Jika Anda Mess Up dalam Wawancara Kerja, Perbaiki Kesalahan Anda

Compiled by: Nugroho J. Setiadi, PhD
Orcid-ID: http://orcid.org/0000-0002-1864-0116

Wawancara kerja sangat menegangkan. Bahkan ketika Anda telah menyelesaikan banyak persiapan dan mempraktikkan jawaban Anda, tekanan tersebut mungkin menyebabkan Anda mengatakan hal yang salah, menanggapi pertanyaan secara tidak lengkap, atau menghilangkan informasi penting. Tentu saja, Anda tidak bisa meminta do-over, tapi Anda bisa mencoba memperbaiki kesalahan Anda.
Jika Anda masih dalam wawancara, mungkin Anda dengan sopan mengatakan: “Saya baru menyadari bahwa saya belum menyebutkannya …” atau “Saya rasa saya tidak menjawab pertanyaan Anda sepenuhnya. Saya ingin menambahkan … ”
Jika Anda menyadari kesalahan atau kelalaian setelah wawancara selesai, Anda dapat mengirim email terima kasih yang mengatakan,”Saya ingin menambahkan [atau mengklarifikasi, atau merevisi] apa yang saya katakan tentang x … ”
Dengan begitu Anda tidak perlu terbangun pada malam hari mengkhawatirkan flub Anda. Anda dapat mengetahui bahwa Anda telah melakukan yang terbaik – dan sekarang tergantung pada manajer perekrutan yang akan diputuskan.

Diadaptasi dari “How to Handle Stress During a Job Interview,” by Anna Ranieri.

Sumber:
Ranieri, A. (2017). How to Handle Stress During a Job Interview. Harvard Business Review. From: https://hbr.org/2017/07/how-to-handle-stress-during-a-job-interview?utm_medium=email&utm_source=newsletter_daily&utm_campaign=mtod&referral=00203&spMailingID=18729862&spUserID=Mzc5MDI3ODgzS0&spJobID=1162073653&spReportId=MTE2MjA3MzY1MwS2 . Retrieved on Dec 29, 2017

Nugroho J. Setiadi
  1. Wawancara adalah hal yang sangat penting dalam seleksi kerja karena itu adalah kesan pertama sebagai pewawancara apabila anda gagal atau merusak wawancara kemungkinan besar pewawancara akan memberikan nilai dan kesan yang kurang baik. Maka dari itu, dapat dilakukan seperti yang telah dijelaskan diatas seperti menambahkan jawaban di akhir ataupun mengirimi email. Menurut saya, sebelum adanya wawancara lebih baik dilakukan latihan dahulu seperti latihan wawancara dengan orang lain, latihan menghadapi grogi, berdoa, latihan pernafasan sebelum wawancara agar tidak grogi, harus percaya diri, dan lainlainnya

  2. kelas : LA21 . merlin claudya - 2001560036 artikel ini sangat membantu mengatasi tekanan saat akan menghadapi interview agar setelah melakukan interview untuk tidak terlalu dijadikan tekanan karena apa yang belum disampaikan kepada orang tersebut masih bisa berusaha untuk memperbaikinya dengan mengirimkan email ini merupakan solusi yang baik .

  3. wawancara memang suatu hal yang menegangkan, namun jika memiliki tekanan setelah interview, kita masih dapat berusaha untuk memperbaikinya, artikel ini sangat berguna.

  4. Menurut saya cara ini memang benar untuk menenangkan kekhawatiran kita. Tentu saat melakukan kesalahan atau kurang informasi yang kita berikan saat wawancara dapat mengganggu jam saat kita tidur. Tentu kita dapat menulis email tentang penambahan informasi atau klarifikasi tentang wawancara tadi. Dan kunci dalam wawancara sepertinya memang kita harus percaya diri dan yakin dengan jawaban yang kita berikan merupakan jawaban yang paling baik dan tepat. Dan kita jujur dalam menjawab.

  5. Artikel ini sangat membantuu, saya setuju dgn artikel inii. Karena wawancara adalah tongkak dalam memutuskan apakah akan layak lanjut di inteview dan mendapatkan pekerjaan. Maka dari itu wawancara adalah awal yang sangat pentinggg. Kesalahan dalam wawancara memang harus diperbaiki. Sebaiknya sebelum wawancara di persiapkan secara matang.

