yang kita buat dan memahami emosi kita dengan baik.

  13. Emosi yang parah memang membuat kita terhambat untuk berpikir jernih. Jika dipaksa akan membuat kita semakin tertekan. Cara diatas baik adanya untuk dilakukan agar kita merasa sedikit lega&emosi tercurahkan. Mugkin ada cara lain yaitu bercerita dengan kerabat&berdoa supaya lebih tenang. Lambat laun emosi akan reda. Terkadang kita hanya butuh didengarkan bukan solusi. Lakukanlah hal yang dapat membuat Anda senang kembali pada saat emosi/mood yang sedang tidak baik

  14. Hal ini bisa menjadi cara yang efektif, apabila emosi dipendam maka akan menjadi stress dan buruk bagi kesehatan mental, dengan mengeluarkan keluh kesal dalam diri kita, setidaknya akan mengurangi beban yang kita tanggung.

  15. dengan seperti itu kita dapat merenungkan dan lebih mengevaluasi diri kita sendiri, apa emosi kita sangat berlebihan sehingga bisa membuat orang lain rugi tau tidak, karna yang tahu emosi kita adalah kita sendiri dan hanya dirt kita sendiri yang dapat mengontrolnya

  16. memendam emosi sangat tidak baik bagi kesehatan mental bahkan saat mencoba untuk menahannya sangat terasa sakit atau stress. mengeluarkan semua beban kita dengan cerita ke teman atau keluarga akan mengurangi emosi kita.

  17. Emosi adalah salah satu yang tidak bisa dihindarkan dan memendam emosi juga tidak baik hingga anda merasa cepat emosi tapi tidak tau mengapa. dencan cara menuliskan pengealam emosional tersebut itu akan membantu meluapkan rasa semua emosi dan membantu menyelesaikannya. Jadi, menurut saya cara itu baik digunakkan

  18. cara orang dalam meluapkan emosi berbeda-beda, tentu kita harus tetap bisa mengontrol emosi kita dengan baik agar tidak menganggu orang lain, dan emosi tidak harus dengan cara melampiaskan kepada orang lain, itu hanya akan memperburuk keadaan

  19. Hal hal yang dianjurkan diatas sangat rekomendasi untuk di coba, karena mengendalikan dan mengerti emosi sendiri itu sangatlah susah. Tetapi jika dilatih secara terus menerus akan mudah. Dengan menulis juga akan lebih baik agar jiwa seseorang meevaluasi apa yang salah dari sifatnya atau perlakuannya dan diperbaiki

  20. emosi hal yang tidak bisa dihindari , saat emosi agar tetap berpikir untuk tenang karena semua masalah yang diselesaikan dengan emosi tidak akan mendapatkan hasil yang baik .

  21. Menurut saya, dalam mengatasi emosi tentu berbeda beda. Tetapi menggunakan metode yang bapak berikan juga mungkin dapat mengatasi emosi . Secara efisien dan cepat,

  22. saya sangat sering mengalami emosi yang tidak tahu apa alasannya, saya menjadi tidak fokus dan tidak nyaman dengan kegiatan apa saja yang saya lakukan, dan menjadi tidak mood untuk bersosialisasi dengan teman teman, jadi saya memilih untuk memahami emosi saya terlebih dahulu dengan meluangkan waktu sendiri dan melakukan hal hal yang membuat mood saya kembali baik, karena emosi orang tentu juga berbeda beda, dan cara mengatasinya pun juga bisa berbeda beda.

  23. saran tersebut bisa digunakan karena dengan begitu kita akan sadar dan tidak akan mengulang emosi tsb

  24. Tidak jarang kita menemukan berbagai ungkapan emosi dari berbagai manusia. Hanya hal-hal atau cara-cara mereka mengekspresikan sebuah emosi itu berbeda. Kadang emosi ini menjadi hambatan atau halangan kita dalam melakukan aktivitas, biasanya emosi yang berkepanjangan mempunyai dampak yang berkepanjangan juga. Saat emosi cobalah kenali diri sendiri dulu, mengetahui apa sebabnya dan bagaimana bisa emosi itu bisa meluap.

