Customer Shopping Mechanisms: Webstores, Malls, And Portals

Beberapa jenis interaksi ada di antara penjual, pembeli, dan pasar elektronik. Mekanisme B2C utama adalah Webstores (etalase) Electronic Malls dan Web (Information) Portals.

Webstores

Webstores (atau etalase) merujuk ke situs web satu perusahaan (atau penjual individu) tempat produk dan layanan dijual.

Webstore dapat menargetkan industri, lokasi, atau pasar khusus Webstore mungkin milik produsen, pengecer, individu yang menjual dari rumah, atau jenis bisnis lainnya. Perhatikan bahwa beberapa perusahaan menyebut toko web mereka sebagai portal. Webstore termasuk alat yang dikenal sebagai perangkat lunak pedagang yang diperlukan untuk melakukan penjualan online. Yang paling umum alat adalah katalog elektronik; mesin pencari yang membantu konsumen menemukan produk dalam katalog; kereta belanja elektronik untuk menyimpan barang sampai checkout; fasilitas lelang elektronik tempat pelelangan berlangsung; gateway pembayaran tempat pembayaranpengaturan dapat dibuat; pusat pengiriman tempat pengaturan pengiriman dilakukan; dan layanan pelanggan, yang mencakup informasi produk dan garansi serta CRM.

 

Electronic Malls

Selain berbelanja di toko web individual, konsumen dapat berbelanja di mal elektronik (e-mal). Mirip dengan mal di dunia fisik, e-mal (mal online) adalah lokasi belanja online di mana banyak toko menyajikan katalog mereka. Mall membebankan komisi dari penjual berdasarkan volume penjualan mereka. Ketika seorang konsumen menunjukkan kategori yang ia minati, konsumen tersebut ditransfer ke toko web independen yang sesuai. Mal semacam ini tidak menyediakan layanan bersama; itu hanyalah sebuah direktori. Mal lain, seperti choicemall.com atau etsy.com, menyediakan beberapa layanan bersama.

Web (Information) Portals

Portal adalah gateway informasi yang digunakan di pasar elektronik, toko web, dan jenis EC lainnya (mis., Dalam kolaborasi elektronik, intrabisnis, dan pembelajaran elektronik). Portal Web (informasi) adalah satu titik akses, melalui browser Web, ke informasi bisnis penting yang terletak di dalam dan di luar organisasi. Informasi ini dikumpulkan dan diakses serta disajikan secara konsisten. Banyak portal Web yang dipersonalisasi untuk pengguna. Perhatikan bahwa perangkat nirkabel menjadi portal untuk perusahaan dan akses Internet.

Dikutip dari

Efraim Turban,David KIng,Jae Lee,Ting-Peng Liang. (2018). Electronic Commerce : A Managerial And Social Networks Perspective, Springer International Publishing AG

Dicky Hida Syahchari,ST,MM,PhD