  6. Rendi Reynaldi LA21 2001578790 Menurut saya,artikel ini sangat membantu sekali karena jika kita sedang wawancara memang terkadang lupa mengucapkan hal yang sudah kita pikirkan,jadi saran dari artikel ini sangat membantu karena kita tidak perlu lagi memikirkan hal itu lg ,kita hanya menyampaikan via email

  7. Menurut saya, dalam hal wawancara kerja sangatlah menegangkan bagi semua orang, karena itu merupakan salah satu hal utama yang sering dilakukan untuk menyeleksi pekerja. Maka dari itu kita harus mempersiapkan diri sebelum dilaksanakannya proses wawancara tersebut agar bisa berjalan dengan baik.

  8. Artikel ini sangat membantu, karena wawancara adalah cara yang selalu diapakai dalam memutuskan apakah kita layak lanjut di inteview dan mendapatkan pekerjaan. Karena itu wawancara sangat penting. Sebaiknya sebelum wawancara di mulai persiapkan matang-matang.

  9. Menurut saya artikel ini sangat bagus dan dapat membantu mahasiswa dalam menghadapi kegelisahan sebelum wawancara

  10. Artikel ini sangat membantu menurut saya. Melalui wawancara, orang tersebut dapat mengetahui karakteristik dari diri kita dalam menjawabnya. Menurut saya, kunci utama wawancara yang paling utama adalah percaya diri. Apabila tidak percaya diri, sebagian besar orang akan mengalami grogi, gugup, dan blank saat melakukan wawancara. Namun, untuk tekanan yang dialami setelah melakukan wawancara, seperti yang telah dikatakan diartikel, masih dapat diperbaiki lagi untuk kedepannya.

  11. Artikel ini sangat membantu calon pelamar untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi wawancara kerja. Selain itu, ada baiknya melakukan latihan sebelum wawancara agar mampu menguasai dan mengenal diri sendiri.

  12. Artikel ini sangat membantu bagi calon pelamar kerja yang ingin melamar pekerjaan di sebuah perusahaan dan juga jika kita melakukan kesalahan dalam menjawab dalam melakukan wawancara kita dapat mengirim jawaban yang benar lewat email kepada perusahaan sehingga persahaan dapat mengkoreksinya

  13. Wawancara merupakan tahap yang penting dalam menentukan diterima atau tidaknya seseorang. Walaupun kadang kita sudah berlatih berkali-kali, namun ketegangan yang dirasakan saat menghadapi wawancara secara langsung bisa membuat kita menjawab pertanyaan dengan kurang memuaskan. Hilangkan perasaan cemas, dan percaya pada kemampuan yang kita miliki. Cara untuk memperbaiki kesalahan yang diberikan di artikel ini sangat membantu untuk menghadapi kesalahan yang kita perbuat saat melakukan wawancara.

  14. menurut saya, artikel ini sangat membantu kerena wawancara adalah gerbang penentuan apakah anda akan menuju tahap selanjutnya atau tidak dan juga banyak sekali kendala (baik hal kecil mau pun hal besar) yang terjadi saat wawancara.

  15. menurut saya apa yang di sampaikan dalam artikel ini adalah benar dan juga membantu. Karena dalam melakukan sebuah wawancara bukan hanya tentang pengetahuan saja yang harus siap, tetapi mental seseorang juga mempengaruhi, mempersiapkan trik2 untuk mengatasi kegugupan saat wawancara berlangsung nanti juga perlu menurut saya, dengan begitu segala persiapan yang matang pasti nya akan menghasilkan hasil yang baik juga, jika persiapan itu masih kurang dan kita melakukan kesalahan maka ada beberapa cara untuk mengatasi hal tsb seperti yang sudah di katakan pada artikel di atas& saya setuju akan cara tersebut.

  16. Hal tersebut dapat dijadikan reference untuk fresh graduate apabila mendapatkan pengalaman yang sama. Ketakuan semacam itu sangat wajar saat melakukan kesalahan karena pastinya kita menganggap semua persiapan yang telah dilakukan akan dirusak oleh sesuatu yang kecil sangat membuat kecewa.