  25. tidak semua orang dapat menerima judul atau bahkan isi artikel diatas. orang mempunyai cara yang berbeda - beda untuk menahan emosinya dan menurut saya, saya kurang sependapat dengan judul artikel diatas karna terlalu subjektif.

  26. Emosi adalah setiap kegiatan atau pergolakan perasaan, pikiran serta setiap keadaan mental yang hebat dan meluap-luap. Emosi juga merujuk kepada pikiran-pikiran yang khas dalam suatu perasaan, suatu keadaan biologis dan psikologis dan serangkaian kecenderungan untuk bertindak. jadi kita harus dapat mengontrol diri kita sendiri.

  27. Hal tersebut mungkin salah satu reference cara meluapkan emotional secara baik tanpa menyakiti orang lain. Cara tersebut dapat dilakukan dan menurut saya efektif dengan menuliskan apa yang sedan dirasakan. Mungkin kita terlalu sungkan untuk menyampaikan emosi apa yang kita rasakan terhadap seseorang.

  28. Menandai emosi merupakan langkah awal yang penting ketika kita kurang mengetahui penyebab dari timbulnya perasaan tersebut. Dengan menandai hal tersebut, maka peningkatan nyata dalam kesejahteraan fisik dan mental pun akan terjadi. Hal ini juga membantu untuk mengkontekstualisasikan emosi dan mendapatkan perspektif akan perasaan diri sendiri.

  29. setisp orang memiliki tingkat emosi tersendiri namun cara menghilangkan emosi juga berbeda2 meungkin dalam artikel tersebut merupakan salah satu cara untuk menghilangkan emosi dengan cara cepat dan mudah

  30. Emosi memang sebaiknya di utarakan, tetapi jangan sampai mnyakiti atau merugikan orang lain. Jika anda emosi sebaiknya cerita ke teman terdekat agar teman anda bisa memberi masukan, jika emosi terus dipendam anda bisa stress dan tidak produktif.

  31. Saya setuju,karena banyak orang masih blm bisa mengendalikan emosinya sehingga dapat merugikan diri sendiri atau orang disekitarnya

  32. Saya adalah seorang yang sangat tempramental dalam mengatasi banyak hal sulit tapi ''saya telat belajar" bagaimana emosional bukan cara yang sangat efektif untuk menyelesaikan masalah tapi malah mempersulit masalah.

  33. Tungak emosi seseprang berbeda namun dengan segala upaya kita harus menghandle agar tidak terjadi perselisihan

  34. Kawai satria 2001591060 Pelepasan rasa emosi tidaklah harus dengan aktifitas negatif .seperti artikel diatas yg dapat disimpulkan dengan mencatat kapan dan mengapa kita dapat terpicu emosi dalam jangka waktu harian,mingguan dan bulanan pun dapat dilakukan sehingga menjadi evaluasi diri sendiri dan menciptakan kontrol emosi yg baik pada diri kita

  35. Saya pernah mengalami hal ini. Dan saya melakukan cara yang hampir sama dengan artikel ini. Menurut saya memang sangat efektif jika melakukan hal seperti itu. Karena memberikan kita kesadaran dan secara tidak langsung melatih emosi kita supaya tetap tenang dan berpikir jernih.

  36. Dengan mencoba praktik tersebut, diharapkan kita menjadi tahu faktor apa saja yang bisa menimbulkan rasa emosi pada diri sendiri. Setelah itu, kita bisa menghindari faktor faktor tersebut

  37. Saya setuju dengan artikel diatas. Selain bermanfaat agar kita bisa melatih emosi, kita jg dapat mengatur agar emosi kita tetap terjaga

  38. Dengan mengetahui faktor-faktor tersebut kita dapat melatih diri kita untuk menghindari hal-hal yang membuat emosi serta lebih melatih kita untuk terus bersabar dan bijak dalam bertutur kata dan bertindak.

