PERSAINGAN USAHA BERBASIS PSIKOGRAFI VS NON PSIKOGRAFI

Oleh Hardijanto S
Dalam persaingan usaha dapat dikategorikan dalam 2 dimensi utama yaitu, persaingan pada usaha yang memiliki produk berbasis psikografi (akitifitas, style, perilaku, gaya hidup) dan usaha yang memiliki produk non psikografi (infrastruktur, material, bahasa pemrograman). Dalam persaingan yang memiliki basis kompetitif psikografi, nampaknya akan sengit dan sangat dinamis bahkan menjurus ke hiperkompetitif. Hal ini dikarenakan minat/selera/kebutuhan/gaya/ para pengguna yang makin cepat berubah-ubah, karena makin banyaknya penawaran dari para produsen, serta makin meningkatnya kompetisi antar perusahaan dalam industri, karena makin bertambahnya jumlah perusahaan yang beroperasi.

Teknologi dan pengetahuan-kreatifitas adalah pasangan koin. Teknologi mendorong pengetahuan–kreatifitas baru, juga sebaliknya pengetahuan yang kreatif menciptakan ide baru di bidang teknologi, Quintin (2008). Teknologi semakin lama semakin dekat dengan manusia. Pencitraan gambar dari peralatan teknis terus makin maju, mendekati citra sesungguhnya. Perkembangan teknologi Human-Computer Interfacing (HCI) atau alat perantara computer dengan pemakainya seperti aplikasi layar sentuh, penerjemah suara, dan haptic interface technology lainnya makin mendorong dan memudahkan manusia menggunakan teknologi tersebut. DI era saat ini teknologi berbasis HCI sangat dekat dan sering dimanfaatkan dalam memenangkan persaingan berbasis psikografi. Kecepatan perubahan atas demand konsimen dan supply teknologi, bergerak dengan kecepatan perubahan yang terus meningkat.

Pada lingkungan bisnis yang cepat berubah, perusahaan yang mampu bertahan hidup adalah jika ia dapat terus-menerus beradaptasi dan berkembang secara optimal melalui kegiatan operasionalnya sebagai sistem kompleks yang adaptif, Hess (2010).

Sumber Hardijanto S. 2016, Konvergensi TIK, Agen Pencetus Perubahan: “Suatu Implementasi Praktis atas Kompetisi-Kolaborasi‐Integrasi yang Mendorong Pertumbuhan Berkelanjutan, Membangun Indonesia di Era Cyber

Hardijanto S.