  17. Wawancara adalah bagian penting dalam penting dalam proses pelamaran karena bukan hanya pengetahuan kita yang di uji namun kesiapan kita juga, mental sangat berperan penting dalam proses wawancara maka dari itu kita harus nempersiapkan diri agar tidak gugup pada saat wawancara berlangsung, saya sangat setuju dengan artikel ini dan sangat membantu.

  18. wawancara kerja merupakan tahapan sebelum anda di terima kedalam perusahaan apabila anda lulus dana uji wawancara beberapa orang pasti mengalami ketegangan dalam wawancara kerja saya setuju dengan artikel tersebut karena membantu kita terlebih lagi fresh graduate untuk membantu dalam mempersiapkan uji wawancara kerja tersebut

  19. Dengan adanya artikel mengenai tips untuk menghadapi dan mengatasi ketakutan dan ketidakpuasan dalam sebuah wawancara terutama pekerjaan, sangat membantu para pencari kerja terutama bagi yang belum berpengalaman. Karena proses wawancara merupakan hal yang dapat dijadikan pertimbangan penting bagi perusahaan dalam melakukan perekrutan karyawan baru.

  20. Wawancara adalah bagian penting dalam penting dalam proses bentuk konten karena bukan hanya pengetahuan kita yang di uji namun kesiapan kita juga, wawancara berperan penting dalam proses pertanyaan, maka dari itu kita harus nempersiapkan diri agar tidak gugup pada saat wawancara berlangsung, saya sangat setuju dengan artikel ini dan sangat membantu.

  21. Menurut saya, artikel ini sangat menbantu bagi orang-orang ingin di wawancara

  22. Saya setuju dengan artikel ini. Artikel ini dapat membuat orang2 yg membaca termasuk saya belajar lebih banyak dalam menghandle diri sendiri ketika wawancara maupun sesudah wawancara dilaksanakan.

  23. Menurut saya artikel diatas sangat membantu dalam menghadapi kesalahan atau kekurangan kelengkapan saat menghadapi interview kerja. Dan solusi yang diberikan diatas juga saya sangat menyetujuinya. Namun alangkah lebih baiknya memang sebelum melakukan interview kerja dilakukan latihan terlebih dahulu sehingga meminimalisir kekurangan dalam menjawab dan kesalahan dalam menjawab pula.

  24. Artikel ini menambah pengetahuan saya. Artikel yang sangat bagus. Saya jadi mengetahui apa yang harus saya perbuat jika saya merasa jawaban di wawancara yg saya lakukan ada kekurangan, maka saya tinggal memberikan e-mail kepada pihak perusahaan. Sesuai yang tertera di artikel ini.

  25. Menurut saya, kesalahan yang terdapat dalam proses menjawab selama wawancara sangat krusial. Karena apabila ada kesalahan yang terjadi pada saat wawancara,dapat membuahkan hasil penilaian yang tidak maksimal. Kesalahan atau kekurangan menjawab dalam proses wawancara yg kemudian dikirim lewat email turut dicoba, tapi mungkin hal itu tidak besar kemungkinan nya akan merubah hasil penilaian yang pertama pada saat bertatap muka.

  26. Interview merupakan salah satu kegiatan dalam perekrutan karyawan baru yang selalu membuat nervous sang karyawan. Dengan adanya artikel ini, saya mendapatkan wawasan baru terutama dalam menghadapi rasa nervous karena salah dalam menjawab sewaktu interview. Artikel ini memberi wawasan baru meskipun kita melakukan kesalahan sewaktu Interview, kita masih dapat memperbaiki kesalahan tersebut setelah Interview. Terima kasih pak, artikel yang sangat bermanfaat.

  27. Menurut saya artikel ini sangat membantu. Karena melalui wawancara, orang dapat mengetahui karakteristik dari diri kita dalam menjawab sebuah pertanyaan melalui interview. Dan salah satu kunci utama wawancara adalah percaya diri. Apabila ketika wawancara tidak percaya diri dalam menjawab, maka sebagian besar orang akan mengalami grogi, gugup, dan blank dalam melakukan wawancara. Namun, untuk tekanan yang dialami setelah melakukan wawancara, seperti yang telah dikatakan diartikel itu, masih dapat diperbaiki lagi untuk kedepannya dan menjadi perbaikkan diri untuk selanjutnya

  28. بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ Berdasarkan apa yg sudah ditulis diatas, dapat menjadi refrensi bagi fresh graduate ketika menghadapi wawancara agar lebih tenang dan rilex. Karena yg paling sering dialami oleh fresh graduate adalah gugup sehingga lupa akan apa yg sudah dilatihnya sebelumnya. Saya sangat setuju dengan artikel ini, terima kasih pak.