  39. Menurut saya, melalui memahami emosi diri sendiri kita akan dapat mengendalikan emosi dan lebih rasional jika dihadapkan suatu konflik. Mengeluarkan emosi juga dapat mengurangi beban pikiran sehingga membantu kondisi emosional seseorang. Tuliskan permasalahan ataupun ekspresikan melalui suatu media dapat meringankan emosi dan beban pikiran yang ada.

  40. Kenali diri sendiri sangatlah penting, terutama emosi, yang terkadang sangat sulit dikendalikan oleh karnanya perlulah mengenali emosi dan belajar untuk melatih kesabaran.

  41. Menurut saya setiap orang mempunyai cara yang berbeda-beda untuk mengukapkan atau mengekspresikan emosi. Seperti artikel diatas mungkin bisa dilakukan seperti itu, tp menurut saya hanya menuliskan saja tidak cukup terkadang kita harus berbicara dan berbagi kepada orang lain karna itu jauh lebih menenangkan diri.

  42. Terkadang bersikap emosional memang diperlukan untuk menenangkan diri kita tetapi kita harus mengontrol emosi kita misalnya dengan menuliskan yang kita rasakan seperti artikel diatas atau menceritakannya dengan teman yang bisa membuat kita merasa lebih legowo.

  43. Setiap orang memiliki cara nya sendiri untuk mengatasi emosi yang sedang dihadapinya, tips yang dibagikan diatas baik dan cukup mudah untuk dilakukan. Sebaiknya kita membuat mood kita menjadi baik dahulu seperti membuat apa yg menbuat kita seneng

  44. Setiap individu pasti mempunyai cara tersendiri untuk meluapkan emosinya, akan tetapi cara diatas bisa di lakukan karena pasti ada individu yang bingung untuk meluapkan emosinya. Dalam meluapkan emosi sebaiknya jangan sampai menyinggung perasaan orang lain

  45. Dengan memahami emosi diri sendiri, secara tidak langsung kita akan dapat mengendalikan emosi dan menjadi jauh lebih tenang jika sedang menghadapi suatu masalah. Mengutarakan emosi yang dimiliki, juga merupakan salah satu cara dalam mengurangi beban pikiran yang ada, hal lain yang dapat anda lakukan adalah tinggalkan kegiatan yang membuat anda emosional untuk sesaat dan beralih ke kegiatan favorit seperti hobi anda, untuk mengurangi emosi yang ada.

  46. Pemahaman terhadap diri sendiri tentu menjadi faktor utama yang menentukan kita akan bersikap dan bertindak seperti apa salam menghadapi suatu situasi dan kondisi. Alangkah baiknya pengendalian emosi sangat dijaga sehingga kita dapat menyalurkan tenaga kita ke berbagai aktivitas yang lebih positif.

  47. Melakukan refleksi diri untuk memahami emosi diri dpaat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya adalah dengan mengungkapnya dengan menuangkan pada tulisan. Dengan menulis, kita dapat melepaskan beban-beban pikiran yang memberatkan otak kita. Menulis pun dapat memberikan kita "kronologi" tentang bagaimana kita berfikir dari waktu ke waktu, apa sajakah yang sudah kita rasakan, dan apa yang harus kita lakukan berikutnya.

  48. Saya setuju dengan artikel diatas bahwa terkadang ketika sedang dilanda perasaan yang emosional cara yang terbaik untuk mengatasinya adalah dengan menuliskannya dan membiarkan rasa emosi tersebut dicurahkan begitu saja. Terkadang apabila rasa emosi tersebut hanya kita simpan pada pikiran kita justru hal itu akan membuat kita semakin memikirkannya dan tidak lepas dari rasa emosi itu sendiri. Maka dari itu, cara yang terbaik adalah dengan mencurahkannya sehingga timbul perasaan yang lega pada akhirnya.