  29. Kawai satria 2001591060 Wawancara kerja merupakan hal krusial yg anda akan lakukan sebelum memasuki sebuah pekerjaan dan juga menjadi salah satu penentu terima atau tidaknga anda pada suatu pekerjaan.memperbaiki tingkah laku ketika berwawancara dan pikirkan hal hal yg mungkin akan ditanyakan interviewer merupakan hal oenting yg harus dipikirkan sebelum memulai wawancara.ketika wawancara sudah mulai anda dapat melakukan perbaikan ketika anda merasa jawaban anda kurang puas dengan kalimat kalimat yg tertera pada artikel sehingga dapat mengubah pandangan interviewer

  30. Saya sangat setuju dengan artikel diatas. Sikap yang dilakukan sudah benar sesuai dengan etika. Dan agar tidak menimbulkan beban atau pikiran untuk diri sendiri. Dengan begitu anda sudah memberikan informasi yang terbaik dari diri anda, tinggal bagaimana perusahaan menyikapi sikap anda tersebut.

  31. Lakukan sebisa dan sebaik mungkin dalam wawancara, sisanya tinggal kebijakan perusahaan lah yang dapat menentukan nasib kita.

  32. Banyak orang yang menganggap bahwa wawancara kerja itu sekadar setor muka dan menjawab pertanyaan yang diajukan pewawancara. Ini salah besar, Bela! Wawancara kerja itu mirip dengan presentasi, kamu harus menyajikan versi terbaik dirimu agar perusahaan yang kamu incar tertarik denganmu. Maka jangan sampai kamu melakukan kesalahan-kesalahan yang fatal.

  33. Artikel ini sangat membantu menghadapi interview agar setelah melakukan interview untuk tidak terlalu dijadikan tekanan karena apa yang belum disampaikan kepada orang tersebut masih bisa berusaha untuk memperbaikinya dengan mengirimkan email ini merupakan solusi yang sangat baik.

  34. Wawancara merupakan tahap awal dalam seleksi kerja yang melibatkan percakapan antara pelamar kerja dengan pihak perwakilan dari suatu perusahaan untuk melihat, apakah calon pekerja merupakan kandidat yang tepat atau tidak. Menurut saya artikel ini sangat bagus memang ketika wawancara kerja itu sangat menegangkan sekali, membuat konstentrasi seseorang buyar ketika wawancara dimulai. Dengan membaca artikel ini setidaknya dapat membatu untuk menghilangkan sedikit stres ketika wawancara

  35. artikel ini sangat membantu dalam mengahadapi wawancara kerja. apalagi bagi orang orang yang belum pernah mengalami wawancara kerja. karena dalam wawancara kita dinilai layak atau tidak untuk bekerja di perusahaan tersebut

  36. Disaat kita melakukan suatu kesalahan dalam wawancara kerja maka evaluasi lagi apa yang salah dalam diri kita karena dengan mengevaluasi kembali diri kita maka di wawancara selanjutnya kita bisa mengurangi kesalahan yang mungkin terjadi tetapi kita juga harus yakin bahwa yang sudah kita lakukan adalah yang terbaik.

  37. Artikel ini sangat membantu menghadapi ketegangan saat dan setelah melakukan interview. Kesalahan yang dilakukan tidak perlu menjadi beban pikiran, karena terdapat cara-cara lain untuk memperbaikinya dan melengkapi yang dirasa belum cukup. Disamping itu, preparasi yang cukup tetaplah menjadi jalan yang ideal sebelum menghadapi interview.

  38. Di dalam pekerjaan, wawancara adalah salah satu persyaratan ketika ingin melamar pekerjaan di suatu perusahaan. Tekanan yang ada saat wawancara menjadikannya sesuatu yang sangat menegangkan. Karena tekanan inilah yang mungkin menyebabkan Anda mengatakan hal yang salah, salah menanggapi pertanyaan sehingga Anda menjawabnya secara tidak lengkap, atau menghilangkan informasi penting mengenai Anda (pengalaman kerja, bagaimana Anda menyikapi suatu masalah, skills yang Anda miliki dan bagaimana Anda menggunakan skills tersebut untuk menyelesaikan masalah, dsb.) Bahkan ketika Anda telah menyelesaikan banyak persiapan dan mempraktikkan jawaban Anda, tekanan yang dialami terus saja membebani Anda dalam menjawab pertanyaan yang dilontarkan. Artikel diatas telah membuat saya lebih mengetahui bagaimana untuk bersikap ketika wawancara, tips&tricks untuk menghindari kesalahan saat wawancara, dan teruslah berlatih untuk mengurangi kesalahan pada saat wawancara.

  39. Kesalahan dalam interview tentu sering terjadi. Seperti yang dikatakan penulis, sesempurna apapun kita mempraktekkan situasi wawancara, ketegangan dan juga tekanan yang ada pada situasi real-life dapat mengurangi performa anda dalam suatu interview. Dengan memperbaiki kesalahan anda pada interview melalui cara yang dituliskan pada artikel, anda setidaknya dapat merasa yakin bahwa anda memang telah melakukan yang terbaik terhadap wawancara anda.

  40. Wawancara adalah salah satu tahapan yang penting dalam keputusan perusahaan menentukan dan membuat keputusan terhadap calon karyawan tersebut. sehingga dalam kesempatan wawancara yang hanya sekali ini, seharusnya para calon harus mempersiapkan dengan baik dengan segala kondisi dan situasi, mengetahui cara menangani, menggulangi, memperbaik masalah atau keselahan yang terjadi dan yang terpenting adalah mental, kejujuran, dan mengetahui banyak informasi plus latihan. sehingga ketika interview diharapkan dapat puas dikedua pihak. tetapi ketika hal yang diatas terjadi, ketika dipermisalkan saya yang menjadi yang diwawancarai, cara diatas sangat benar dan membantu untuk memperbaiki kesalahan yang terjadi saat wawancara. Karena sebagai calon semaksimal mungkin harus membangun image/citra baik saat komunikasi pertama (interview) untuk perusahaan.

  41. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa kekhawatiran karena kesalahan yang dilakukan pada interview. Tetapi kembali lagi tergantung kepada diri masing-masing. Setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda untuk mengurangi rasa kekhawatiran mereka. Pada artikel ini, cara yang disampaikan penulis merupakan salah satu cara yang umum dan mungkin dapat menjadi efektif bagi mayoritas orang

  42. Wawancara merupakan tahap yang sangat penting ketika hendak melamar pekerjaan karena dalam wawancara, perusahaan dapat secara langsung melihat kepribadian kita dan menilai apakah kita cocok untuk bekerja di perusahaan tersebut atau tidak. Namun seringkali ketika sedang menghadapi tahap wawancara, kita menjadi sangat gugup sehingga jawaban yang hendak dilontarkan menjadi tidak sesuai dengan yang telah kita pikirkan sebelumnya. Untuk mengatasi hal ini, kita dapat melakukan cara-cara yang telah disebutkan pada artikel diatas sehingga hasil yang diberikan lebih maksimal dan kita tidak berlarut terlalu lama dalam perasaan bersalah.

  43. Saya setuju dengan artikel ini. Artikel ini dapat membuat orang2 yang membaca termasuk saya belajar lebih banyak dalam menghandle diri sendiri ketika wawancara maupun sesudah wawancara dilaksanakan.

  44. Memang wawancara kerja menjadi bagian tersulit untuk memasuki ranah pekerjaan. Artikel tersebut menjelaskan bagaimana kita menuntaskan kesalahan kita disaat wawancara kerja. Saya sarankan untuk berlatih terus-menerus untuk dapat enjoy di tiap wawancara kerja.

  45. Dalam pengalaman saya, terkadang sulit untuk berbicara didepan orang banyak. Tetapi tidak menutup kemungkinan jika face to face dengan 1 orang atau dalam melaksanakan wawancara saya juga bisa merasakan panik dan malah lebih sulit. Ini dikarenakan kita merasa di intimidasi dan merasa gugup