  49. Ketika Anda merasa emosional tapi tidak bisa menentukan mengapa, cobalah untuk menuliskan apa yang Anda rasakan di kertas, laptop, atau apa saja yang Anda prefer. Tulis semua apa yang Anda rasakan dan ceritakan kejadian apa yang memicu emosi Anda untuk bersikap seperti itu. Dengan menuliskan pengalaman emosional Anda, hal ini akan membuat Anda merasa lebih bebas dalam mencurahkan apa yang Anda rasakan tanpa orang lain mengkritik, dan juga dapat mengurangi beban yang Anda alami. Ungkapan yang telah Anda tulis dapat membantu untuk lebih memahami emosi diri sendiri dan melihat perspektif mengapa Anda merasakan sesuatu dengan cara tertentu.

  50. Emosi dapat menjadi senjata kita maupun kelemahan kita. Dengan mengetahui lebih dalam mengenai emosi kita, tentu hal tersebut menjadi acuan bagi kita terhadap batas-batas emosi yang kita miliki untuk menghadapi berbagai macam perkara yang terjadi

  51. Setiap orang memiliki cara untuk mengelurkan emosinya masing-masing, yang terpenting adalah ketika kita ingin mengekspresikan emosi kita, kita tidak merugikan siapa pun. berdasarkan diatas, ketika emosi tersebut perlu dituliskan menurut saya penting dan tidak penting. mungkin hal tersbut membantu kita untuk dapat merefleksikan kembali apa yang kita lakukan dan rasakan dan dapat menintrospeksi diri sendiri. tetapi kita juga dapat juga menunjukan emosional diri dengan cara apa pun, yang dapat menenangkan dan mendamaikan diri kita. yang terpenting adalah kita memperbaiki, membangung, dan membangkitakan semangat diri kembali.

  52. Tentu benar langkah yang dicantumkan diatas. Memendam emosi itu tidak baik dan melampiaskan dengan menulis itu sangat efektif daripada ke orang mungkin saja dapat tersinggung dengan omongan kita dan tidak tentu dapat mengerti perasaan emosional yang terjadi pada diri kita.

  53. Menurut Saya, cara tersebut adalah salah satu cara untuk membuat suatu pola pikir positif yang baru hanya saja diperlukan konsistensi minimal melakukan 40 hari berturut-turut agar pola pikir baru dan behavior tersebut terbentuk hingga melekat didalam diri.

  54. Menurut saya cara di atas dapat membantu kita dalam mengevaluasi diri kita dengan melihat atau mengingat pengalaman - pengalaman sebelumnya dan dari pengalaman tersebut kita bisa belajar memperbaiki diri kita sendiri dan mencoba untuk lebih bisa menahan emosi kita agar tidak dapat merugikan diri kita sendiri dan orang lain.

  55. emosi yang terjadi didalam diri tentunya terjadi karena banyak hal, namun sering juga muncul emosi yang kita sendiri tidak tahu penyebabnya sehingga kita akan mudah merasa stress dan muak, seperti yang telah disebutkan oleh artikel diatas, salah satu cara untuk meluapkan emosi adalah dengan menulis episode emosional untuk membantu meredakan emosi. selain itu bisa juga dengan melakukan meditasi ataupun dengan melakukan hoby yang dapat meredekan emosi

  56. Menurut saya meditasi dan menulis diary merupakan cara yang baik untuk melepas beban emosi. Akar dari setiap masalah kehidupan sebenarnya berawal dari emosi. Jika ditumpuk dapat mempengaruhi kualitas kehidupan serta menghambat kebahagiaan. Setelah meditasi dan menulis jangan lupa untuk sugesti pikiran diri sendiri dengan kata-kata positif misalnya "saya memiliki prioritas lain sehingga saya tidak akan mendengarkan kata-kata negatif yang ada pikiran saya hari ini".